Home Bisnis dan Usaha 9 Alasan Orang Enggan Memulai Usaha

9 Alasan Orang Enggan Memulai Usaha

by Lara Nifa

Mencari peluang untuk membuka usaha adalah salah satu langkah awal yang baik. Namun, bagaimana jika orang memilih untuk tidak mengambil kesempatan dari peluang tersebut, tentu saja tidak semua orang akan berpikir untuk memulai suatu bisnis usaha.

Tidak jarang, orang yang enggan untuk memulai usaha. Terdapat beberapa alasan kenapa orang enggan untuk memulai usaha atau bisnis. 

Ini Ternyata Alasan Kenapa Orang Tidak Ingin Memulai Usaha

Supaya kamu bisa lebih jelas, berikut ini adalah 9 alasan kenapa orang enggan untuk memulai usaha. Ada apa saja, simak yuk!

Tidak Ingin Berpindah dari Zona Nyaman

Dalam memulai suatu usaha bisnis, seseorang dituntut harus keluar dari zona nyaman. Namun, tidak semua orang ingin keluar dari zona nyaman. Memulai usaha tentu saja harus berurusan dengan hal di mana seseorang harus memulai dari bawah.

Tidak jarang, orang yang berpikir bahwa memulai suatu usaha dinilai tidak mudah. Selain itu, seorang pengusaha harus berani dengan suatu masalah seperti terjatuh, bangkrut, harus kerja keras, serta jatuh dan bangun, dan masih banyak lagi. 

Kendati demikian, hal-hal yang sangat beresiko sebagai pengusaha seperti yang sudah disebutkan, justru menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian orang. 

Merasa Khawatir dengan Sesuatu yang Tidak Pasti

Siapapun akan merasa khawatir dan takut akan sesuatu yang tidak pasti. Termasuk dalam dunia bisnis, tentu saja sebagai seorang pengusaha akan menghadapi sesuatu yang tidak pasti. Bisa dikatakan, bagi pebisnis yang harus menghadapi ketidakpastian akan menjadikan hal itu sebagai tantangan.

Tetapi, banyak orang yang berpikir tentang menjalani bisnis tidak hanya sebatas kesuksesan saja. Menuju suatu kesuksesan membutuhkan kerja keras dan pengorbanan yang besar. Termasuk harus menghadapi suatu kerugian dan keuntungan yang kecil. Oleh sebab itu, banyak orang yang enggan memulai suatu usaha.

Tidak Memiliki Dana Untuk Modal yang Cukup

Masih banyak orang yang enggan memulai suatu usaha yang disebabkan oleh pendanaan modal yang tidak cukup. Sebagaimana yang sudah kamu ketahui, dalam memulai usaha maka, kamu harus memiliki modal yang cukup. 

Menyusun rencana anggaran sebelum memulai usaha adalah hal yang penting. Tetapi jika kamu terlalu memperhitungkannya dengan cara yang berlebihan, kamu hanya akan terpaku dengan memikirkannya saja, tanpa adanya suatu aksi yang nyata.

Kurang Dukungan dari Orang Terdekat

Bagi kamu yang sudah berkeluarga, maka kamu harus tetap memiliki tanggung jawab terhadap keluarga sendiri. Namun, jika tidak mendapatkan dukungan penuh karena tidak ingin menanggung risiko, justru hal itu juga menjadi alasan kenapa banyak orang yang enggan memulai usaha.

Tidak Tahu Cara Memulai Usaha

Bagi yang tidak memiliki pengalaman yang banyak di dunia bisnis, tentu saja bisa jadi faktor dan alasan kenapa orang enggan untuk memulai usaha. Maka hanya akan berakhir memikirkan saja tanpa adanya suatu aksi untuk memulai usaha.

Padahal, masih banyak jalan dan cara agar kamu tahu bagaimana cara memulai bisnis. Bisa dengan cara belajar otodidak, belajar dari yang ahli dan berpengalaman serta mengikuti seminar dan workshop.

Merasa Ragu dengan Kemampuan Diri Sendiri

Salah satu alasan orang enggan membuka usahanya sendiri adalah rasa ragu terhadap kemampuan diri sendiri dalam dunia bisnis. Terutama bagi kamu yang memang tidak memiliki pengalaman dalam hal bisnis. Kamu bisa memulainya dengan cara kecil dan sederhana saja.

Sebagai contoh, bisa dengan menjual makanan ringan dalam jumlah yang sedikit saja, atau bisa dengan menjadi seorang reseller makanan atau pakaian. Bisa juga dimulai dengan cara untuk melakukan riset dan belajar dari hal dasar untuk mengumpulkan rasa percaya diri dan mengembangkan kemampuan.

Tidak Memiliki Konsep Usaha yang Cocok

Tidak memiliki konsep usaha yang cocok dengan diri sendiri. Hal ini sangat berhubungan dengan ketidakpercayaan diri terhadap kemampuan sendiri. Hal ini, membuat kamu jadi merasa enggan memulai usaha karena tidak cocok.

Terlalu Sering Mempertimbangkan Usaha Apa yang Akan Dimulai

Orang yang enggan memulai usaha bisa juga terpengaruh oleh pemikiran diri sendiri yang sering mempertimbangkan usaha apa yang akan dimulai. Sebagaimana yang sudah kamu ketahui, terdapat banyak jenis bisnis yang bisa kamu mulai dan menjanjikan.

Kamu hanya perlu mengembangkan bakat atau passion kamu menjadi sesuatu yang menghasilkan. Dengan begitu, kamu tidak perlu banyak mempertimbangkan akan mulai usaha di bidang apa.

Sudah Pernah Mencoba Sekali dan Gagal

Jika orang yang sudah pernah mencoba memulai usaha sekali dan kemudian gagal di kemudian hari, masih banyak yang tidak memberi batas diri dan kesempatan kedua dalam memulai usaha yang gagal. Hal itu membuat orang enggan memulai suatu usaha dan memilih untuk mundur saja dan merasa tidak memiliki kemampuan di bidang bisnis.

Related Posts