Alasan Pentingnya Pembukuan dalam Bisnis

Ada alasan mengapa pembukuan menjadi salah satu proses penting yang wajib dilakukan oleh bisnis maupun perusahaan. Hal itu dikarenakan sering kali pemilik bisnis mencampur keuangan

Lara Nifa

[addtoany]

Ada alasan mengapa pembukuan menjadi salah satu proses penting yang wajib dilakukan oleh bisnis maupun perusahaan. Hal itu dikarenakan sering kali pemilik bisnis mencampur keuangan pribadinya dengan keuangan perusahaan yang akhirnya akan membuat bingung para pemilik bisnis atau usaha.

 

Jika hal itu sampai terjadi, maka pemilik bisnis bisa saja memakai uang pribadi untuk kepentingan perusahaan dan sebaliknya. Maka dari itu, mau sekecil apapun bisnis yang dijalani, seorang pebisnis atau pengusaha wajib memahami pentingnya melakukan pembukuan demi kepentingan perusahaannya sendiri.

 

Dengan seperti itu, pemilik bisnis atau usaha dapat mengetahui dengan detail profit yang diperoleh sehingga dapat merencanakan alokasi dana yang akan digunakan ke depannya. Bagi Anda, yang belum mengetahui alasan mengapa pembukuan wajib dilakukan oleh para pelaku bisnis atau usaha, berikut penjelasannya:

 

Pemisah Antara Aset Bisnis dengan Aset Pribadi Pemilik Bisnis

Ketika menggeluti sebuah bisnis, apapun bentuknya, wajib bagi Anda untuk bersikap profesional pada setiap aspek dan bidang, tidak terkecuali dalam hal keuangan. Maka sebab itu, Anda memiliki kewajiban untuk memisahkan aset pribadi dengan aset bisnis Anda. Jangan pernah mencoba untuk mencampurkan keduanya, sebab hal itu bisa mengganggu atau bahkan bisa merugikan bisnis Anda sendiri.

Oleh sebab itu, diperlukan pembukuan usaha yang rapih, jelas, serta detail sehingga dapat membantu Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan lebih baik. Dengan memiliki pembukuan usaha, Anda pun akan lebih mudah untuk melihat berbagai informasi yang mengenai profit atau keuntungan yang telah didapat dan bisa mengalokasikannya untuk rencana usaha di masa depan. 

 

Mengetahui Keuntungan dan Kerugian

Ketikan menjalankan sebuah usaha atau bisnis, keuntungan atau kerugian perlu diketahui dengan jelas. Dengan mengetahui informasi yang tercantum di dalam pembukuan usaha, maka pemilik bisnis akan dengan mudah dapat memantau keuntungan dan kerugian dari usahanya.

 

Ketika usaha atau bisnisnya mengalami kerugian, maka pemilik bisnis bisa segera mencari jalan keluar agar bisnisnya tidak selalu mengalami kerugian yang dapat berdampak buruk atau bahkan menyebabkan kebangkrutan. Ketika mengetahui dengan detail berbagai transaksi yang terjadi setiap harinya serta mengetahui pula arus kas uang serta barang, maka pemilik bisnis bisa memperkirakan berapa jumlah profit yang didapat atau kerugian yang akan diterima.

 

Mengetahui Rincian dari Setiap Transaksi 

Salah alasan mengapa pembukuan usaha bagi pelaku bisnis ialah untuk dapat mengetahui rincian dari setiap transaksi yang berjalan di dalam perusahaannya. Untuk melakukan hal tersebut, memang diperlukan tingkat ketelitian yang tinggi dalam hal pencatatan. Catatan yang rinci, rapih, dan teliti, bisa mempengaruhi kelangsungan bisnis yang sedang Anda geluti.

Jika Anda mengetahui berbagai transaksi yang terjadi di hari tersebut, maka uang yang digunakan pada hari itu dapat diinformasikan dengan jelas. Dari siapa uang tersebut keluar dan ke mana uang tersebut perginya. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang pendistribusian barang dengan lebih terperinci. 

 

Sebagai Bahan untuk Melacak Pengeluaran

Melacak adanya pengeluaran pada perusahaan sangatlah penting untuk dilakukan bagi para pemilik bisnis atau usaha. Sebab, para pemilik bisnis sendiri tentu tidak mau uang yang dihasilkan oleh perusahaannya dipakai untuk sesuatu yang bahkan tidak memiliki kejelasan tujuan. Di dalam perusahaan, nominal sekecil apapun itu, wajib dicatat dan diperhitungkan agar bisa diketahui dengan jelas berapa nominal atau jumlah yang dikeluarkan. Hal tersebut sangat penting dilakukan untuk melakukan kontrol sehingga tidak ada pembelian yang tidak penting, menentukan harga penjualan, hingga menentukan bayar pajak.

 

Mempermudah Pembuatan Anggaran

Hal ini memiliki kaitan dengan informasi berbagai pengeluaran yang diperlukan. Ketika perusahaan mendapatkan informasi mengenai pengeluarannya, maka akan memudahkan perusahaan tersebut untuk menetapkan anggaran dengan lebih baik. Anggaran bisa menjadi petunjuk untuk keuangan dalam bisnis sehingga pengeluaran untuk ke depannya bisa direncanakan dan perusahaan bisa mengantisipasi biaya yang bisa diduga.

Bahan Yang Digunakan untuk Menilai Bisnis

Pembukuan bisnis atau pembukuan usaha bagaikan rekam jejak kegiatan sebuah perusahaan. Dari rekam jejak tersebutlah akan akan diketahui gambaran tentang bagaimana bisnis di dalam perusahaan tersebut dijalankan.

Melalui pembukuan usaha atau bisnis, akan diketahui apakah dampak yang dibawa memberi keuntungan atau sebaliknya. Sehingga dengan demikian, perusahaan bisa menyusun strategi untuk mempertahankan atau memperoleh keuntungan serta menghindari dari kerugian.

Pembukuan usaha bisa dijadikan sebagai acuan oleh pelaku bisnis atau usaha untuk mengambil keputusan dan menentukan langkah apa yang bisa ditempuh untuk menjaga bisnis tetap berjalan sehingga perusahaan bisa mendapatkan profit yang maksimal. 

Itu lah penjelasan mengapa pembukuan dalam bisnis penting untuk dilakukan. Maka dari itu, jika Anda ingin memulai atau bahkan sudah memulai sebuah usaha, jangan lupa untuk membuat pembukuan usaha yang rinci dan jelas.

Related Post