Home Perencanaan Alasan asuransi penting untuk generasi investasi

Alasan asuransi penting untuk generasi investasi

by Lara Nifa

Mendengar kata asuransi pastinya sudah tidak asing lagi, biasanya banyak sekali ketika Anda berjalan di pusat perbelanjaan akan ditawari asuransi dari mulai kesehatan, pendidikan dan paling terbaru asuransi investasi, akan tetapi masih banyak masyarakat yang tidak sadar akan manfaat asuransi ini untuk jangka panjang, yang dipikirkan ketika memiliki asuransi itu hanya untuk orang tua saja, pada dasarnya hampir semua lapisan masyarakat harus memiliki asuransi sesuai kebutuhan mereka.

Asuransi adalah suatu perjanjian antara perusahaan asuransi dengan pemegang polis atau nasabah, lalu pihak nasabah membayar iuran yang ditagih setiap bulannya supaya mendapatkan penggantian resiko atau kerugian, kerusakan bahkan kehilangan yang terjadi karena situasi atau peristiwa yang tidak terduga. Dengan kata lain asuransi merupakan penanggung resiko yang muncul sehingga dapat membuat dampak kerugian pada nasabah,baik kerugian kecil maupun kerugian besar.

 

Asuransi juga memiliki peran aktif di era serba digitalisasi seperti saat ini, karena dalam waktu jangka panjang asuransi dapat memberikan kemudahan kepada nasabah supaya tidak bingung ketika suatu saat ada kejadian mendadak seperti sakit keras atau kecelakaan, asuransi akan mengcover kejadian tersebut. 

Jenis Asuransi Asuransi Secara Umum

Di Indonesia sebetulnya ada banyak jenis asuransi, akan tetapi tidak semua asuransi digunakan, karena kebutuhan yang ada di Indonesia biasanya menyangkut asuransi kesehatan dan asuransi umum, lalu apa saja jenis asuransi yang banyak diminati oleh masyarakat?

 

  • Asuransi Kesehatan
    Salah satu asuransi yang paling populer dan diminati masyarakat adalah asuransi kesehatan, karena pada era sekarang ini banyak sekali masyarakat yang memiliki pola hidup kurang sehat dan juga tidak ingin membebani keluarga jika sedang sakit.

    Asuransi kesehatan biasanya terdiri dari asuransi rawat jalan dan asuransi rawat inap. misalnya mengidap penyakit berat seperti jantung, stroke, kanker yang mungkin akan beresiko jika tidak memiliki asuransi kesehatan karena biaya perawatannya akan mahal.

  • Asuransi Jiwa
    Asuransi jenis ini biasanya digunakan untuk melindungi orang ketika orang tersebut tiba-tiba meninggal dunia, sehingga tidak bisa memberikan nafkah untuk keluarganya.

  • Asuransi Kendaraan dan Kecelakaan
    Asuransi jenis ini melindungi diri seseorang dari kecelakaan dan kendaraan ketika perjalanan dan membuat resiko kerugian untuk memperbaiki kendaraan yang rusak akibat kecelakaan tersebut, lalu akibat kecelakaan tersebut membutuhkan biaya medis yang kemungkinan ada.

  • Asuransi Pendidikan
    Jenis asuransi yang sama populernya dengan asuransi kesehatan ini memiliki fungsi jangka panjang yang sangat baik, karena dengan iuran asuransi pendidikan akan menjamin anak nasabah tersebut tidak bingung ketika nasabah mengalami hal yang tidak diinginkan, biasanya asuransi pendidikan dapat dicairkan kurang lebih 10 tahun kedepan ketika si anak membutuhkan biaya sekolah.

  • Asuransi perlindungan Investasi
    Jenis asuransi yang populer di kalangan investor milenial ini sangat cocok untuk perlindungan investasi jangka panjang, resiko penurunan nilai investasi menjadi hal yang sensitif, karena ketika investasi merangkak naik maka nasabah akan mendapat keuntungan lebih tinggi dan ketika nilai investasi menurun maka nasabah bisa mengklaim asuransi tersebut sehingga tidak mengalami kerugian finansial yang signifikan. Kebanyakan nasabah investasi ini datang dari perusahan yang memang sudah bonafit dan juga perusahaan besar yang ingin menghindari kerugian dalam investasi.

Alasan Generasi Investasi butuh Asuransi

Investasi sudah tidak awam lagi bagi masyarakat luas, kebanyakan masyarakat menggunakan investasi seperti properti, saham, crypto, reksadana, obligasi dan banyak jenis investasi lainnya. Ketika Anda memilih investasi akan muncul resiko-resiko yang dapat mengganggu investasi Anda, dengan adanya asuransi investasi maka Anda memiliki perlindungan terhadap investasi yang sedang dijalani.

 

Asuransi investasi berperan aktif supaya ketika nilai investasi jangka panjang menurun akan tetap terlindungi dan juga tidak memberikan kerugian yang signifikan terhadap finansial Anda. Masih banyak generasi investasi yang tidak mempedulikan tentang proteksi dari asuransi, hal ini menyebabkan aset yang sudah didapat dari investasi bisa berkurang karena berpatokan dari nilai investasi yang dimiliki. 

 

Dalam  satu dekade terakhir, sudah mulai banyak generasi milenial yang memiliki asuransi investasi, padahal sebelumnya yang mereka pahami asuransi hanya untuk orang tua saja sedangkan mereka yang masih terbilang muda tidak membutuhkan asuransi. Sekarang ini generasi milenial sudah mulai sadar akan pentingnya asuransi, apalagi kebanyakan dari mereka mengembangkan bisnis yang rentan akan kerugian finansial seperti saham, reksadana dan crypto. Bisnis yang mereka jalani akan sangat rentan jika tidak memiliki asuransi, supaya ketika nilai investasi menurun akan tetap ada yang membantu bertanggung jawab untuk melindungi resiko yang belum terjadi.

 

Nah, itulah pentingnya asuransi untuk generasi investasi, pada intinya asuransi memberikan perlindungan supaya bisnis dan kehidupan tetap terlindungi di kemudian hari. Jangan lupa untuk tetap mencari saran dan nasihat terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk bergabung dengan asuransi.

Related Posts