Home Tabungan Alasan Harus Mempunyai Tabungan

Alasan Harus Mempunyai Tabungan

by Lara Nifa

Dalam hidup, kamu harus selalu siap menghadapi hal-hal yang tidak terduga yang mungkin terjadi di masa depan karena hidup seringkali berjalan tidak sesuai dengan yang sudah kamu rencanakan. Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan mempersiapkan segala sesuatunya, salah satunya dengan menabung. 

Menabung pada dasarnya adalah menyisihkan sebagian pendapatan saat ini untuk mengantisipasi kebutuhan di masa depan, baik untuk kebutuhan yang terduga maupun tidak terduga. Sekarang sudah banyak sekali ajakan untuk menabung dan instrumennya pun semakin bermacam-macam. Kamu tidak hanya bisa menabung dengan membuka rekening tabungan di bank dan memiliki asuransi tapi juga dengan investasi.

Banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan jika kamu mempunyai tabungan. Dan berikut adalah alasan mengapa kamu harus mempunyai tabungan :

  • Situasi darurat

Semua orang tidak akan mengharapkan hal buruk terjadi ketika menjalani kehidupan ini. Tapi kamu pun tidak bisa memperkirakan kejadian apa yang kemungkinan bisa terjadi kedepannya. Mendadak jatuh sakit, mengalami kecelakaan atau kehilangan pekerjaan secara tiba-tiba adalah beberapa contoh situasi darurat yang tidak bisa diprediksi. Sebagai langkah preventif maka tabungan bisa menjadi pilihan untuk menghadapi situasi tersebut.

Kamu tidak akan kebingungan saat dihadapkan situasi darurat karena adanya uang simpanan yang kamu punya. Adanya tabungan juga tidak akan mengganggu pengeluaran rutin untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari jika suatu waktu ada kejadian buruk menimpamu.

  • Mempersiapkan dana pendidikan

Tidak dipungkiri bahwa biaya pendidikan di Indonesia saat ini semakin bertambah mahal setiap tahunnya. Bagi calon orang tua maupun para orang tua biaya pendidikan termasuk hal yang kerap menjadi momok. 

Maka dari itu, menyiapkan dana pendidikan anak dari jauh-jauh hari adalah sebuah keharusan. Salah satunya dengan mempunyai tabungan yang bisa berupa asuransi pendidikan ataupun rekening tabungan di bank. Selain untuk masa depan anak, kamu juga bisa mempersiapkan dana pendidikan untuk diri sendiri jika ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. 

  • Mandiri secara finansial

Dengan menabung bisa membuat kamu mandiri secara finansial. Sederhananya kamu sudah memiliki pengelolaan atau manajemen keuangan yang baik. Kamu juga akan terbiasa mendahulukan kebutuhan di atas keinginan, sehingga bisa terhindar dari sifat hedon dan menghamburkan-hamburkan uang. 

Ketika kamu sudah mandiri secara finansial itu artinya kamu mungkin akan terbebas dari kebiasaan pinjam meminjam atau penggunaan kartu kredit. Karena tabungan bisa menjadi sumber dana untuk menutup berbagai kebutuhan yang sifatnya mendesak dan darurat. 

  • Cashflow lebih sehat dan gaya hidup lebih baik

Arus kas yang sehat akan tercipta apabila kamu sudah terbiasa menabung secara rutin. Sebaliknya jika tidak memiliki tabungan, begitu ada kebutuhan mendesak yang harus terpenuhi saat itu juga, mau tidak mau kamu akan memakai sisa pendapatan yang kamu miliki. Padahal, sisa pendapatan tersebut seharusnya digunakan untuk membiayai keperluan lainnya tapi terpaksa digunakan karena tidak adanya uang simpanan. Tentu hal ini akan membuat arus kas keuanganmu terganggu.

Menyisihkan uang untuk dibelanjakan saat kamu membutuhkannya sama dengan kamu sedang mengatur keuangan untuk mengendalikan masa depan. Dengan begitu hidupmu akan lebih teratur dan menjadi lebih baik.

  • Persiapan untuk kebutuhan yang terduga atau sudah direncanakan

Setiap orang pasti sudah memiliki berbagai rencana dalam hidup. Misalnya ada keinginan untuk membeli atau membangun rumah 5 tahun ke depan, memiliki motor dan mobil, atau sekedar ingin berlibur bersama keluarga. Kebutuhan tersebut ada yang bersifat jangka pendek maupun jangka panjang tergantung dari kebutuhan masing-masing orang. Nah, dengan mempunyai tabungan maka kamu akan lebih mudah mencapai apa yang menjadi tujuanmu.

  • Mempersiapkan dana pensiun

Selain untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek, menabung juga bermanfaat untuk kebutuhan jangka panjang seperti mempersiapkan dana pensiun. Sebab, setiap manusia pasti akan menjadi tua yang artinya sudah tidak lagi berada di usia produktif. Sehingga, dengan mempunyai tabungan untuk persiapan hari tua akan memudahkanmu nanti agar bisa menikmati masa tua tanpa perlu merepotkan orang lain

  • Terhindar dari hutang

Kamu bisa terhindar dari segala bentuk pinjam-meminjam(utang) dengan menabung. Dengan tabungan yang dimiliki, kebutuhan yang bersifat urgent bisa segera terpenuhi tanpa harus meminjam sana sini. Selain itu, kamu tidak akan mudah tergiur dengan pembelian yang dilakukan secara kredit karena kebiasaan menabung membuatmu bisa menempatkan kebutuhan di atas keinginan yang sifatnya sementara.

 

Dengan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa menabung mempunyai banyak sekali manfaat untuk kebutuhan yang terduga maupun tidak terduga. Menabung tidak harus menyisihkan uang yang banyak, hanya dengan sedikit uang tapi dilakukan secara rutin itu lebih baik dibandingkan menunda-nunda. Yuk, jangan ragu untuk mulai menabung dari sekarang agar tidak menyesal nantinya.

Related Posts