Home Bisnis dan Usaha Alasan Orang Memulai Usaha dari Nol

Alasan Orang Memulai Usaha dari Nol

by Lara Nifa

Saat ini semakin banyak orang yang tertarik ingin memulai usaha dari nol. Mulai dari usaha kuliner, laundry kiloan, sembako hingga ternak hewan. Apalagi sekarang banyak  jenis usaha yang tidak membutuhkan modal besar bahkan tanpa modal sama sekali untuk memulainya. 

Akan tetapi, modal bukan satu-satunya faktor yang harus dipersiapkan ketika kamu ingin memulai suatu usaha. Kebanyakan justru mengurungkan niatnya untuk memulai usaha dari nol karena kurangnya pengetahuan dan perencanaan yang belum matang. Sehingga bisa dikatakan kalau memulai usaha itu tidaklah mudah, dibutuhkan niat dan tekad yang kuat. Lalu, apa yang membuat kebanyakan orang saat ini lebih memilih membuka usaha dari nol ?

Berikut 6 Alasan Mengapa Orang Ingin Memulai Usaha dari Nol

Bagi kamu yang ingin memulai usaha namun masih ragu, mungkin keenam alasan di bawah ini bisa membangkitkan keberanianmu. Yuk, simak alasan orang memulai usaha dari nol ! 

  • Ingin Memiliki Waktu yang Lebih Fleksibel

Di tengah era digital yang semakin canggih seperti sekarang ini, ternyata masih banyak orang yang belum bisa mencapai work-life balance. Banyak perusahaan yang mempekerjakan karyawannya secara overtime atau jam lembur. Bahkan untuk mendapatkan jatah cuti pun dipersulit. Akibatnya, waktu luang untuk keluarga atau sekedar melakukan kegiatan sosial menjadi berkurang. 

Itulah salah satu faktor yang kerap dijadikan alasan oleh banyak orang untuk mulai mendirikan usaha sendiri. Dengan memutuskan untuk menjadi seorang entrepreneur, kamu bisa memiliki waktu yang lebih fleksibel. Karena sebagai pemilik usaha, kamu akan lebih mudah mengatur kapan saja waktu yang digunakan untuk bekerja atau beristirahat. 

  • Bekerja Sesuai Passion

Tuntutan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari terkadang membuat orang terpaksa melakukan pekerjaan apapun demi menyambung hidup. Namun kamu pun pasti setuju, memiliki pekerjaan yang sesuai dengan passion pasti menjadi dambaan bagi setiap orang. Selain menjadi hal yang menyenangkan, biasanya hasil pekerjaan bisa lebih maksimal jika dibandingkan dengan orang yang bekerja tidak sesuai dengan passionnya.

Nah, dengan memulai usaha sendiri dari nol, maka kamu bisa memilih bidang usaha yang diinginkan selama ini. Karena tidak ada hal yang lebih menyenangkan ketika kamu bisa mengerjakan sesuatu yang memang disukai. Proses yang akan kamu lalui untuk membangun dan membesarkan usahamu jadi terasa lebih mudah.

  • Ingin Menyalurkan Ide-ide Kreatif 

Ada beberapa tipikal pekerja yang memiliki ide-ide kreatif, namun tidak bisa tersalurkan dengan bebas di tempatnya bekerja. Hal itulah yang akhirnya menjadi pemicu untuk memulai usaha dari nol agar seluruh ide-idenya bisa direalisasikan. 

Kreativitas tentu menjadi modal yang baik untuk memulai suatu usaha serta mengembangkannya. Apalagi di zaman yang serba modern seperti sekarang ini, inovasi pasti akan selalu ada untuk mengikuti tren konsumen yang berubah-ubah. Bagi kamu yang memiliki banyak ide kreatif, merintis usaha dari nol bisa menjadi pilihan yang tepat.   

  • Pernah Merasakan Kondisi yang Sulit

Seseorang yang memutuskan untuk merintis usaha dari nol pasti pernah berada dalam keadaan yang serba sulit. Orang tersebut paham bagaimana harus menghadapi proses jatuh bangun kehidupan. Pahitnya pengalaman yang sudah dilalui pun akan membentuknya menjadi pribadi yang tangguh dan tidak mudah menyerah.

Hal itu tentu sangat mempengaruhi sikap para pelaku usaha dalam merintis dan mengembangkan usahanya. Orang-orang seperti ini terus berupaya agar usahanya tidak berada dalam kondisi yang sulit. Apapun kendala yang dihadapi, pasti akan selalu ada solusi terbaik untuk keberlangsungan usahanya.

  • Bosan dengan Rutinitas

Bosan dengan rutinitas pekerjaan yang dijalani setiap hari merupakan salah satu alasan kuat yang membuat seseorang memilih merintis usaha sendiri. Adanya tuntutan pekerjaan yang seringkali membuat stres sementara gaji yang diperoleh tidak sebanding. Dan ada kalanya seseorang pasti ingin mencoba melakukan hal-hal yang baru dan menantang. Beberapa faktor inilah yang bisa menjadi alasan orang untuk memulai usaha dari nol.

Dengan memulai usaha dari nol, kamu akan memiliki semangat yang baru untuk mewujudkan impianmu. Kamu pun juga tidak terpaku pada rutinitas yang terkesan membosankan.

  • Tidak Takut Gagal

Alasan terakhir yang juga bisa membuat seseorang memulai usaha dari nol yaitu kegigihannya. Orang-orang yang memiliki etos kerja tinggi dan bekerja keras dalam mengerjakan sesuatu. Menjalankan usaha memang sangat membutuhkan para pekerja keras yang rela mencurahkan tenaga dan segala pemikirannya agar roda usaha terus berjalan. Mereka tidak pernah takut untuk memulai sesuatu hal meskipun nantinya akan menemui kegagalan. 

Memulai usaha dari nol bukan perkara yang mudah dilakukan. Namun bagi sebagian orang, kelima alasan di atas bisa menjadi pendorong untuk tidak takut memulai suatu usaha. Nah, semoga artikel ini bisa menginspirasimu, ya !

Related Posts