Home Bisnis dan Usaha 7 Peluang Kerja Sampingan di Rumah yang Menguntungkan

7 Peluang Kerja Sampingan di Rumah yang Menguntungkan

by Greg Pascal
kerja sampingan di rumah

Untuk mengisi waktu luang terutama bagi ibu rumah tangga yang ingin memiliki pendapatan tambahan, yakni bisa dengan mencoba kerja sampingan di rumah tanpa modal maupun modal kecil. Lalu, usaha apa yang cocok bagi ibu rumah tangga?

Usaha sampingan yang cocok untuk ibu rumah tangga tidak membutuhkan modal besar dan tidak memiliki resiko tinggi, usaha tersebut bisa dilakukan di sela-sela waktu santai atau setelah selesai mengerjakan pekerjaan rumah.

Kerja sampingan yang dilakukan di rumah bisa memberikan peluang usaha yang cukup menjanjikan. Meskipun awalnya hanya untuk menambah penghasilan, justru usaha sampingan malah bisa mendatangkan keuntungan yang besar.

Nah, bagi ibu rumah tangga yang sedang mencari ide usaha sampingan di rumah, terdapat beberapa rekomendasi yang bisa meningkatkan penghasilan anda. Yuk, simak artikel ini sampai akhir!

Ide Usaha Sampingan

Ibu rumah tangga sebenarnya punya pekerjaan yang luar biasa di rumah, seperti salah satunya mengurus rumah beserta isi dan keluarganya. Namun, apabila ingin punya penghasilan tambahan, berikut peluang usaha sampingan yang bisa dicoba di rumah.

1. Jasa Katering

Memiliki keahlian memasak dan mampu menciptakan ide baru dalam mengolah makanan, maka bisa membuka jasa katering yang bisa ditawarkan melalui layanan online maupun offline.

Untuk pemasaran bisa memanfaatkan media sosial dengan gabung grup tertentu, biasanya katering banyak dipesan untuk acara pernikahan atau acara keluarga besar. Ide ini bisa coba di rumah, dan jangan berhenti bereksperimen dalam mengolah makanan.

2. Toko Kelontong

Ide usaha sampingan yang tidak memerlukan sewa tempat yaitu membuka toko kelontong di rumah, seperti menyediakan kebutuhan masyarakat hingga keperluan sehari-hari mereka.

Buka usaha jenis ini memang membutuhkan modal, tetapi tidak ada salahnya mencobanya di rumah sebagai usaha sampingan yang bisa menghasilkan pemasukan tambahan. Apabila ditekuni mungkin bisa saja suatu saat bisa menjadi toko agen yang besar.

3. Warung Sarapan

Anda bisa membuka usaha berupa warung yang menyediakan sarapan di pagi hari bisa berupa nasi uduk, nasi kuning, lontong sayur dan gorengan. Bahkan jika punya modal lebih, bisa buka setiap pagi dan sore harinya.

Peluang usaha ini cukup menjanjikan, karena memang diburu oleh masyarakat yang tidak sempat memasak saat pagi hari, bahkan di kota-kota besar buka pada sore hari pun banyak peminatnya untuk bekal di rumah saat mereka pulang kerja.

kerja sampingan di rumah

Baca Artikel Selanjutnya :

4. Jajanan Anak-Anak

Mendirikan usaha kecil-kecilan di rumah dengan menyediakan jajanan anak-anak, misalnya seperti otak-otak, telur gulung, sosis goreng, minuman segar dan lain sebagainya.

Usaha ini tidak membutuhkan modal besar, namun keuntungannya cukup lumayan sebagai penghasilan tambahan. Selain jajanan, bisa lengkapi dengan menyediakan mainan anak atau yang berhubungan dengan anak-anak. 

5. Jasa Laundry

Membuka usaha laundry di rumah menjadi ide kerja sampingan yang perlu dilirik bagi ibu rumah tangga, terutama yang tinggal di kota maupun perumahan. Banyak masyarakat yang sibuk dengan pekerjaannya, sehingga tidak memiliki waktu untuk mencuci.

Maka jasa laundry akan mereka andalkan untuk mengurus cucian pakaian kotornya, usaha ini memiliki prospek yang cukup cerah, karena tidak akan ada matinya, hanya saja butuh ketelitian dan kebersihan yang terjamin sebagai salah satu dari pelayanan terbaik.

6. Kerajinan Tangan

Membuat kerajinan tangan di rumah bisa menghasilkan pundi-pundi uang loh, misalnya membuat kerajinan rak penyimpanan dari anyaman bambu atau dari bahan yang bisa di daur ulang.

Menciptakan ide kreatif bisa membuka peluang usaha di rumah bisa mendatangkan keuntungan yang besar, asalkan bentuk kerajinan tangan yang ditawarkan punya daya saing danh kualitas terbaik.

7. Pulsa dan Token Listrik

Apabila di sekitar rumah anda jauh dari konter pulsa atau agen pembayaran listrik, maka tidak ada salahnya membuka usaha jenis ini. Karena pulsa, kuota dan token listrik sudah menjadi kebutuhan yang wajib ada bagi masyarakat.

Meskipun untungnya tidak seberapa, namun memiliki pelanggan yang banyak maka keuntungannya bisa menjadi pemasukan tambahan yang bisa ditabung atau untuk keperluan lainnya. Asalkan pemasukan bisa tetap stabil sehingga bisa membantu keuangan keluarga.

Tips Usaha Sampingan Sukses

Apabila anda ingin membuka usaha sampingan, hal yang harus dilakukan jangan malas dan terus berusaha menciptakan ide atau inovasi baru, kemudian usahakan jangan boros dalam pengeluaran, sehingga tidak besar pasak daripada tiang.

Pentingnya membaca peluang usaha rumahan bisa menjadi salah satu faktor berkembangnya usaha tersebut, pastikan usaha apa yang cocok didirikan di sekitar rumah anda, agar usaha tersebut mampu mendatangkan penghasilan yang stabil maupun keuntungan besar.

Demikian tips dan ide kerja sampingan di rumah yang bisa memberikan keuntungan sebagai tambahan penghasilan bagi ibu rumah tangga, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mencari ide usaha di rumah untuk mengisi kekosongan.

Related Posts