Home Bisnis dan Usaha 9 Ide Usaha Makanan Serba 5000, Mudah dan Untung Banyak

9 Ide Usaha Makanan Serba 5000, Mudah dan Untung Banyak

by Lara Nifa

Belakangan ini berbisnis makanan kecil dengan harga hanya 5000 memang sedang ramai menjadi perbincangan, sebab tidak banyak yang percaya bila dengan berdagang seharga 5 ribu dapat memberikan keuntungan yang cukup besar.

Padahal, berapapun modal awalnya bila kamu merupakan pebisnis yang cerdas dan mampu melihat peluang dengan baik, tentu bisa mendulang keuntungan besar dan menjadi sukses. Apalagi bidang kuliner memang selalu memberikan kesempatan besar bagi mereka yang berkecimpung di dalamnya.

9 Ide Usaha Makanan Serba 5000

Pada dasarnya semua orang memang butuh makan, baik makanan utama, pendamping atau sekedar camilan. Jadi, bila memang kamu tertarik dengan dunia kuliner dan ingin membuka usaha, kamu dapat mencoba untuk merambah bisnis jajanan atau makanan ringan ini.

Jika kamu masih bingung harus berjualan camilan apa dengan harga hanya 5 ribu rupiah. Nah, berikut ada 9 ide makanan serba 5000 dan dapat memberikan untuk besar, yaitu :

  • Cireng dengan bumbu rujak

Cireng atau aci goreng, makanan berbahan utama sagu, tapioka dan terigu ini kerap kita temukan di abang penjual gorengan. Namun, bila kita beli di penjual gorengan pada umumnya, mereka tidak akan memberikan bumbu rujak tapi cabai.

Nak, kali kreasikan dengan bumbu rujak dan pastinya rasanya akan lebih enak juga mantap. Kamu bisa menjual cireng matang dan juga mentah sehingga konsumen bisa menggorengnya sendiri di rumah.

  • Cilok krispi

Siapa yang tidak kenal jajanan khas Jawa Barat ini, karena cilok sekarang bisa ditemukan di semua wilayah. Mulai dari di sekolah dasar hingga yang keliling mengitari komplek dan jalanan. Namun, cilok yang kami rekomendasikan untuk kamu berbeda.

Jika biasanya cilok harus di kukus atau direbus, maka yang kali ini digoreng krispi. Bisnis cilok krispi ini masih belum banyak yang menjalankannya, sehingga peluangmu masih sangat besar. Kamu bisa menjualnya hangat-hangat atau dijadikan frozen food.

  • Makaroni pedas

Jajanan yang satu ini memang mudah ditemukan di pasaran. Karena memang banyak yang suka, namun bukan berarti kamu tidak bisa menjalankan usaha makaroni pedas. Kamu bisa menambahkan varian rasa yang tetap dipadukan dengan level pedas tertentu.

Lagipula bahan bakunya mudah ditemukan dan jajanan ini juga mudah untuk memasarkannya. Apalagi dengan harga 5 ribu, tentunya akan mampu bersaing dengan pendahulunya. Jangan lupa untuk menggunakan kemasan yang unik, sehingga menarik dan banyak pembelinya.

  • Keripik talas

Selanjutnya kamu bisa memanfaatkan umbi talas yang dijadikan keripik. Untuk keripik talas sendiri masih belum banyak yang menjualnya, karena banyak orang kurang mengerti cara pengolahan yang benar.

Kamu harus tahu bila talas tidak ditangani dengan benar, bisa menimbulkan rasa gatal. Namun, jika kamu sudah bisa mengolahnya dengan baik maka dapat menjadi makanan ringan yang enak dan gurih.

  • Keripik Kulit

Siapa yang tidak suka kulit ayam digoreng krispi. Karena selain bisa dijadikan camilan, dapat juga dinikmati bersama nasi hangat. Hanya saja, untuk keripik kulit ini kamu harus mencari tahu agar bisa tahan lama. Sebab tentunya ketahanan kulit ayam yang dijadikan keripik dengan keripik kentang atau tempe akan berbeda.

Selain kulit ayam ada banyak kulit lain yang bisa kamu olah menjadi keripik, seperti kulit lumpia, kulit pangsit dan lainnya. Harganya bahan-bahan tersebut masih terjangkau dan kamu masih bisa mendapatkan keuntungan walau menjualnya dengan harga 5 ribuan.

  • Keripik Pedas

Seperti yang kamu tahu, mayoritas masyarakat Indonesia sangat menggemari makan pedas dan jajanan dengan level pedas hingga saat ini masih menjadi favorit banyak orang, termasuk cemilan atau makanan ringan.

Jadi, kenapa kamu tidak mencobanya juga. Ada banyak sekali bahan makanan yang dapat kamu jadikan cemilan pedas, misalnya makaroni goreng, singkong, kentang, tempe, ubi dan masih banyak lagi. Level pedasnya tentu bisa kamu buat dari 1-5 atau lebih dan konsumen tinggal memilih mana yang ingin mereka beli.

  • Keripik aneka buah

Bila kamu ingin membuat atau menjual camilan sehat, maka bisa mencoba berjualan keripik buah. Pilihlah buah-buahan yang memang bisa dijadikan keripik, karena tidak semua buah dapat diolah menjadi keripik. Buah yang lazim biasanya seperti apel, salak, pisang dan masih banyak lagi. Kamu bisa mencari cara membuatnya di internet.

  • Keripik aneka sayuran

Sekarang ada begitu banyak jenis keripik, salah satunya adalah keripik sayuran. Bila dulu hanya keripik bayam, pare atau sayuran hijau lainnya. Kenyataannya saat ini semua jenis sayur bisa dijadikan camilan sehat. Modal untuk membuatnya juga terjangkau dan akan lebih menguntungkan ketika sayurannya adalah hasil kebun sendiri.

  • Martabak mini

Terakhir adalah martabak mini. Paling direkomendasikan bila kamu memilih martabak manis dibanding martabak telur, karena untuk camilan rasanya martabak manis dengan variasi topping tentu lebih menggugah selera konsumen.

utama yang harus kamu utamakan bila berjualan makanan apapun jenisnya adalah sanitasi, kebersihan, rasa, pengemasan serta kualitas. Jangan sampai kamu kehilangan pelanggan karena mengabaikan hal-hal tersebut.

Related Posts