7 Tips Supaya Siap Hadapi Persaingan Bisnis

 Setiap tahun persaingan bisnis tentunya akan semakin tinggi, pengusaha harus menerima perkembangan teknologi juga keterbukaan informasi. Pada era digital seperti sekarang menuntut para pengusaha untuk

Lara Nifa

[addtoany]

 Setiap tahun persaingan bisnis tentunya akan semakin tinggi, pengusaha harus menerima perkembangan teknologi juga keterbukaan informasi. Pada era digital seperti sekarang menuntut para pengusaha untuk lebih waspada dalam mengembangkan bisnisnya dan memperhatikan 7 hal untuk menghadapi semua saingannya.

Daya saing adalah “jalan” yang harus dilalui perusahaan saat ini untuk menghasilkan banyak uang. Ingatlah bahwa begitu keputusan untuk memasuki bisnis atau dunia bisnis dibuat, diperlukan strategi yang tepat serta matang.

Hal ini dilakukan supaya apa yang telah dibangun bisa dan dapat berfungsi dengan lancar, menciptakan inovasi baru bisnis. Jika kamu konsisten dan dapat menciptakan konsistensi dalam bisnis, maka akan mudah bagi pengusaha untuk mencapai suatu tujuan.

Tips agar siap menghadapi persaingan di dunia bisnis

Berikut dibawah ini adalah tips untuk kamu yang memutuskan terjun ke dunia bisnis, supaya siap menghadapi para pesaing.

  • Menganalisa kompetitor

Pertama yakni menganalisa kompetitor. Misalnya dengan melakukan survey atau terjun langsung ke lapangan guna melihat apa saja yang harus kamu lakukan supaya para calon konsumen dari produk yang akan kamu bisa puas. Apa yang menjadi keistimewaan produk tersebut bila dibandingkan dengan produk serupa yang dimiliki oleh pesaingmu. 

  • Prioritaskan kualitas dan kepuasan

Kualitas dari bahan baku yang dipergunakan tentukan akan menjadi faktor penentu, apakah akan disukai oleh target market atau tidak. Ketika para konsumen senang dan melakukan pembelian ulang, maka bisa disimpulkan jika mereka mendapatkan kepuasan dari barang yang digunakan.

Karena itu, kamu harus sangat memperhatikan kualitas dari bahan baku. Jangan sampai menggunakan bahan yang buruk kualitasnya hanya agar bisa dijual murah dan cepat habis. Karena belum tentu pembeli akan puas dengan hasil yang mereka dapatkan.

  • Menjaga hubungan baik dengan pelanggan

Apabila kamu mempunyai pelanggan tetap, dimana mereka setia menjadi pengguna dan akan selalu membeli ketika produk tersebut rusak atau habis. Tentunya konsumen seperti inilah yang harus kamu pertahankan, caranya dengan memberikan mereka reward.

Bisa dengan memberi diskon atau mengirimkan produk secara gratis. Dengan adanya pelayanan seperti ini, pelanggan setia dari produk itu tentu akan merasa dihargai sehingga mereka kemungkinan besar tidak akan berpaling pada yang lain.

  • Ikuti tren dan selalu berinovasi

Mengikuti trend yang sedang digandrungi juga salah satu cara untuk dapat bersaing, berinovasilah dan merebut kembali perhatian pelanggan setiamu dengan produk baru yang lebih kekinian, sehingga mereka tidak bosan dengan produk lama.

Misalkan, kamu sekarang memiliki bisnis casing ponsel. Bila biasanya hanya memproduksi yang polos dan tipenya hanya untuk ponsel yang sama. Sekarang mulailah memperbanyak type dan tambahkan motif atau gambar supaya lebih pelanggan yang tertarik untuk membeli.

  • Kolaborasi bisnis

Seperti halnya para influencer atau youtuber yang melakukan kolaborasi dengan youtuber lain ya, kamu juga bisa melakukan kolaborasi dengan pebisnis lain untuk meningkatkan potensi bisnis. 

Contoh paling sering sekarang kita lihat adalah ketika satu brand make up berkolaborasi dengan perusahaan makanan yang sudah terkenal. Di mana packaging dari make up tersebut dibuat semirip mungkin dengan brand makanan yang dimaksud.

Bahkan tidak hanya dari packagingnya saja aroma dari make up tersebut juga khas sengaja dibuat semirip mungkin dengan rasa dari produk makanan yang diajaknya untuk berkolaborasi. Hal-hal seperti ini tentunya akan dapat meningkatkan pembelian sehingga keuntungan yang didapat oleh kedua brand tersebut pun menjadi meningkat.

  • Bergabung dengan komunitas bisnis

Bergabunglah dengan forum yang isinya adalah para pebisnis atau pengusaha. Karena pada forum ini kamu bisa melakukan sharing atau tukar pendapat terkait masalah-masalah yang berhubungan dengan bisnis.

Kamu juga bisa curhat ketika menghadapi kendala pada bisnis yang saat ini sedang kamu jalankan pada komunitas tersebut biasanya mereka akan memberikan solusi yang positif supaya bisnis bisa kembali stabil. Selain itu dengan kamu bergabung di komunitas bisnis banyak sekali hal yang dapat dipelajari.

  • Penerapan digital marketing

Tips terakhir adalah dengan memanfaatkan sebaik mungkin teknologi digital yang saat ini semakin berkembang dengan pesat. Sebagai seorang pebisnis yang melakukan bisnisnya di zaman serba modern ini, tentunya kamu harus pandai-pandai memanfaatkan teknologi yang ada.

Lakukanlah promosi atau digital marketing agar dapat mencakup calon konsumen yang lebih luas. Kamu pastinya menggunakan platform media sosial jadi pergunakanlah platform yang sudah ada tersebut secara baik, ada dua cara yang bisa kamu gunakan yaitu gratis maupun berbayar.

Tentunya ketika kamu menggunakan digital marketing yang berbayar jangkauannya bisa lebih luas dibandingkan yang gratis. Selain itu kamu juga bisa menyewa seseorang yang memang mengerti mengenai SEO, pergunakanlah jasanya untuk mempromosikan usaha yang sangat ini kamu miliki.

Untuk digital marketing yang gratis itu misalnya seperti memanfaatkan media sosial Twitter, Tik To,k Facebook ataupun Instagram. Lalu untuk yang berbayar kamu dapat menggunakan Facebook ads, Google ads Instagram ads hingga YouTube.

Demikianlah tadi 7 tips bagi kamu supaya usaha yang saat ini kamu miliki dapat bersaing dengan bisnis lain yang serupa. Ingatlah untuk selalu menuangkan ide kreatif dan inovasi baru supaya tidak ketinggalan zaman.

Related Post