Home Bisnis dan Usaha 7 Inspirasi Usaha Kuliner dari Kulit Dadar

7 Inspirasi Usaha Kuliner dari Kulit Dadar

by Lara Nifa

Siapa yang tidak kenal dengan kulit dadar? Makanan populer yang terbuat dari campuran telur, terigu, air, susu, dan margarin ini memiliki tekstur lembut. Adonan yang dibuat tipis-tipis ini biasa dibuat untuk membungkus bahan isian yang bergam. Makanan ini bisa disajikan dengan cita rasa manis dan gurih/asin. Beragam isian menarik saat ini banyak dikembangkan oleh para pengusaha kuliner. Hal ini tentunya bisa menjadi ide dan peluang bisnis bagi kamu.

Inspirasi Usaha Kulit Dadar

Olahan kulit dadar ini terbilang sudah tidak asing lagi. Jika kamu hendak menjajal peruntungan usaha kulit dadar ini tentu sangat berpeluang, karena masyarakat yang menjadi target pasar pun telah puplar dengan cita rasa yang dimilikinya. Namun, tantangan bagi kamu yaitu harus bisa menghadirkan tampilan yang berbeda dari olahan kulit dadar ini.

Untuk menghindari olahan kuliner kulit dadar yang monoton, kamu perlu mencari banyak inspirasi makanan olahan dari kulit dadar ini. Simak 7 inspirasi usaha kuliner berbahan dasar kulit dadar di bawah ini.

  • Dadar Gulung

Dadar gulung merupakan salah satu jenis jajanan pasar yang kerap dijumpai. Pada umumnya dadar gulung dibalut dengan kulit dadar berwarna hijau dengan bahan dasar daun pandan sebagai pewarna sekaligus pewangi alami untuk makanan serta isian parut kelapa yang telah dimasak bersama dengan gula merah.

Kamu bisa mempertahankan sajian ini agar tetap otentik, namun kamu pun dapat mengubahnya sesuai dengan kreasimu sendiri. Dengan mengkreasikan isian seperti selai coklat, strawberry, blueberry, saus keju, dan lain sebagainya serta Bisa juga kamu bermain dengan warna dan motif. Kamu dapat dikreasikan dengan warna Pelangi dan motif seperti polkadot.

  • Banana Roll

Hampir sama dengan konsep jajanan dadar gulung. Banana Roll ini olahan dari kulit dadar dengan isian pisang. Cita rasa yang dihadirkan dalam sajian ini mayoritas manis. Pisang yang dijadikan sebagai bahan isian dari Banana Roll ini biasanya telah melalui proses di kukus, yang nantinya dapat kamu mix dengan berbagai saus seperti coklat, tiramisu, keju, green tea, taro, strawberry, dan lain sebagainya.

Jenis usaha olahan kulit dadar Banana Roll ini belum banyak digeluti oleh para pengusaha kuliner, dan juga belum banyak pasar yang tahu loh! Hal tentu menjadi peluang kamu untuk menghadirkan olahan kulit dadar yang baru.

  • Pancake Durian

Pancake durian ini merupakan salah satu olahan kulit dadar loh! Kulit yang melapisi daging durian yang lembut itu turut dibuat dengan lembaran kulit dadar yang lembut pula. Hidangan ini cocok disajikan dalam kondisi dingin. Kamu bisa pilih cara menyajikan isian durian nya, bisa gunakan daging durian utuh dan bisa juga, kamu campur atau tambahkan krim kocok.

Untuk menambah kesan menarik kamu bisa dikreasikan melalui kulit dadar dengan beragam warna, dan motif. Sebagai inspirasi lain untuk isian pancake ini, kamu juga bisa kreasikan dengan varian buah lainnya. Contohnya, alpukat, strawberry dan mangga.

  • Risol

Risol merupakan salah satu jajanan yang cukup populer, cita rasa yang dihadirkan biasanya adalah asin dan gurih. Dahulu, risol ini hanya menghadirkan isian yang monoton berupa potongan sayuran seperti kentang, wortel, dan buncis. Namun, sekarang risol memiliki isian yang beragam. Contohnya, seperti keju, mozarella, daging asap, sosis, telur, dengan campuran saus seperti, sambal dan mayonaise.

Diluar kulit dadar pada risol ini biasanya dilapisi lagi dengan tepung roti atau panir. Tips menyajikan hidangan ini dengan cantik adalah pada proses menggoreng, goreng hingga kuning kecoklatan dengan api kecil, karena sifat tepung panir/roti ini mudah sekali gosong.

  • Mille Crepes

Mille crepes ini merupakan sajian kulit dadar yang ditumpuk dari belasan hingga puluhan layer atau lapisan. Setiap lapisan akan diselingi oleh olesan krim kocok. Setelah sampai di lapisan teratas, biasanya akan ditaburi tambahan topping seperti coklat bubuk, selai buah-buahan dan potongannya. Untuk membuat hidangan ini, diperlukan kehati-hatian untuk menghadirkan hasil yang cantik dan sesuai.

  • Sosis Solo

Sosis Solo merupakan makanan tradisional nusantara yang berasal dari Kota Solo, Jawa Tengah. Olahan kulit dadar ini umumnya tidak menggunakan bahan tepung melainkan dari telur yang didadar dan dibuat tipis menggunakan Teflon. Rasa dari makanan ini adalah asin gurih, dengan isian abon atau suwiran ayam.

  • Kaddo Boddong

Makanan Kaddo Boddong merupakan hidangan tradisional nusantara yang berasal dari Bugis. serupa dengan dadar gulung pada umumnya. Bedanya bahan kulit dadar yang digunakan bukan terbuat dari terigu tetapi tepung beras dan air. Untuk isian versi otentik khas bugis, menggunakan parutan kelapa.

Kreasikan lah sesuka hati kamu, tuangkan ide-ide kreatif untuk mengolah kulit dadar ini sebagai peluang usaha!

Related Posts