Home Bisnis dan Usaha Alasan UKM Sekarang harus Mulai Beralih Ke Digital Marketing 

Alasan UKM Sekarang harus Mulai Beralih Ke Digital Marketing 

by Lara Nifa

Digitalisasi merupakan kata kunci untuk bisnis sekarang ini, namun juga masih menjadi perdebatan panjang yang bisa diwarnai dengan berbagai perlawanan dari pemangku kepentingan dan karyawan. 

 

Tetapi, bisnis mikro, kecil dan menengah yang telah maju, terlihat optimis mengenai efek digitalisasi dalam keuntungan bisnis mereka. Dengan go digital atau go online, tidak terdapat lagi sekat yang membatasi interaksi antara penjual dan pembeli, begitu pula soal transparan harga. 

 

Oleh karena itu, kamu harus mengetahui beberapa alasan mengapa UKM sekarang wajib mulai beralih ke digital marketing seperti berikut ini. 

Berbagai Alasan UKM Wajib Go Digital 

Sejak tahun 2020 lalu, cara pemasaran modern tidak hanya dari promosi offline, namun telah menggunakan teknologi guna menjangkau pasar yang luas. Cara seperti ini biasa dikenal dengan go digital atau go online. Yang berarti, salah satu langkah yang memanfaatkan penggunaan internet guna memperluas jangkauan promosi. 

Di bawah ini adalah beberapa ulasan detail tentang alasan UKM wajib beralih ke digital marketing hari secepatnya. 

  • Memiliki pasar lebih luas 

Alasan pertama yang sangat kuat untuk para pelaku UKM memanfaatkan media digital yaitu guna memperluas pasar lebih luas lagi. Keterbatasan metode distribusi dan pemasaran dari dulu rasanya sudah menjadi masalah utama untuk usaha kecil. 

 

Tetapi, sekarang ini hal tersebut telah dapat diminimalisir karena adanya media sosial dan website yang bisa membuat jangkauan pemasaran lebih luas lagi, bahkan dapat melebihi batasan pemasaran tradisional. 

  • Mencegah hilangnya target pasar 

Untuk hal ini, bisa dimaksudkan dengan hilangnya pasar yaitu kecenderungan para pengguna yang mulai terbiasa dengan sistem digital, seperti pemesanan makanan online, jasa transportasi online, transaksi, sampai berbelanja kebutuhan sehari-hari secara online. 

 

Apabila usahamu tidak bisa menyesuaikan dengan kebiasaan tersebut, maka kamu harus bersiap untuk kehilangan penghasilan dari pelanggan yang semakin dimanjakan dengan kemudahan akses online. 

  • Tumbuhnya pengguna internet semakin pesat

Jumlah pengguna internet yang ada di tanah air setiap tahunnya selalu melonjak secara drastis. Khususnya sesudah dibuatnya proyek satelit Palapa Ring yang bisa menjangkau kota lebih banyak pada wilayah perbatasan. 

 

Dari bekal data di atas bisa dikatakan sangat masuk akal untuk para pelaku UKM guna memulai pasar digital bila usahanya ingin tetap relevan. 

  • UKM terlihat lebih profesional 

Dengan merambah ke bisnis digital, UKM bukan hanya berpeluang mendapatkan pelanggan lebih banyak, namun juga mulai menginjak fase persaingan baru pada ranah industri modern. 

 

Meskipun masih berstatus UKM, usaha mu akan memperoleh nilai yang sangat lebih dari calon pembeli bila telah mempunyai media sosial dan website menjadi media pemasaran. 

  • Rendahnya biaya operasional 

Manfaat lainnya dari go digital untuk UKM yang sangat menyenangkan yaitu dapat menekan biaya operasional. Untuk para pelaku UKM biaya tersebut seperti sewa toko, pemasaran offline dan workshop yang pastinya sangat memberatkan. 

 

Dengan go digital para pelaku UKM dapat lebih menghemat modal sebab tidak perlu mempunyai toko fisik supaya produknya dapat dikenal. Sebab, sekarang ini website telah menjadi seperti showcase tempat calon pelanggan berkumpul dan bertransaksi. 

  • Biaya pemasaran dapat diatur sesuai kebutuhan 

Siapa yang mengatakan jika pemasaran digital bisa mengeluarkan banyak biaya? Pada dasarnya biaya pemasaran digital ini dinilai sangat transparan dan akuntabel daripada cara pemasaran offline yang membutuhkan waktu dan tenaga lebih banyak. 

 

Untuk mempromosikan bisnis, kamu dapat menggunakan platform email yang dapat mengirim pesan ke banyak orang hanya dalam beberapa klik saja. Tidak hanya itu, kamu pun dapat melihat seefektif apa campaign yang dilakukan dari hadirnya fitur analytics yang bisa merekam semua respon pelanggan. 

  • Pertumbuhan sangat cepat 

Alasan terakhir mengapa UKM perlu beralih ke pemasaran digital yaitu ada di faktor pertumbuhan yang sangat cepat. Penyebaran informasi yang sangat cepat sekarang ini sudah menjadi kunci utama pada semua bisnis berbasis digital. 

 

Dengan menggunakan platform digital secara maksimal, maka jumlah calon pelanggan yang bisa melihat produk mu dipastikan sangat banyak dan lebih beragam. Hasilnya, peluang penjualan dapat semakin besar.

 

Kamu bisa menggunakan website untuk mendefinisikan identitas dari produk yang akan kamu jual. Lalu, buatkan sosial media yang berguna untuk memberikan informasi dan memasarkan produk mu. Sosial media yang bisa kamu gunakan seperti Instagram, Twitter, Facebook dan TikTok. 

 

Tidak lupa untuk memanfaatkan email marketing yang mempunyai fungsi untuk keperluan email marketing, seperti menawarkan produk mu dengan mengirim email kepada para calon pelanggan. 

 

Nah, itulah sejumlah alasan mengapa UKM perlu beralih ke pemasaran digital. Dengan menggunakan pemasaran digital ini diyakini bisnismu akan semakin besar dan bisa meraup banyak pundi-pundi rupiah. 

 

Related Posts