Home Bisnis dan Usaha Anda Seorang Karyawan dan Ingin Memiliki Penghasilan Tambahan? Ini Caranya

Anda Seorang Karyawan dan Ingin Memiliki Penghasilan Tambahan? Ini Caranya

by Lara Nifa

Dengan kebutuhan hidup yang semakin meningkat, tentunya membuat Anda menjadi pusing dalam hal mengatur keuangan. Belum lagi ketika penghasilan bulanan tidak selalu dapat mencukupi. Jika sudah begitu, hal yang bisa Anda lakukan sebagai seorang karyawan adalah mencari penghasilan tambahan. Namun, jangan sampai mengganggu pekerjaan utama.

Tips Mencari Penghasilan Tambahan

Berikut dibawah ini adalah beberapa tips bagi Anda yang masih menjadi karyawan, namun ingin memiliki penghasilan tambahan :

  • Lakukan kerja part time

Seorang karyawan tentu terikat dengan jam kerja, jadi apabila ingin melakukan kerja sambilan sebaiknya Anda menjalankannya setelah sepulang bekerja atau ketika akhir minggu. Hal ini bertujuan agar tidak mengganggu pekerjaan utama.

  • Tahan banting

Ketika Anda memutuskan untuk mencari penghasilan tambahan, sudah pasti akan lebih menguras tenaga dan pikiran. Karena Anda dituntut untuk mengerjakan sesuatu melebihi kapasitas diri.

Bila sudah demikian, Anda harus melatih fisik agar tidak mudah lelah. Selain itu Anda itu Anda juga harus memperbaiki kualitas tidur supaya tidak membuat kesehatan Anda memburuk. Ingat untuk tetap memperhatikan kondisi Anda.

  • Manfaatkan Internet

Jadilah kreatif, terutama dalam keahlian penggunaan internet. Karena melalui internet, Anda dapat menemukan banyak sekali peluang untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Tetapi Anda juga harus waspada dan pintar memilih.

  • Melakukan bisnis dengan orang lain 

Jika Anda memutuskan untuk berbisnis sendiri, tentu tidak mungkin bisnis sampingan ini Anda kelola sendiri. Karena itu bekerjasamalah dengan seseorang yang Anda percaya, misalnya anggota keluarga atau bisa juga sahabat.

  • Berinvestasi

Memilih untuk berinvestasi juga bukanlah hal yang buruk, malahan ini merupakan pilihan yang tepat. Anda bisa memilih investasi yang sesuai dengan keinginan, tentunya sebelum memutuskan untuk berinvestasi. Ada baiknya Anda mencari tahu dulu produk-produknya.

Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Pastinya Anda penasaran dengan apa saja peluang pekerjaan atau usaha yang bisa memberikan penghasilan tambahan, namun tetap bisa bekerja sebagai karyawan. Berikut di bawah ini adalah beberapa ide yang mungkin cocok untuk Anda :

  • Menjadi seorang reseller atau dropshiper

Ide yang pertama adalah menjadi reseller atau dropshiper. Keduanya sama-sama menjual produk dari orang lain yang sudah beberapa tahun terakhir menjadi populer di kalangan pengguna media sosial.

Anda bisa mencari suplier secara online, tentukan saja produk apa yang menjadi minat Anda. Kemudian Anda hanya perlu menaikan harga yang ditujukan sebagai keuntungan. Kelebihan dari menjadi reseller atau dropshiper, yakni Anda tidak perlu memikirkan tentang kualitas barang atau hal lain yang biasanya dilakukan oleh pengusaha yang memulai usahanya dari nol.

  • Menjadi makelar properti atau kendaraan

Menjadi seorang makelar untuk properti seperti tanah dan rumah atau kendaraan, juga bisa memberikan penghasilan tambahan yang lumayan besar dari komisi. Walau hasilnya tidak selalu pasti.

Namun, apabila Anda memiliki skill lebih dalam komunikasi, tentu dalam melakukan sebuah pendekatan terhadap konsumen akan lebih mudah. Apalagi pekerjaan yang satu ini terbilang fleksibel dan ringan.

  • Bekerja freelance online

Di masa pandemi seperti ini internet menjadi sebuah sarana tersendiri bagi banyak orang terutama yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa bekerja sebagai freelancer pada website-website tertentu atau menjadi penulis lepas.

Walaupun penghasilan yang didapatkan tidak selalu pasti berapa nominalnya, tetapi bila dilakukan secara konsisten tentu akan bisa membuat rekening serta dompet menjadi lebih berisi.

  • Mengikuti program affiliate 

Apabila Anda menginginkan penghasilan namun tidak harus melakukan sesuatu, dalam arti kata passive income. Anda bisa mengikuti program yang bernama affiliate marketing, ini adalah kegiatan dimana Anda hanya perlu menyebarkan sebuah kode referral dan mempromosikan suatu produk pada seluruh media sosial yang Anda miliki atau platform lainnya, seperti website, blog, serta landing page.

Setiap kali ada yang mengklik URL atau kode tersebut, kemudian mereka meresponnya seperti misalnya membeli barang, mendownload, registrasi dan lain sebagainya. Anda akan mendapatkan komisi.

Program affiliate ini memang dapat memberikan tambahan penghasilan secara online dengan nominal yang cukup besar bila dilakukan secara konsisten. Namun, jujur saja melakukan hal ini membutuh komitmen serta kesabaran dan Anda juga harus mempunyai pengetahuan tentang SEO.

  • Investasi 

Memilih untuk berinvestasi juga bukanlah hal yang buruk, malahan ini merupakan pilihan yang tepat. Anda bisa memilih investasi yang sesuai dengan keinginan, tentunya sebelum memutuskan untuk berinvestasi. Ada baiknya Anda mencari tahu dulu produk-produknya.

Demikianlah informasi mengenai cara menambah penghasilan bagi karyawan beserta beberapa ide atau peluang usaha yang dapat Anda pilih. Ingat, bila Anda memutuskan untuk mengambil kerja sambilan, maka Anda harus memiliki kesiapan baik fisik maupun mental.

Karena bagaimana pun mempunyai dua pekerjaan itu akan menghabiskan tenaga serta pikiran Anda. Oleh sebab itu sebaiknya memilih pekerjaan tambahan yang sedikit lebih ringan dibandingkan pekerjaan utama supaya Anda bisa tetap fokus dalam menjalankan aktivitas tersebut.

Related Posts