Home Perencanaan Alasan Penting Merencanakan Biaya Perawatan Rumah

Alasan Penting Merencanakan Biaya Perawatan Rumah

by Lara Nifa
Alasan Penting Merencanakan Biaya Perawatan Rumah

Memiliki rumah artinya Anda harus sudah siap dengan segala tanggung jawabnya, termasuk menjadikannya sebagai hunian yang nyaman dan aman untuk ditempati. Untuk itu dibutuhkan perencanaan untuk biaya perawatannya. Berikut dibawah ini adalah tips untuk merencanakan biaya perawatan hunian Anda.

Pentingnya merencanakan biaya perawatan rumah

Rencana keuangan bagi pemeliharaan lebih pada melakukan servis rutin, memperbaiki beberapa kerusakan kecil ataupun besar. Namun, ada kalanya memang sebagai pemilik harus berani mengeluarkan dana lebih.

Karena pastinya akan ada hal-hal yang tidak terduga, oleh sebab itu Anda harus memiliki dana darurat khusus untuk perawatan rumah supaya dapat segera memperbaiki kerusakan-kerusakan pada bagian rumah.

Karena jika Anda tidak memiliki anggaran khusus untuk hal tersebut, bisa mengganggu rencana keuangan lainnya. Jadi, dari pada mengeluarkan uang dengan jumlah besar dalam satu waktu, lebih baik membenahi hal-hal kecil agar menjadi ringan.

Tentukan anggaran khusus untuk pemeliharaan rumah

Terdapat beberapa rumus yang bisa Anda lakukan dalam menentukan besaran tabungan. Salah satunya dengan 1% rule yang artinya Anda menyiapkan dana sebesar satu persen dari nilai rumah secara keseluruhan pada setiap tahunnya. Batas bagi Anda untuk menyisihkan uang adalah 4%.

Selain itu terdapat pula square foot rule yakni Anda menyiapkan satu dolar per meter persegi setiap tahunnya. Anda dapat menganggap jika satu dolar itu setara Rp 15.000, artinya jika rumah Anda memiliki luas 100 m persegi, Anda harus menyediakan Rp 1.500.000 untuk tiap tahunnya.

Ketika Anda ingin menerapkan formula tersebut, Anda bisa menentukan sendiri berapa biaya secara realistis. Semakin luas rumah yang Anda punya, maka semakin tinggi pula biaya untuk perawatannya. Faktor yang harus dipertimbangkan adalah usia dari bangunan, lokasi serta hal lainnya juga menjadi hal penting dalam penentuan biaya.

Cara menabung biaya perawatan rumah

Setelah Anda mengetahui betapa pentingnya mempunyai dana untuk perawatan rumah beserta formulanya, sekarang saatnya bagi Anda menetapkan strategi menabung dengan efektif. Bahkan jika memungkinkan bukalah rekening khusus, tujuannya agar semua kegiatan finansial yang berhubungan dengan rumah dapat tercatat serta mudah dilacak.

  • Kalkulasi jumlah tabungan

Gunakanlah rumus 1% atau square foot rule yang sesuai dengan kondisi dari rumah maupun tujuan Anda. Contohnya, ketika Anda membeli rumah seluas 150 m persegi dan memiliki usia kurang 2 tahun.

Jika Anda kalikan 1 dolar atau setara Rp 15.000, maka Anda akan memiliki tabungan sekitar Rp 2.250.000 untuk tarif reparasi maupun pergantian alat yang bila dibulatkan Rp 2.500.000 hingga Rp 3.000.000,- untuk berjaga-jaga.

  • Buat target bulanan

Bila sudah mendapatkan total dari tabungan Anda per tahun, selanjutnya adalah menyisihkannya dan dibagi 12, dengan begitu nanti akan menghasilkan jumlah dari tabungan per bulan untuk home maintenance. Misalnya apabila memiliki simpanan sebesar Rp 3.000.000, maka perbulannya dana yang disisihkan sebesar Rp 250.000,-

  • Tabung secara otomatis

Jika Anda perhatikan sekarang ini sudah terdapat fitur auto debet dan Anda dapat memanfaatkan hal tersebut untuk mengirimkan besaran uang yang memang ingin dijadikan sebagai dana perawatan rumah secara otomatis, dari rekening pribadi langsung ke rekening darurat.

Hal ini tentunya sangat menguntungkan, karena Anda tidak perlu takut bila dana itu terpakai untuk keperluan lain. Anda cukup menetapkan besaran yang ingin ditransfer beserta dengan tanggal pengirimannya.

Asuransikan Rumah Anda

Walaupun tidak sepopuler asuransi jiwa dan kesehatan, asuransi untuk rumah juga memiliki fungsi untuk memberi perlindungan. Hanya saja asuransi ini melindungi properti milik Anda dari berbagai hal, seperti tidak kejahatan perampokan, kebakaran atau akibat bencana Alam.

Dengan mengikuti asuransi rumah, Anda tidak lagi perlu kebingungan atau cemas ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, karena semua itu akan ditanggung oleh pihak asuransi. Besaran bayaran perbulannya dapat Anda diskusikan dengan perusahaan terkait.

Selalu pastikan biaya tersebut tidak membebani keperluan bulanan Anda yang lain. Sesuaikanlah dengan penghasilan bulanan serta hitunglah juga pengeluaran lainnya.

Tujuan Dilakukannya Perawatan

Perawatan adalah sebuah langkah untuk melakukan pencegahan dengan tujuan mengurangi dan menghindari kerusakan pada fasilitas serta meminimalisir biaya.

  1. Pemakaian fasilitas dapat lebih lama.
  2. Menjamin keselamatan pengguna.
  3. Membuat seluruh fungsi dari ruang dan fasilitas yang ada didalam rumah menjadi lebih baik dan nyaman.
  4. Agar Anda sebagai pemilik rumah dapat memiliki hunian yang layak tinggal.
  5. Agar ketika ada keinginan untuk menjual rumah tersebut, harganya tidak terlalu anjlok karena kurangnya perawatan 

Demikianlah alasan mengapa membuat sebuah perencanaan biaya perawatan bagi rumah sangat penting untuk dilakukan. Semuanya akan terasa mudah apabila Anda melakukannya dengan konsisten dan tidak merasa jika hal tersebut adalah hal berat. Karena dengan merawat hunian tentunya membuat Anda juga nyaman.

Related Posts