Home Bisnis dan Usaha 7 Tanaman yang Cepat Menghasilkan Keuntungan, Mudah Ditanam dan Cepat Panen

7 Tanaman yang Cepat Menghasilkan Keuntungan, Mudah Ditanam dan Cepat Panen

by Lara Nifa
tanaman mudah dan menguntungkan

Bisa dibilang usaha di bidang pertanian, seperti menanam sayuran dan tanaman hias dinilai selalu menguntungkan. Tidak heran, jika beberapa orang mencoba untuk menanam beberapa jenis tanaman. 

Asalkan Anda bisa memilih jenis tanaman yang mudah ditanam dan cepat panen, keuntungan pun bisa didapat. Ada beberapa jenis tanaman yang mudah dibudidayakan dan cepat panen. Namun, semua itu juga tergantung bagaimana Anda merawatnya.

Nah, apa saja jenis tanaman yang mudah ditanam dan cepat menghasilkan keuntungan? Berikut adalah informasi tentang 7 jenis tanaman yang cepat panen. Namun, simak terlebih dahulu sarana yang harus disiapkan sebelum mulai menanamnya.

Sarana yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Budidaya Tanaman

Sebelum mengetahui jenis-jenis tanaman yang cepat menghasilkan keuntungan, alangkah baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu sarana yang harus diperhatikan sebelum menanamnya. Adapun sarana tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Perhatikan kualitas bibit dan benih tanaman supaya Anda cepat panen.
  2. Pilihlah media tanam yang sesuai, seperti: menggunakan media tanam organik atau anorganik.
  3. Gunakan pupuk organik yang bebas dari zat kimia. 
  4. Manfaatkan pestisida untuk mengontrol serangan organisme pengganggu.
  5. Siapkan peralatan budidaya tanaman yang sesuai, seperti: alat penyiram, sekop, garpu dan cangkul.

7 Tanaman yang Cepat Menghasilkan Keuntungan

Tidak dapat dipungkiri, permintaan akan tanaman selalu meningkat setiap harinya. Salah satunya adalah permintaan tanaman jenis sayuran. Tidak heran jika membudidayakan tanaman sayuran dinilai cepat menghasilkan keuntungan.

Bagi Anda yang ingin mencoba peruntungan di bidang budidaya tanaman, berikut adalah 7 tanaman yang cepat menghasilkan keuntungan.

1. Timun

Timun merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak diminati. Itu karena timun bisa langsung dikonsumsi tanpa diolah terlebih dahulu. Selain itu, timun juga dapat dijadikan sebagai pelengkap makanan, seperti: dijadikan lalapan, sayuran untuk gado-gado, batagor, rujak dan jenis makanan lainnya.

Berdasarkan hal tersebut, tidak heran jika permintaan akan timun terus meningkat. Oleh karena itu, tanaman yang satu ini dinilai cepat menguntungkan. Perlu diketahui, mulai dari menanam timun sampai dengan masa panen hanya membutuhkan waktu beberapa minggu. Cukup menguntungkan bukan?

2. Tanaman Caisim

Tentunya, Anda mengenal tanaman yang satu ini, yaitu caisim. Tanaman yang satu ini populer dengan nama sawi. Baik sawi hijau atau putih cukup diminati oleh banyak orang. Tentu saja, semakin banyak peminatnya, maka permintaan akan caisim semakin meningkat.

Kabarnya, budidaya caisim dinilai anti ribet. Itu karena tanaman yang satu ini mudah ditanam dan cepat panen. Selain itu, perawatan tanaman caisim juga mudah dan tidak terlalu ribet.

3. Tomat

Sayuran yang satu ini memang memiliki peran yang sangat penting, yaitu tomat. Tidak heran jika permintaan tomat di pasaran selalu tinggi. Itu karena tomat memiliki ciri khas tersendiri jika diolah menjadi masakan. Jadi, melakukan budidaya tomat dinilai tidak ada ruginya.

Perlu diketahui, selain mudah ditanam, tomat juga cepat panen. Hal utama yang perlu diperhatikan dalam budidaya tomat adalah soal intensitas air. Selain itu, pastikan tanaman tomat yang Anda budidayakan terhindar dari hama penyakit. 

4. Pare

Sering dijadikan pelengkap untuk batagor, pare merupakan salah satu jenis tanaman dengan tingkat permintaan yang tinggi. Meski rasanya pahit, pare banyak diminati oleh banyak orang. Itu karena kandungan nutrisi yang ada pada pare cukup tinggi.

Budidaya tanaman pare tidaklah susah, karena tanaman pare dapat cepat tumbuh diberbagai jenis tanah. Ditambah lagi, perawatan pare cukup mudah, Anda cukup rutin menyiraminya. Jadi, Anda tidak akan rugi ketika menanam pare. 

5. Jagung Manis

Satu lagi tanaman yang dinilai menguntungkan untuk dibudidayakan, yaitu jagung manis. Kabarnya, jika Anda dapat merawat tanaman yang satu ini, maka Anda dapat cepat memanen jagung manis. Ditambah lagi harga jual jagung manis cukup tinggi.

Pastinya, budidaya jagung manis cepat menghasilkan keuntungan. Menurut survei, permintaan jagung manis per harinya bisa mencapai puluhan ribu. Apalagi saat ini, banyak sekali olahan makanan yang terbuat dari bahan dasar jagung manis. Dijamin, menanam jagung manis tidak rugi.

6. Pisang

Selain sayuran, tanaman yang dinilai menguntungkan dan cepat panen adalah buah pisang. Bukan rahasia lagi, menanam buah pisang cukup mudah. Bahkan Anda juga bisa menanam dan membudidayakan pisang di halaman rumah Anda.

Asalkan Anda bisa memilih bibit pisang yang tepat, dijamin bisa cepat panen. Perlu diketahui, harga jual buah pisang cukup tinggi apalagi yang Anda tanam adalah pisang bibit unggul. 

7. Tanaman Herbal

Satu lagi tanaman yang cepat mendatangkan keuntungan, yaitu tanaman herbal. Bukan rahasia lagi, tanaman herbal banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Itu karena tanaman yang satu ini memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia.

Selain dapat dijadikan sebagai obat-obatan, tanaman herbal juga dapat dijadikan bumbu dapur. Melihat manfaat tanaman herbal yang begitu banyak, harga jual tanaman herbal pun tinggi. Apalagi budidaya tanaman herbal tidaklah sulit, asalkan Anda bisa merawatnya dengan baik.

Tentunya, dengan memanfaatkan lahan di dekat rumah, Anda dapat menanam 7 jenis tanaman tersebut. Pastinya, jika Anda menanam tanaman tersebut dengan baik, maka Anda akan cepat mendapatkan keuntungan. Pilihlah salah satu tanaman yang menurut Anda mudah dibudidayakan.

Related Posts