Home Bisnis dan Usaha 7 Usaha Sampingan Di Rumah Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga

7 Usaha Sampingan Di Rumah Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga

by Greg Pascal
usaha sampingan di rumah

Di beberapa media bahkan di layar televisi, berita-berita tentang kesuksesan usaha rumahan semakin berseliweran. Jadi, kata siapa ibu-ibu rumahan tak bisa sukses dalam berbisnis? Coba cari tau inspirasi usaha sampingan di rumah yang cocok untuk ibu rumah tangga!

Anda bisa berbisnis tanpa takut urusan rumah terbengkalai. Karena usaha sampingan ini sangat sederhana untuk dijalankan. Kunci suksesnya adalah teliti, tekun dan selalu belajar hal baru.

Berikut ide usaha ibu rumah tangga yang cocok untuk dijadikan bisnis sampingan.

Ide Usaha Sampingan Di Rumah, Sederhana dan Mudah Dilakukan

1. Jualan online

Sekarang story Whatsapp sudah jarang lagi digunakan sebagai ajang pamer harta dan tahta saja. Melainkan telah memiliki fungsi ganda, yaitu digunakan sebagai alat marketing online.

Beberapa bisnis yang selalu hangat dibicarakan oleh banyak orang yaitu produk kuliner dan fashion.

Dua bisnis tersebut biasanya muncul dari jiwa ibu rumah tangga yang hobi masak dan penggiat fashion. Otomatis, kalau sudah hobi, walaupun ada kerugian, mereka tak pantang menyerah untuk bangkit lagi.

Tapi, kalau Anda belum ingin membuat brand sendiri, maka Anda bisa mencoba untuk menjual produk dari brand orang lain. Cobalah untuk menjadi reseller atau dropshiper.

Dengan sistem tersebut, Anda tetap bisa menjual atas nama toko Anda sendiri.

2. Penulis Lepas

Dunia digital sudah merambah ke mana-mana. Hampir semua lini usaha melakukan “GO Digital”. Akhirnya banyak website-website yang ditampilkan¬† Google sebagai bentuk toko online mereka.

Karena semakin banyak website, maka semakin banyak pula kebutuhan artikel untuk mengisi website tersebut. Oleh karena itu, pekerjaan sebagai penulis lepas merupakan salah satu pekerjaan yang sangat dicari-cari oleh brand owner.

Sebagai penulis lepas, Anda diharuskan untuk memproduksi konten berupa artikel. Karena, artikel tersebut menjadi salah satu trik agar website toko online mendapatkan banyak kunjungan.

usaha sampingan di rumah

Baca Artikel Selanjutnya :

Apalagi kalau Anda mahir dalam berBahasa Inggris, pasti banyak yang mencari-cari Anda untuk menjadi kontributor di website mereka.

Untuk waktu menulis, carilah waktu luang di sela-sela pekerjaan Anda sebagai ibu rumah tangga. Jangan mengulur ulur waktu untuk mengerjakan artikel pesanan klien, agar Anda bisa sukses di bidang ini.

3 . Bisnis Katering

Memasak sudah jadi identitas dari kebanyakan ibu rumah tangga. Seorang ibu pasti tidak lepas dari kegiatan ini.

Apalagi, peralatan dapur Anda komplit dan masakan Anda terbukti enak. Wah, bisnis katering jadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Jika masakan Anda sudah terbukti enak oleh banyak orang, maka siap-siap saja untuk kebanjiran order.

Anda akan menerima banyak pesanan dari acara-acara besar, seperti ulang tahun, pesta lamaran, acara launching produk, dan acara pernikahan.

Banyak acara yang bisa dijadikan momentum bagi Anda, misal Aqiqah, syukuran haji, syukuran naik jabatan, perayaan tahun baru islam, perayaan tahun baru imlek, dan event-event nasional lainnya seperti di hari kemerdekaan.

Jika Anda ingin membuka usaha katering, maka kunci suksesnya yaitu kemasan, cita rasa makanan, kebersihan, dan juga pelayanan. Selain itu, pastikan pesanan bisa sampai tepat waktu.

4. Day Care

Buat Anda yang tinggal di perkotaan. Usaha sampingan satu ini sangat menjanjikan untuk Anda tekuni. Kita sama-sama tahu bahwa ibu-ibu di zaman ini banyak sekali yang tetap berkarir walau sudah memiliki buah hati.

Ibu-ibu karir jarang bisa yang melakukan keduanya, yaitu bekerja dan mengurus anak di jam-jam kerja.

Oleh karena itu, bisnis day care sudah mulai bertebaran di kawasan perkotaan. Mereka akan merasa aman jika menitipkan anaknya di tempat day care

Sediakan lah ruang kosong di rumah untuk menjalankan bisnis ini. Ruangan kosong tersebut akan digunakan untuk tempat bermain anak.

Selain itu, lengkapi ruangan tersebut dengan mainan yang mengedukasi anak-anak. Agar mereka semakin betah.

Tips jika Anda ingin membuka usaha penitipan anak ini adalah kepercayaan dan fasilitas. Ketika Anda dititipi anak-anak orang lain. Jaga mereka, didik dan berikan anak-anak kenyamanan.

5. Membuat Aksesoris Wanita

Fashion dan aksesoris identik dengan wanita. Apalagi populasi wanita di Indonesia sangat banyak. Membuat kreasi unik sebagai aksesoris wanita merupakan pilihan yang bijak. Apalagi jika Anda adalah pribadi yang hobinya membuat kerajinan tangan.

Anda bisa membuat aksesoris wanita seperti kalung, gelang, anting-anting, cincin, masker, bros untuk jilbab, gantungan kunci, bahkan sarung bantal rajut.

6. Bisnis Kue

Kue-kue ringan hampir disukai banyak orang entah kue tradisional atau kue-kue kekinian. Misal, kue lupis, onde-onde, kue putu, kue cubit, dan lain lain.

Kenapa bisnis kue menjadi bisnis yang bisa diandalkan?

Karena tidak semua orang bisa membuat kue. Sedangkan, peminat aneka kue sangat banyak. Jadi, ini adalah sebuah peluang bagi Anda yang hobi membuat kue untuk mencoba peluang ini.

7. Bisnis Laundry

Jika Anda memiliki banyak waktu luang maka bisnis ini sangat menguntungkan. Apalagi jika Anda tinggal di daerah perkotaan di mana banyak orang yang bekerja kantoran. Wah, itu bisa jadi peluang untuk Anda.

Jika Anda ingin bisnis laundry, maka Anda bisa cari tau info lebih detail di Youtube. Karena sudah banyak yang kok yang share tips bisnis secara gratis di Youtube

Dari 7 inspirasi usaha sampingan di rumah, mana yang cocok dengan Anda?

Related Posts