Home Investasi Alasan Belajar Investasi Penting Semenjak Dini

Alasan Belajar Investasi Penting Semenjak Dini

by Lara Nifa

 

Hallo generasi muda! Pernah tidak kamu membayangkan atau bahkan membuat rencana untuk masa depan, misalnya punya rumah sendiri, punya mobil ini dan itu, atau ingin liburan keliling dunia atau bahkan melanjutkan pendidikan di luar negeri, namun bisa tidak ya generasi muda sekarang mendapatkan itu semua? lalu pertanyaan selanjutnya di umur berapa kira kira uangnya akan terkumpul? nah, misalnya kita menabung setiap bulan dan selalu menghemat segala pengeluaran kita, tapi memangnya yakin di masa yang akan datang harga barang-barang dan segala bentuk pengeluaran akan sama? 

Jika kita ingat-ingat sepuluh tahun lalu, semua harga bahan pokok dan barang-barang masih terasa murah, namun sepuluh tahun kemudian semua harga bahan pokok dan barang- barang menjadi naik bahkan lebih dari 2x lipat. Hal tersebut dinamakan inflasi dimana harga barang terus naik sehingga nilai uang semakin menurun dan tentunya ini akan mempengaruhi nilai tabungan kamu. Jika kamu hanya mengandalkan tabungan kamu saja semua rencana dan impian kamu di awal hanyalah angan-angan. Lalu bagaimana solusinya? yaitu cukup sederhana jangan takut dengan inflasi. Caranya adalah dengan berinvestasi. 

Investasi itu penting tidak sih? nyatanya, bukan hanya generasi milenial saja, semua orang yang sudah memiliki penghasilan pun bisa memulai berinvestasi. Namun apa sih yang terlintas dipikiran kalian jika mendengar kata investasi? Jika kamu masih bingung atau merasa pusing jika mendengar kata investasi maka pada tulisan kali ini kita akan membahas mengenai investasi dan pentingnya mempelajari mengenai investasi sejak dini. 

Kalo kamu termasuk generasi milenial biasanya kamu tahu tentang betapa pentingnya memenuhi kebutuhan hidup yang berkaitan dengan keuangan. Salah satunya yaitu investasi. sebagai generasi milenial kau tentunya sudah bisa terjun ke dunia investasi, apalagi bagi kamu yang sudah memiliki penghasilan, investasi ini menjadi penting untuk kamu ketahui. Sayangnya, masih banyak anak muda yang belum sadar dan melek dengan investasi. Hal ini mungkin karena tuntutan gaya hidup modern yang cukup tinggi sehingga mereka merasa sulit untuk menyisihkan sebagian penghasilan untuk berinvestasi. 

Nah kamu sendiri sudah tahu belum ada beberapa jenis investasi yang cocok untuk anak muda? Misalnya emas, saham, reksadana, deposito atau properti? Tentunya jenis investasi ini memiliki keuntungan dan resiko masing-masing ya. Tapi apa sih sebenarnya alasan kenapa kamu harus memulai investasi sejak dini? Langsung saja yuk kita simak jawabannya!

  • Persiapan Masa Tua Yang Lebih Cerah

Persiapan masa tua yang lebih cerah bisa kamu lakukan sejak dini. Memasuki usia senja meskipun keinginan kamu untuk bekerja masih ada tetapi tentu saja fisik seringkali tidak mampu untuk memenuhinya keinginanmu untuk bekerja, otomatis penghasilan yang didapatkan akan semakin berkurang dibanding dengan masa-masa usia produktif seperti saat ini. Maka berinvestasi sejak muda merupakan cara untuk membantu kamu untuk mempersiapkan masa tua yang lebih cerah. Kamu dapat merencanakan investasi dari sekarang walaupun dimulai dari nomimal yang kecil yang kemudian akan menjadi bukit. 

  • Wujudkan Kebebasan Finansial 

Yang kedua adalah mewujudkan kebebasan finansial. Hal ini merupakan keadaan dimana seseorang tidak harus lagi bekerja keras, tetapi telah memiliki penghasilan yang pasif yang bisa terus menerus didapatkan. Wah siapa orang yang tidak mau seperti itu kan? Setiap orang tentunya sudah mempunyai rencana keuangannya masing-masing, untuk mewujudkan hal ini maka investasi sedini mungkin menjadi solusi untuk anda.

  • Waktunya Uang Yang Bekerja 

Lalu yang ketiga adalah saatnya uang yang bekerja. Kini jangan selalu lagi bekerja untuk uang, melainkan biarkan uang yang bekerja untuk kamu. Caranya adalah dengan berinvestasi. Ketika kamu membelanjakan uang yang dimiliki untuk membeli produk untuk berinvestasi maka nilainya akan tumbuh seiring berjalannya waktu. 

  • Melatih Kedisiplinan Diri 

dalam berinvestasi kamu juga dapat melatih kedisiplinan diri. Nah, siapa nih yang sering menghambur-hamburkan uang dalam jumlah yang cukup besar bahkan dengan jumlah yang sangat besar setiap bulannya hanya untuk keperluan hiburan saja? Dengan cara berinvestasi sedini mungkin, setiap orang bisa menjadi lebih disiplin dalam hal mengelola keuangan. Ketika rasa disiplin itu mulai tumbuh lebih dalam, tanpa disadari kamu juga bisa bertambah kaya dan bisa menikmatinya dikemudian hari. 

  • Meningkatkan Nilai Aset Dan Kekayaan Diri 

Nah yang kelima adalah meningkatkan nilai aset dan kekayaan diri. Asset yang dimaksud disini adalah tidak terbatas kepada gedung ataupun properti lainnya, tetapi uang yang dimiliki atau yang tersimpan sebagai dana investasi juga dapat digolongkan sebagai aset. Jika aset yang kamu miliki disisihkan untuk berinvestasi, maka asetmu akan berkembang semakin banyak. Perkembangan aset tentunya berbanding lurus dengan perkembangan kekayaan yang kamu miliki. 

Itu dia alasan mengapa kamu harus belajar dan berinvestasi sejak dini, sekarang sudah siap dong untuk memulai berinvestasi? Dan menikmati hasilnya di masa tua nanti. 

Related Posts