Home Investasi 7 Alasan Usaha Kos-kosan Bisa Jadi Investasi Yang Menjanjikan

7 Alasan Usaha Kos-kosan Bisa Jadi Investasi Yang Menjanjikan

by Lara Nifa

Terjun ke dunis kos-kosan memang belakangan ini sangat diminati oleh orang-orang yang pandai melihat peluang. Sebab, setiap tahunnya Indonesia memang jumlah penduduknya semakin bertambah, sehingga mereka yang tinggal di daerah banyak yang memutuskan untuk bermigrasi guna memperoleh kehidupan lebih baik.

Tentunya untuk memiliki sebuah kos-kosan, kamu butuh properti seperti bangunan ataupun lahan yang cukup besar. Karena semakin banyak kamar yang bisa disewakan tentu keuntungan yang diperoleh juga akan semakin tinggi. Tetapi, kebutuhan kamar kos tidak hanya ruangan saja, sebab para penyewa belakangan ini suka dengan kelengkapan yang disediakan.

Misalnya harga Rp 3 juta, sudah include AC, televisi, kamar mandi dalam, meja belajar, lemari, kasur, wifi serta termasuk listrik dan air. Walau memang untuk harga bisa disesuaikan dengan lokasi atau daerah masing-masing.

Alasan kos dapat menjadi investasi menjanjikan

Jika melihat besaran keuntungan yang bisa didapatkan oleh pemilik kos, tentunya ini dapat menjadi investasi tersendiri untuk kamu. Apalagi penghasilan yang diperoleh termasuk dalam jangka panjang, berikut ini beberapa alasan mengapa indekos bisa menjadi sebuah investasi yang menjanjikan di masa depan.

  • Kebutuhan akan kos-kosan lebih tinggi

Belakangan kebutuhan akan kos-kosan memang meningkat ini dikarenakan banyak orang yang lebih memilih untuk kos dibandingkan mengontrak rumah. Apalagi bila mereka hanya seorang diri hijrah dari kotanya ke kota tempat mereka akan kuliah atau bekerja.

Kamar kos dianggap lebih simple dan lebih mudah perawatannya dibanding jika menyewa satu buah rumah yang pastinya kebutuhannya akan jauh lebih banyak dibandingkan tinggal di kos-kosan.

  • Bisnis kos-kosan akan memberikan penghasilan rutin bulanan

Banyak orang yang memilih untuk terjun ke usaha kos-kosan karena memang bisnis ini dapat memberikan penghasilan rutin bulanan dan sifatnya jangka panjang. Karena memang kamu akan menerima pembayaran dari para penyewa setiap bulannya. Namun, saat awal membuka pos kamu juga harus tahu siapa target mu misalkan apakah kuliah pekerja kantoran atas kerja pabrik.

  • Mengelola kos lebih mudah

Banyak orang berpikir jika memiliki usaha indekos itu repot, padahal ketika bisnis ini sudah berjalan dan stabil. Pengelolaannya jauh lebih mudah, sebab hal-hal yang merepotkan tadi hanya akan kamu rasakan di awal saja.Misalnya seperti menyiapkan perabotan kebutuhan elektronik wifi mencari asisten atau pekerja untuk membantu bersih-bersih security promosi.

Tetapi ketika semua itu sudah ada sudah berjalan dengan baik sebagai seorang pemilik yang akan kamu lakukan hanyalah sebatas memeriksa keadaan kos-kosan, menerima uang bayaran, membayarkan tagihan, serta gaji pegawai di sana.

  • Peluang mendapatkan penghasilan pasif

Memiliki kosan juga bisa dijadikan sebagai alternatif memperoleh penghasilan pasif, jadi ketika kamu mempunyai satu rumah dengan beberapa kamar tidak ada salahnya jika disewakan. Apalagi jika di dalam rumah tersebut kamu hanya tinggal sendirian saja. 

Keuntungannya adalah kamu memiliki teman dan tidak sendirian, kemudian memperoleh uang bulanan selain gaji dari kamu bekerja. Kamu bisa melengkapi fasilitasnya secara bertahap, supaya penyewa bisa betah tinggal di rumah tersebut.

  • Memiliki kos-kosan lebih menguntungkan dibanding rumah kontrakan

Banyak orang yang berpikir ketika punya rumah dan tidak tempati lebih baik disewakan saja namun tahukah kamu bila menyewakan satu rumah itu tidak sebanding dengan ketika kamu menyewakan satu kamar untuk satu orang.

Contohnya seperti ini ketika kamu menyewakan rumahmu dengan harga sewa 2 juta rupiah 1 bulan, kemudian dibandingkan dengan kamu menyalakan satu buah kamar kepada satu orang dengan harga yang sama. 

Menurutmu ketika di dalam rumah itu ada 4 kamar lebih menguntungkan yang mana? Tentu menyewakan masing-masing kamar dengan harga 2 juta per bulan dibandingkan satu rumah dengan harga 2 juta untuk sebulan saja.

  • Kondisi bangunan yang terawat

Memastikan bila bangunan kosan yang kamu miliki selalu dalam keadaan terawat tentunya menjadi nilai plus tersendiri di mata orang yang ingin menyewa kamar kos-mu. Tidak masalah bila sejak awal kamu sudah menegaskan kepada para penyewa kamar kos untuk selalu menjaga kebersihan dari tempat yang mereka sewa.

Karena beberapa kejadian mengharuskan pemilik kos rutin melakukan renovasi karena si penyewa tidak merawat kamar kosnya dengan baik. Jangan sampai hal seperti ini terjadi pada indekos milikmu. 

  • Harga dari rumah kos akan lebih tinggi

Apabila suatu hari nanti kamu ingin menjual bangunan kos tersebut, dikarenakan sudah tidak bisa lagi mengelolanya, harga dari bangunan tersebut bisa lebih tinggi apalagi jika lokasinya memang strategis. 

Selain kedua hal tersebut pastikan juga bila kondisi dari kos-kosan yang kamu miliki itu terawat dan penghasilan yang diperoleh setiap bulannya stabil. Poin-poin tersebut telah yang biasanya dilihat oleh calon pembeli karena memang mereka selalu memperhitungkan hal tersebut.

Nah, itulah tadi beberapa alasan mengapa ketika kamu mempunyai bisnis kos-kosan dapat menjadi satu investasi yang menjanjikan. Karena memang banyak orang yang membutuhkan dan lagi ketika sudah tidak dipergunakan kamu bisa menjual bangunan kos tersebut kepada orang lain.

Related Posts