Home Kredit Alasan Kenapa Kamu Harus Pilih Kredit Card Dibandingkan Paylater

Alasan Kenapa Kamu Harus Pilih Kredit Card Dibandingkan Paylater

by Lara Nifa

Dengan kemajuan teknologi pembayaran pada saat ini, kamu pasti tahu akan kartu kredit dan paylater. Memiliki sistem yang terbilang hampir mirip, antara kartu kredit dan paylater pun memiliki perbedaan yang juga akan dirasakan penggunanya. Nah, hingga sekarang ini sendiri ada banyak orang yang menganggap bahwa paylater memiliki kelebihan dibandingkan kartu kredit. 

Padahal jika keduanya dibandingkan, maka sudah pasti akan ada banyak sekali perbedaan yang sangat terasa. Banyak orang yang setuju bahwa kartu kredit adalah pembayaran yang lebih baik dibandingkan dengan paylater. Dimana ini bisa menjadi alasanmu untuk menggunakan kredit card dibandingkan paylater. 

Kelebihan Kredit Card Dibandingkan Paylater 

Tentu saja jika ingin tahu kenapa kartu kredit lebih baik dipilih dibandingkan dengan paylater, maka sudah pasti kamu harus tahu apa saja kelebihannya. Meski kredit card dirasa kuno, tapi nyatanya alat pembayaran ini masih memiliki kelebihan yang harus kamu ketahui. Berikut ini adalah kelebihannya: 

Mudah dalam Pendaftaran 

Kelebihan pertama yang harus kamu ketahui adalah pendaftaran kartu kredit sangatlah mudah. Kamu hanya perlu slip gaji, kartu identitas dan surat lainnya. Kamu hanya tinggal mengajukannya kepada bank yang memiliki produk kartu kredit. Biasanya prosesnya tidak memakan waktu lebih dari sehari sekarang. 

Selama kamu sudah memiliki syarat dan memenuhi ketentuan yang dibutuhkan, maka bank yang memiliki produk kartu kredit akan dengan mudah kamu dapatkan. Tapi, tentu saja sangat disarankan untuk kamu agar membaca terlebih dahulu semua ketentuan yang berkaitan dengan penggunaan yang benar. 

Bunga yang Termasuk Rendah 

Kelebihan selanjutnya dari kartu kredit adalah bunga yang diberikan termasuk sangat rendah. Paylater mungkin menjadi alat pembayaran yang bisa kamu gunakan, tapi jika dilihat besaran bunga yang diberikan bank untuk kartu kredit tidaklah besar. Dari OJK sendiri menetapkan bunga untuk kredit card maksimal 2% dalam waktu sebulan. 

Nah, dengan rendahnya bunga yang diberikan ini, maka sudah pasti kamu akan lebih nyaman dalam menggunakan kartu kredit. Tapi, kamu juga diharapkan tidak perlu berlebihan dalam menggunakan kartu kredit. Gunakan saja sesuai dengan kebutuhan dan jangan sampai memiliki utang yang tidak bisa kamu bayarkan. 

Bisa Digunakan di Negara Manapun 

Ketika kamu ingin tahu kenapa kartu kredit menjadi alat pembayaran yang tepat untukmu, maka jawabannya adalah kartu kredit bisa digunakan di negara manapun. Sehingga, jika kamu sering ke luar negeri, kartu kredit ini memberikan kemudahan untuk kamu berbelanja. Jadi, kamu tidak perlu menukarkan uang jika ingin berbelanja. 

Apalagi beberapa jenis kartu kredit memiliki banyak kerja sama di berbagai merchant yang ada di dunia. Jadi, kamu akan mendapatkan kemudahan untuk mendapatkan barang yang kamu inginkan selama berada di luar negeri. Hal yang harus perhatikan hanyalah limit dan pajak yang harus kamu bayarkan ketika menggunakan kredit card ini. 

Limit Tetap yang Bisa Disesuaikan 

Tidak seperti paylater yang semakin lama akan semakin tinggi limitnya jika sering digunakan, kredit card akan tetap menggunakan limit yang kamu pilih. Adanya limitnya yang tetap dan bisa disesuaikan akan membantu kamu agar tidak kebablasan dalam berbelanja ketika menggunakan kredit card.

Terkadang ketika melihat limit paylater yang bisa mencapai belasan juta, sudah pasti kamu akan merasakan keinginan kuat untuk terus berbelanja. Tapi, kredit card akan membantu kamu untuk tetap mengatur pengeluaran dengan jumlah yang sama setiap bulannya. Jika ingin limit kartu kredit bisa naik, maka kamu harus mengajukannya terlebih dahulu. 

Banyak Promosi 

Nah, kartu kredit juga dikenal sering memberikan promosi yang menarik. Misalnya promosi ketika kamu berbelanja, travel dan lain sebagainya. Bahkan promo yang diberikan ini akan sangat menguntungkan untuk kamu yang mungkin lebih suka berbelanja dengan kartu kredit untuk mendapatkan diskon. 

Tidak hanya itu saja, untuk urusan travel juga ada banyak sekali jenis kartu kredit yang memiliki kerja sama dengan perusahaan pesawat hingga hotel. Dimana kamu bisa mendapatkan banyak sekali keuntungan, dari diskon, promo harga di bawah harga yang ada dan lain sebagainya. 

Dengan adanya kelebihan di atas, maka bisa dilihat bagaimana sebuah kredit card akan memberikan banyak keuntungan bagi kamu. Tidak hanya sebagai alat pembayaran yang tepat, tapi kamu juga bisa memperoleh banyak bantuan dalam mendapatkan harga promo yang sudah pasti menarik. 

Meski ada banyak orang yang lebih memilih paylater, tapi memang disaranan kalau kartu kredit lebih menguntungkan. Apalagi tingginya bunga tidak sebesar paylater, sehingga kamu tidak akan mendapatkan beban untuk pembayarannya. Jadi, menurutmu mana yang lebih baik? Apakah paylater atau kredit card? Satu hal yang pasti adalah kamu harus bijaksana dalam menggunakan kedua alat pembayaran ini. 

Related Posts