Apa itu Bukti Potong Pajak Serta Fungsinya

Pajak merupakan hal penting dalam kehidupan bernegara, setiap warga negara yang sudah wajib pajak atau disebut WP harus membayar pajak. Ada salah satu istilah yang

Lara Nifa

[addtoany]

Pajak merupakan hal penting dalam kehidupan bernegara, setiap warga negara yang sudah wajib pajak atau disebut WP harus membayar pajak. Ada salah satu istilah yang mungkin belum pernah atau pernah kamu dengar namun belum paham dalam urusan pajak, yaitu bukti potong pajak. Apakah kamu paham apa itu bukti potong pajak? Jika belum paham, maka tulisan ini akan membantumu.

Bagi orang yang baru saja merasakan urusan perpajakan, maka mungkin sangat sulit memahami maksud dari potong pajak. Sehingga, akan dilanda kebingungan dan dugaan-dugaan yang kurang baik. Bagi kamu yang ingin menjadi warga negara baik, maka pahami penjelasan berikut ini tentang bukti potong pajak.

Penjelasan Tentang Bukti Potong Pajak

Sebenarnya kamu bisa memahami maksud dari bukti potong pajak melalui undang-undang yang mengaturnya, karena di sana telah dijelaskan. Akan tetapi tulisan ini akan membantumu memahami penjelasan seputar bukti potong pajak, sehingga kamu akan memahami dengan baik apa itu bukti potong pajak.

Tulisan ini menjelaskan kepadamu tentang potong pajak mulai dari pengertiannya, kemudian juga akan menjelaskan fungsinya, sehingga pemahaman kamu akan mendalam. Berikut ini penjelasan tentang pengertian bukti potong pajak dan fungsinya.

  • Pengertian bukti potong pajak secara umum

Secara umum bukti potong pajak memiliki pengertian sebagai bukti yang diserahkan oleh pihak pemotong pajak kepada pihak yang dipotong pajak, hal tersebut menjadi bukti kuat bahwa telah dilakukan pemotongan pajak oleh pihak pemotong kepada pihak kedua, yaitu pihak yang dipotong.

  • Pengertian bukti potongan pajak bagi penerima

Penerima bukti pemotongan pajak adalah pihak yang terkena pemotongan pajak. Bagi pihak yang menerima bukti pemotongan pajak, pengertian dari bukti pemotongan pajak adalah dokumen berupa formulir yang mereka dapatkan dari pihak pemotong pajak. Dokumen itu kemudian bisa menjadi bukti bahwa kamu telah mendapatkan pemotongan pajak.

  • Pengertian bukti potongan pajak bagi pihak pemotong

Pihak pemotong pajak adalah pihak pemerintah yang bertugas melakukan pemotongan pajak. Bagi mereka, bukti pemotongan pajak adalah dokumen berupa formulir yang telah mereka buat sebagai bukti bahwa mereka telah melakukan tugasnya dengan baik, yaitu melakukan pemotongan pajak kepada pihak yang dipotong pajak.

Setelah membahas pengertian bukti potongan pajak secara umum dan berdasarkan pihak penerima dan pihak pemotong, maka selanjutnya kamu harus memahami apa fungsi dari bukti pemotongan pajak. Tentu saja ada fungsinya, apabila kamu penasaran dan butuh penjelasan, maka baca tulisan ini sampai selesai.

Fungsi dari Bukti Potong Pajak

Selanjutnya kita akan membahas fungsi dari potong pajak, tentunya agar kita memahami secara komprehensif seputar bukti potong pajak. Secara umum fungsi bukti potong pajak adalah agar ada bukti yang dapat dijadikan data terkait kegiatan potong pajak yang dilakukan di Indonesia.

Akan tetapi sebenarnya, bukti potong pajak fungsinya bisa dilihat dari dua sisi, yaitu fungsinya bagi penerima pemotongan pajak, dan bagi pihak yang melakukan pemotongan pajak. Bagaimana penjelasannya? Simak tulisan ini dengan baik agar kamu memahami fungsi potong pajak bagi dua pihak tersebut.

  • Fungsi potong pajak bagi pihak yang dipotong pajak

Fungsi dari bukti potong pajak bagi pihak yang dipotong pajaknya adalah mereka mendapatkan bukti yang meyakinkan bahwa kegiatan pemotongan pajak itu terdata dengan baik. Sehingga bagi kamu yang dipotong pajaknya jangan sampai ketakutan ada kesalahan dalam pendataan yang dapat merugikan.

Selain itu, formulir bukti potong pajak yang kamu dapatkan itu juga sangat diperlukan bagi kamu untuk membayar pajak di waktu berikutnya. Tentu saja bukti potong pajak akan membuatmu memiliki bukti yang jelas, sehingga tidak ada kesalahan dalam kegiatan potong pajak berikutnya.

  • Fungsi bukti potong pajak bagi pihak pemotong pajak

Selanjutnya kamu juga harus tahu apa fungsi bukti potong pajak bagi pihak pemotong pajak. Fungsinya adalah adanya bukti jelas bahwa kegiatan pemotongan pajak telah dilakukan dengan baik, benar dan tepat, sehingga tugas dapat disimpulkan telah dijalankan dengan baik sesuai aturan yang berlaku.

Selain itu juga memudahkan pendataan untuk keberlangsungan kegiatan pemotongan pajak di waktu-waktu berikutnya, pihak pemotong pajak tidak akan salah dalam memotong pajak, karena datanya sudah ada dan buktinya dibawa dan dipegang oleh pihak yang telah menerima pemotongan pajak.

Dengan adanya bukti potong pajak ini juga dapat meminimalisir potensi konflik antara kedua belah pihak, seperti konflik yang disebabkan oleh kesalahpahaman, perbedaan data dan lain sebagainya. Sehingga kegiatan perpajakan dapat terhambat apabila konflik itu terus berlangsung.

Itulah penjelasan seputar pengertian bukti potong pajak serta fungsi dari bukti potong pajak. Baca dengan baik lalu pahami dengan baik penjelasan di atas agar kamu benar-benar memahami maksud dari bukti potong pajak mulai dari pengertiannya sampai fungsinya.

Related Post