Home Investasi 7 Persiapan Sebelum Memutuskan untuk Buka Usaha Kos-Kosan

7 Persiapan Sebelum Memutuskan untuk Buka Usaha Kos-Kosan

by Lara Nifa

Membuka usaha kos-kosan bisa dikatakan adalah aset dan investasi properti yang cocok. Khususnya bagi kamu yang tinggal di area yang dekat dengan kampus dan gedung-gedung perkantoran. 

Investasi properti semacam ini akan memberikan keuntungan terbaik yang cukup menjanjikan. Jika dilihat berdasarkan praktiknya, dalam jenis usaha properti seperti kos-kosan, maka cukup mudah dijalankan.

Tidak hanya itu saja, membuka usaha kos-kosan tentu saja harus kamu siapkan dan pertimbangkan secara matang sebelum memutuskan untuk membukanya. Maka dari itu, meskipun akan terlihat mudah, kamu juga tidak boleh menganggapnya sebagai suatu yang remeh.

Bisa saja akan mengalami kerugian bagi para pemula yang masih mengalami kesulitan dalam mengatur keuangan dari keuntungan yang dihasilkan dari usaha kos-kosan tersebut. Memang jika dilihat dari yang terjadi di lapangan, selama ini jenis usaha properti seperti kos-kosan, sudah memberikan hasil yang nyata. Tidak sedikit yang berminat untuk memiliki usaha serupa.

Langkah Persiapan Sebelum Membuka Usaha Kos-Kosan

Berbagai macam jenis usaha tentu saja tidak akan lepas tangan dari yang namanya persiapan. Maka, jika kamu masih sangat pemula dan belum tahu apa saja yang harus dipersiapkan sebelum membuka usaha kos-kosan. Berikut ini adalah 7 langkah yang harus kamu siapkan sebelum yakin membuka usaha kos-kosan. Simak yuk!

Mengenali Properti Pribadi

Langkah pertama, kamu harus mengenali properti yang kamu punya, khususnya properti pribadi. Sebagai contoh ada rumah dan tanah yang harus kamu kenali dan ketahui dengan jelas. Sebab, jika kamu mengenalnya dengan baik, kamu akan tahu apakah rumah dan tanah pribadi yang kamu punya itu tepat untuk dijadikan kos-kosan atau tidak.

Cara mengetahuinya adalah dengan cara mengetahui luas keseluruhan rumah kemudian kamu bagi dengan luas ukuran kamar yang standar menurut kamu. Kamu juga wajib memahami berapa ukuran standar bagi satu kamar yang akan kamu jadikan kos-kosan. 

Memilih Bangunan yang Cocok untuk Kos-Kosan

Apabila kamu sedang dalam keadaan tidak mempunyai properti pribadi, kamu bisa membeli suatu bangunan yang sudah jadi. Akan lebih mudah jika kamu mendapatkan informasi tersebut dengan mudah melalui koneksi teman dan internet.

Jika kamu sedang memilih bangunan yang masih baru, kamu harus memastikan segala dokumen dan sertifikat resmi. Dengan begitu, kamu tidak akan menghadapi masalh terkait di masa depan.

Memilih Lokasi Yang Tepat dan Lingkungan yang Ramai

Lokasi yang ramai bisa dikatakan sebagai lokasi yang sangat strategis untuk menjangkau calon penyewa kamar kos-kosan. Lokasi yang ramai dan strategis dengan lingkungan yang ramai membuat kamu mudah dalam menentukan harga sewa kos-kosan setiap bulan atau tahun.

Jika lokasi kos-kosannya dekat dengan area fasilitas publik dan berbagai macam sarana yang lainnya tentu saja akan memudahkan calon penyewa. Sebagai contoh, dekat dengan area sekolah, kampus, kantor dan transportasi umum.

Mempunyai konsep Bangunan Kos-Kosan yang Unik

Konsep bangunan kos-kosan yang kamu punya akan mempengaruhi minat calon penyewa. Apalagi jika konsep yang kamu bangun cukup unik. Kini cukup banyak kos-kosan yang berani memberikan konsep bangunan yang unik serta kekinian demi menarik minat calon penyewa.

Fasilitas Kos-Kosan yang Lengkap

Langkah selanjutnya adalah dengan menyediakan fasilitas dalam kos-kosan yang lengkap. Dengan fasilitas yang lengkap maka, akan menarik minat bagi sebagian orang untuk menyewa kos-kosan kamu.

Jika sudah memiliki lokasi yang ramai dan strategis, ditambah dengan fasilitas dalam kos-kosan yang lengkap maka, sudah jelas akan lebih banyak yang berminat menyewa kamar kos-kosan yang kamu punya. Para penghuni atau penyewa akan merasa lebih betah.

Kamu bisa menyediakan beberapa fasilitas keamanan seperti CCTV, AC, Wifi, kamar mandi, dapur, parkiran yang luas, ruang tamu dan masih banyak yang lainnya.

Memiliki Cara Kebersihan Area Kos-Kosan yang Berkala

Lingkungan tempat tinggal yang bersih tentu saja akan menjadi pilihan terbaik. Karena, semua akan merasa lebih nyaman dan sejahtera. Lingkungan yang kotor akan menciptakan suasana negatif bagi siapapun yang datang atau menempatinya.

Maka, kamu harus memiliki sistem kebersihan yang berkala. Kamu bisa menyewa jasa bersih-bersih area kos-kosan. Bisa juga memiliki penjaga kos-kosan agar rutin membersihkan kos.

Memiliki Harga Sewa Kos-Kosan yang Bersaing

Kamu juga harus mempunyai harga sewa kamar kos yang bersaing. Awal mula, kamu bisa melakukan beberapa riset terlebih dahulu mengenai harga sewa kos-kosan. Sebagai contohnya berapa harga sewa dengan fasilitas lengkap pada kompetitor.

Dalam hal menentukan harga sewa kamar kos-kosan, kamu tidak boleh memberi harga sewa secara sembarangan. Sebelum menentukannya, kamu harus melakukan berbagai riset harga, kualitas dan kuantitas yang dimiliki kompetitor.

Apabila fasilitas dan konsep bangunan yang kamu punya lebih unggul dari para kompetitor, kamu bisa memberikan patokan harga sewa kamar yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan kompetitor.

Related Posts