Home Tips 7 Bentuk Dukungan untuk Teman Yang Baru Memulai Usaha

7 Bentuk Dukungan untuk Teman Yang Baru Memulai Usaha

by Lara Nifa

Sikap saling mendukung antar teman adalah satu hal yang penting. Dukungan yang diberikan kepada seseorang sangat bermanfaat untuk proses pengembangan dirinya. Dukungan juga sangat penting untuk membantu mempermudah dan meringankan beban seseorang ketika dalam menghadapi kondisi yang cukup krisis khususnya pada aspek psikologis. Bentuk dukungan saat ini umum dikenal dengan istilah support system

Dunia bisnis yang dinamis, random, dan/atau penuh dengan ketidak pastian tentunya sangat menguras emosi. Sebelum menghadapinya tentu, seseorang perlu mempersiapkan segala sesuatu hal yang sangat matang untuk menghindari dan meminimalisir risiko yang akan terjadi. Untuk mengawali sesuatu contohnya bisnis, support atau dukungan tentunya sangat diperlukan. Selain dari keluarga, pasangan, kerabat, teman pun juga memiliki peran penting dalam memberikan dukungan kepada sesama temannya yang baru memulai usaha atau bisnisnya. 

Sebagai teman yang baik dan peduli, sedikitnya dukungan yang diberikan kamu sangat berarti bagi temanmu agar ia lebih semangat dan optimis memulai bisnis yang akan dirintisnya. Temukan caranya dalam ulasan di bawah ini! 

  • Bantuan Promosi

Jaringan relasi atau networking sangat penting dalam sebuah bisnis, terlebih bagi orang yang baru memulai usahanya. Teman dapat dijadikan sebagai relasi terdekat yang dapat dimanfaatkan. Contohnya, sebagai teman kamu bisa membantunya dalam proses promosi produk. Promosi yang menarik dan gencar dapat kamu tawarkan. Semakin banyak teman yang berkontribusi dalam membantu proses promosi tentunya akan lebih baik. Contoh cara yang dapat kamu lakukan yaitu dengan membantu review, promosi mulut ke mulut, promosi melalui sosial media, dan lain sebagainya. 

Dengan begitu,kamu telah meringankan beban temanmu dari sisi biaya untuk keperluan promosi seperti memasang iklan, membuat konten promosi, dan memilih media promosi. 

  • Bantuan Peralatan 

Salah satu bentuk bantuan yang dapat kamu tawarkan kepada temanmu juga yaitu meminjamkan peralatan yang kamu punya yang sesuai dengan konteks bisnis yang sedang atau akan dijalani. Contohnya perkakas, alat masak, referensi aplikasi yang dapat dijadikan sebagai alat untuk mempermudah usaha, dan lain sebagainya. Atas bentuk bantuan tersebut peralatan dan ilmu yang kamu miliki dapat lebih bermanfaat jika dibagikan kepada orang yang sedang membutuhkan. Dengan begitu, usaha teman kamu dapat segera direalisasikan dan membantu mengurangi kendala-kendala yang ada.  

  • Bantu Tempat Dengan Biaya Sewa Harga Teman 

Tempat biasanya sering menjadi kendala yang cukup berarti bagi perintis usaha. Sebagai teman, yang mungkin kamu memiliki tempat yang dapat kamu sewakan kamu dapat menawarkannya dengan biaya sewa dibawah harga normal atau yang biasa dikenal dengan istilah “Harga Terman”. Di Awal merintis bisnis hal ini menjadi bantuan yang sangat berarti dan lumrah terjadi karena ada rasa pengertian kepada sesama teman. Jika melihat dari sisi keuntungan material memang tidak cukup menguntungkan, namun hal ini cukup menguntungkan bagi hubungan pertemanan kalian dan kelak jika, bisnis temanmu sudah dalam posisi ideal, kamu bisa mengkomunikasikannya secara lebih serius untuk saling menawarkan harga yang cocok pada umumnya. Tentunya, hal ini sama-sama memberikan peluang bisnis bagi keduanya. 

  • Bantu Motivasi dan Semangat 

Sebelum mengawali sebuah bisnis tentunya motivasi dan semangat sangat diperlukan, apalagi saat motivasi dan tingkat semangat temanmu sedang menurun. Motivasi dan semangat ini sangat bermanfaat bagi kondisi mental atau psikologi teman kamu loh! Kadang kala tidak apa kamu tidak bisa memberikan bantuan berupa material, namun dengan semangat saja tentu baginya adalah hal sangat berarti. Dengan semangat yang kamu berikan akan menjadikannya dorongan untuk ia senantiasa konsisten dan bertahan dalam menjalankan usahanya. 

  • Bantu Doa 

Bantuan berupa doa tidak boleh diremehkan, spirit yang kamu berikan lewat doa-doa yang dipanjatkan sangat berarti supaya usaha atau bisnis teman kamu kian berkembang, diberi kelancaran, kesehatan bagi pengelolanya, dan selalu dipertemukan dengan orang-orang baik, serta harapan-harapan positif lainnya. Berdoa lah dengan ikhlas dan tulus supaya kebaikan pun turut menyertai kamu bagi sang pengirim doa. 

  • Jadilah Pelanggan Pertama 

Bentuk totalitas yang diberikan kepada temanmu yang baru memulai bisnisnya, wajib bagimu menjadi pelanggan pertamanya. Hal ini dapat menjadi modal mu juga sebagai teman untuk dapat membantu mempromosikan usaha temanmu lewat review yang kamu berikan terhadap produk usahanya kepada masyarakat luas. Sering-sering lah kamu membelinya! Hindari permintaan diskon atau potongan harga dan jenis promo apapun karena ini adalah awal bagi teman mu merintis bisnisnya. Jika kamu malah meminta promo diskon kepada teman kamu itu, tentunya dapat mengganggu perolehan pendapatan pertamanya juga. Dengan menjadi pelanggan pertama dan setia bisnis kawan kamu ini, bisa kamu jadikan sebagai ajang pembuktian bahwa kalian sangat setiakawan.  

  • Bantu Berikan Masukan 

Kritik, saran, dan masukan perlu kamu berikan kepada temanmu yang baru merintis usaha atau bisnisnya ini. Dengan catatan, sampaikan dengan Bahasa yang baik dan dalam situasi yang tepat. Hindari penggunaan Bahasa yang terkesan menyalahkan, kritik yang sarkas apalagi dalam kondisi yang tidak tepat seperti dalam situasi marah, sedih, atau down karena hal tersebut dapat memicu kesalah pahaman. Bukan solusi yang di dapat malah menimbulkan konflik baru. Berikanlah kritik, saran, dan masukan yang baik dan membangun supaya usaha yang dirintisnya lebih berkembang. 

Berusahalah semaksimal mungkin untuk menjadi support system temanmu yang akan merintis usahanya! Hal tersebut kamu lakukan sebagai bentuk dukungan dan wujud kesetiakawanan kamu terhadap teman mu itu, dengan harapan jalinan pertemanan yang dibangun akan abadi dan saling memberikan manfaat. Jadilah kawan yang baik! 

Related Posts