Home Perencanaan Alasan Mengapa Asuransi Jiwa Itu Penting

Alasan Mengapa Asuransi Jiwa Itu Penting

by Lara Nifa

Kesehatan merupakan suatu hal yang mahal dan sangat dibutuhkan oleh semua orang, belum lagi ketika keadaan seperti sekarang ini dimana virus Covid 19 sedang merajalela. Bisa dikatakan dengan Anda memiliki asuransi itu adalah satu hal yang sangat penting, seperti tempat tinggal.

Mungkin sebagian orang masih berpikir mengapa asuransi jiwa itu penting untuk dimiliki? Apakah memang harus punya asuransi jiwa? Lalu apa alasannya? Berikut dibawah ini adalah beberapa alasan yang harus Anda ketahui :

Alasan Mengapa Asuransi Jiwa Penting

Asuransi jiwa merupakan sebuah perjanjian antara pemegang polis dengan perusahaan asuransi, dimana dalam hal tersebut Anda adalah penanggungnya. Perusahaan asuransi nantinya akan menjamin bila mereka membayarkan manfaat dari asuransi tersebut kepada ahli waris.

  1. Dapat melindungi diri

Alasan pertama mengapa asuransi jiwa itu penting, yaitu guna melindungi diri sendiri dari hal yang tidak terduga di masa mendatang. Karena pastinya Anda tidak akan tahu akan ada kejadian apa dan bagaimana dengan keadaan keluarga bila Anda harus pergi meninggalkan mereka untuk selamanya.

Apalagi bila Anda adalah tulang punggung keluarga, jadi inilah alasan mengapa Anda harus mempertimbangkan memiliki asuransi jiwa. Walau Anda tidak ada, setidaknya keluarga yang menjadi tanggung jawabmu bisa memiliki pegangan untuk bertahan hidup hingga dapat mendapatkan penghasilan.

Tidak cuma itu saja, bila Anda merupakan nasabah yang rajin dalam pembayaran premi. Pihak asuransi juga akan memberikan perlindungan apapun dari resiko-resiko kecelakan, seperti misalnya cacat permanen sehingga tidak memungkinkan untuk Anda kembali bekerja.

  1. Dapat melindungi keluarga Anda dari masalah finansial

Selanjutnya adalah sebagai suatu langkah untuk melindungi keluarga Anda terkait hal-hal yang berhubungan dengan masalah finansial di waktu mendatang. Sesuai dengan perjanjian, bahwa pihak asuransi akan memberikan biaya pertanggungan kepada nasabah atau ahli warisnya yang secara rutin membayar preminya.

  1. Investasi untuk diri sendiri

Asuransi juga merupakan sebuah investasi yang ditujukan untuk diri sendiri. Sama halnya dengan investasi lainnya, asuransi jiwa juga dapat memberikan berbagai manfaat untuk Anda di masa mendatang. Walaupun bukan Anda yang akan merasakannya, namun setidaknya anak serta cucu bisa menikmati uang yang Anda investasikan tersebut.

Karena nantinya akan dapat memberikan banyak keuntungan bagi Anda, misalnya akan membuat Anda dari yang tadinya tidak suka menabung, akhirnya menjadi gemar untuk menabung. Sehingga membuat Anda memiliki keahlian dalam mengelola keuangan.

  1. Dapat menjadi pelunas hutang

Pastinya banyak dari Anda yang belum mengetahui bila asuransi jiwa dapat dipakai untuk pelunasan hutang. Walau ada juga yang merasa apabila penggunaan asuransi jiwa untuk KPR terbilang merepotkan, baik dari skema maupun pembuatannya.

Keberadaan asuransi ini dapat digunakan sebagai jaminan ketika Anda sebagai debitur terkena musibah yang mengakibatkan cacat fisik, meninggal dunia atau hal lainnya yang membuat Anda tidak dapat meneruskan cicilan KPR.

  1. Hidup menjadi lebih tenang

Terakhir adalah supaya kehidupan Anda menjadi jauh lebih tenang, karena keberadaan asuransi ini bisa membantu Anda dalam mewujudkan suatu masa depan yang lebih terencana.

Tips memilih asuransi jiwa yang tepat

Di bawah ini adalah beberapa hal yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih asuransi jiwa bagi Anda dan juga keluarga :

  1. Sesuaikan dengan keperluan

Sama halnya dengan ketika akan membeli suatu barang, Anda harus memastikan serta mengenal tentang produk yang akan dibeli. Hal ini bertujuan agar Anda bisa mengetahui plus dan minusnya dari produk tersebut.

Begitu pula ketika Anda ingin membeli asuransi jiwa, maka Anda harus mencari tahu keseluruhan dari asuransi tersebut. Supaya nantinya bisa disesuaikan dengan kemampuan Anda dalam membayar premi bulanannya.

  1. Anggaran

Selanjutnya adalah Anda harus menyesuaikan dengan anggaran yang dimiliki, karena bagaimanapun pastinya setiap bulan Anda harus mengeluarkan sejumlah dana untuk hal lainnya juga. 

Jadi, ada baiknya Anda melakukan perhitungan atau membuat rencana keuangan secara matang. Bila terlalu mepet, mungkin Anda bisa memilih asuransi yang premi per bulannya rendah sehingga tidak membebani pengeluaran.

  1. Kredibilitas dari perusahaan

Selanjutnya mencari informasi mengenai perusahaan asuransi yang Anda minati. Karena asuransi ini sifatnya seperti investasi berjangka, jadi Anda harus mendapatkan perusahaan yang pastinya terpercaya serta dapat menjamin uang Anda. 

  1. Pelayanan  

Pilih perusahaan asuransi dengan penawaran atau promosi pelayan ekstra, misalnya memiliki customer service 24 jam. Dengan begitu, mereka bisa membantu Anda dalam banyak hal, contohnya informasi dari produk secara mendetail yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Demikianlah lima alasan penting tentang asuransi jiwa, terkadang sering kali dianggap remah serta tidak dipedulikan oleh sebagian masyarakat di Indonesia. Padahal, asuransi sangatlah penting khususnya asuransi jiwa. Karena pastinya Anda akan mendapatkan banyak sekali keuntungan dan manfaatnya.

Related Posts