Home Bisnis dan Usaha 7 Usaha Makanan Yang Lagi Trend di Social Media

7 Usaha Makanan Yang Lagi Trend di Social Media

by Lara Nifa
makanan lagi trend

Saat ini, hampir semua orang telah menggunakan sosial media. Fungsi platform tersebut pun sekarang tak hanya sebagai media sarana komunikasi dengan teman dan keluarga, namun meluas menjadi ladang bisnis paling menjanjikan. Termasuk bisnis makanan, bisa mendapat omset tinggi kalau berhasil populer di sosial media. Bagi yang tertarik menjalankan usaha ini, Anda bisa memanfaatkan sosial media sebagai tempat promosi. Ingin memulai namun belum punya ide? Mungkin 7 usaha makanan yang lagi trend berikut ini bisa jadi pilihan. Simak, yuk!

1.      Nasi Mentai

Sebelum meramaikan tren makanan di Indonesia, hidangan khas Jepang ini cukup asing bagi beberapa orang. Nasi mentai sendiri mempunyai cita rasa gurih dari saus khasnya yang lembut di lidah. Sekarang sudah banyak dimodifikasi menyesuaikan selera masyarakat kita. Karena keunikan tersebut, nasi mentai menjadi usaha makanan kekinian yang direkomendasikan kepada pebisnis pemula.

Cara membuatnya tak sulit, bahan-bahan yang diperlukan juga mudah didapat di supermarket maupun pasar tradisional. Kalau Anda punya peralatan pendukung, boleh mencoba bisnis nasi mentai di rumah. Untuk pemasarannya, bisa memanfaatkan sosial media atau share ke teman-teman whatsapp.  

2.      Sei Sapi

Sei sapi terbuat dari olahan daging khas Rote Ndao, NTT yang artinya daging diiris tipis-tipis. Sedang ngetren beberapa waktu terakhir karena sajiannya yang unik dan tampak lezat. Sei sapi dimasak dengan cara diasap, kemudian ditumis dengan sambal. Makanan ini semakin nikmat rasanya di lidah karena dihidangkan bersama tumis daun singkong dan nasi daun jeruk.

Anda tahu tidak, kalau peluang bisnis kuliner sei sapi bisa raup omzet hingga ratusan juta perbulan? Bisa dibilang karena awareness pasar yang semakin tinggi membuatnya semakin populer di kalangan masyarakat Indonesia. Ingin bisnis kuliner menjanjikan? Ya sei sapi pilihan terbaiknya untuk saat ini.

3.      Nasi Telur Pontianak

Nasi telur Pontianak sekilas terlihat seperti telur goreng kecap yang disajikan bersama nasi putih. Meskipun sederhana, makanan ini sempat viral setelah seorang youtube vlogger membuat konten daftar makanan kekinian yang wajib dicoba. Nasi telur Pontianak memiliki cita rasa yang cukup unik karena telur ceploknya dimasak bersama kecap dan bawang putih. Sangat nikmat disantap bersama nasi hangat. Anda bisa memulai bisnis makanan simple ini di rumah, lho.

4.      Donat Crispy

Pernah makan donat crispy dengan berbagai rasa? Makanan yang lagi trend ini bisa dibilang unik karena bentuknya tidak menyerupai cincin. Bulat seperti biasa namun didalamnya terdapat isian fla. Pertama kali viral setelah dijual oleh salah satu pasangan artis terkenal di Indonesia. Berbeda dari biasanya, donat crispy yang sudah digoreng akan dilapisi cairan tepung. Kemudian digoreng lagi untuk mendapatkan tekstur renyah dengan bagian dalam creamy dan lembut.

5.      Cilok Pedas

Makanan satu ini terbuat dari bahan yang sama dengan cilok pada umumnya, hanya saja cara memasaknya ditumis bersama sambal. Tentu ini membuat bumbu masakan lebih meresap, makanya disebut dengan cilok pedas. Anda bisa mendapatkan resep cilok pedas yang praktis dan mudah di internet. Ini bisa jadi ide bisnis menjanjikan untuk dicoba. Rasa gurih pedas nikmat sesuai selera kebanyakan orang ditambah lagi dengan harganya yang murah tentu membuat makanan ini semakin diminati.

6.      Toast

Toast, sandwich ala Korea yang menjadi makanan kekinian telah berhasil menunjukkan eksistensinya. Setelah muncul dengan inovasi topping baru, lalu ditambah dengan isian yang manis dan gurih membuat masyarakat tertarik untuk mencoba. Toast kini termasuk makanan favorit kalangan muda di Indonesia. Menjajal bisnis ini hanya perlu modal 2 jutaan saja, lho. Cara paling mudah adalah mengikuti paket kemitraan, hanya saja biayanya bisa lebih mahal.

7.      Croffle

Salah satu jenis kuliner yang ngetrend di tanah air selama pandemi. Tentu bisnis croffle memiliki peluang menarik kedepannya berkat artis dan idol K-pop yang menggemarinya. Makanan ini terbuat dari waffle dan pastry croissant, mulai populer sejak tahun lalu. Kini mulai banyak orang melirik usaha kuliner croffle karena biayanya cukup terjangkau. Berkat sosial media, bisnis croffle terus mencetak laba dan semakin diminati.  

Tips Memulai Usaha Makanan yang Lagi Trend

Bagi para pemula yang baru terjun ke dunia bisnis makanan, tentu membuat produk cepat dibeli pelanggan bukan perkara mudah.  Dibutuhkan kerja keras dan strategi marketing jitu agar mampu bersaing dengan kompetitor lain. Supaya usaha tidak kalah saing, Anda dapat mengikuti tips berikut:

  •       Temukan branding yang tepat.
  •       Sesuaikan target pasar
  •       Jalankan bisnis franchise
  •       Memasarkan produk via sosial media.

Itulah beberapa usaha makanan yang lagi trend di sosial media. Apakah Anda telah menemukan sedikit pencerahan terkait jualan makanan online yang ingin dimulai? Semoga informasi di atas membantu, ya.

Related Posts