Home Bisnis dan Usaha 7 Alasan Tak Perlu Mengeluarkan Modal Besar untuk Usaha Pertama

7 Alasan Tak Perlu Mengeluarkan Modal Besar untuk Usaha Pertama

by Lara Nifa

Siapa sih yang tidak mau mempunyai usaha sendiri, karena bagaimanapun ketika memiliki bisnis pribadi tentu akan lebih menyenangkan dibanding bekerja di bawah suatu instansi. Mengapa? Karena kamu dapat menyesuaikan ritme kerja sesuai keinginan, bukan kamu menyesuaikan diri dengan ritme orang lain.

Namun, kebanyakan orang dan mungkin kamu termasuk salah satunya akan mengkhawatirkan masalah modal. Kamu pasti berpikir bila membuka usaha sendiri membutuhkan modal yang besar, padahal tidak semua bisnis memerlukan biaya yang besar diawal. 

Alasan tidak memerlukan banyak modal ketika memulai bisnis

Kebulatan tekad untuk memiliki usaha sendiri harus mendapatkan apresiasi, karena ketika berjalan dengan baik tentunya bisa menciptakan suatu lapangan pekerjaan baru bagi banyak orang. Tetapi kamu pasti tahu bila menjalankan usaha tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Hal paling pertama yang terlintas tentunya adalah modal, bila kamu mengikuti kata hati pastinya ingin membuka usaha yang besar tetapi sudah pasti modal yang diperlukan besar. Namun, ternyata para pakar bisnis memiliki saran lain bagi pemula, yaitu mulailah dengan modal yang kecil. Hal tersebut pastinya memiliki beberapa alasan seperti :

  • Modal besar tidak menjamin keuntungan besar

Banyak pengusaha yang baru merintis usahanya mendapatkan kegagalan padahal sudah mengeluarkan modal besar sehingga membuatnya merugi. Tentu kamu tidak ingin hal ini terjadi, karena itu jangan kamu gunakan seluruh modal yang dimiliki. 

Misalnya kamu memiliki modal 50 juta, maka gunakanlah separuhnya terlebih dahulu. Jangan terobsesi dengan hitungan kasar, sebab rencana tidak selalu seindah kenyataan. Jadi, apabila terjadi kegagalan, kamu masih mempunyai tabungan untuk menyambung hidup.

  • Potensi kegagalan cukup tinggi

Tentunya kamu setuju bila belajar memang butuh waktu. Kegagalan saat baru pertama kali menjalankan sebuah bisnis bisa dianggap sebagai hal wajar. Kamu juga bisa mencari tahu dimana kesalahan yang kamu lakukan sehingga usaha tersebut gagal berkembang.

Karenanya jangan gunakan seluruh uang yang dimiliki, agar bisa mengulang kembali usaha tersebut setelah kamu melakukan evaluasi. Atau memulai usaha yang baru dan terapkanlah cara yang sama, hindari menggunakan modal yang terlalu besar.

  • Perlu mengalokasikan dana untuk hal lain

Mempunyai bisnis memang dapat dianggap hal yang penting, sebab diharapkan bisa menjadi sumber penghasilan lain selain bekerja rutin. Tetapi jangan lupa, bila selain untuk menjalankan usaha, kamu juga membutuhkan biaya sehari-sehari. Jadi, jangan lupa membuat pembagian dengan perhitungan yang sesuai.

Misalnya kebutuhan harian, menabung, iuran/ tagihan, dana darurat dan lain sebagainya. Karena itulah, jangan mengeluarkan modal terlalu besar ketika membuka usaha untuk pertama kalinya. Jangan tergiur dengan apapun dan tetap berpikir secara realistis. Karena belum tentu usaha yang dibuka tersebut bisa memberikan penghasilan besar diawal.

  • Modal kecil, tetapi keuntungan besar

Jangan berpikiran modal kecil, keuntungan pun kecil. Ada begitu banyak bisnis yang awalnya hanya membutuhkan dana minim, namun hasilnya mencengangkan. Bahkan beberapa usaha tidak memerlukan modal berupa uang, contohnya bisnis pada bidang jasa, kebanyakan hanya butuh keahlian. Intinya kamu hanya perlu mendapatkan pasar yang tepat, sehingga usaha yang dibuat bisa berkembang dengan baik. 

  • Bisa membuka beberapa usaha lain sebagai cadangan

Jika kamu telah membuat keputusan untuk tidak lagi bekerja dibawah orang lain, kemudian memilih membuka usaha mandiri. Maka, kamu mempunyai dua pilihan, yakni fokus pada satu usaha saja atau membuka beberapa usaha sekaligus.

Jika, ingin membuka beberapa jenis sekaligus, maka kamu harus pintar dalam membagi modal. Tetap gunakan seminim mungkin agar kamu tetap mempunyai pegangan untuk hal-hal darurat yang bisa saja terjadi.

  1. Lebih mudah mengelola keuangan

Alasan selanjutnya ketika modal awal tidak terlalu besar adalah kamu bisa lebih mudah memantau arus kas keluar dan masuk. Karena, bila kamu belum memiliki pengalaman dan tiba-tiba mengurus bisnis skala besar, pastinya akan merasa keteteran. Karena itu, membuka usaha kecil terlebih dahulu tentu akan membantu kamu belajar mengelola keuangan.

  • Belajar disiplin waktu

Saat menggunakan modal kecil, tentu bisnis yang kamu jalankan juga kecil. Ini bisa kamu gunakan sebagai cara mendisiplinkan diri mengenai waktu, apabila pada skala bisnis kecil saja kamu tidak disiplin. Bagaimana bisa menjalankan usaha yang lebih besar, bisa-bisa usahamu hancur karena pemiliknya tidak pandai mengatur waktu.

Tidak perlu khawatir mengenai usaha yang akan kamu buka, baik menggunakan modal besar atau kecil. Pastinya tetap bisa memperoleh keuntungan maksimal asalkan kamu sebagai pemiliknya dapat menjalankan bisnis tersebut dengan baik. Walaupun memulai bisnis dengan modal minim memang memiliki keuntungan sendiri bagi pebisnis pemula.

Related Posts