Home Bisnis dan Usaha 6 Langkah Memulai Usaha Salon Kecantikan

6 Langkah Memulai Usaha Salon Kecantikan

by Lara Nifa

Menjadi cantik merupakan hal yang diinginkan bagi semua wanita. Sebab alasan inilah, tidak sedikit usaha salon kecantikan yang berangsur muncul. Di tanah air sendiri, bisnis salon kecantikan lokal atau kelas internasional telah menjamur di berbagai daerah.

Kamu bisa memulai usaha salon kecantikan agar dapat menambah pendapatan rumah tangga sebab memiliki prospek yang besar. Akan tetapi, memulai usaha harus dilakukan lewat perencanan yang sangat matang. Maka dari itu, kamu dapat simak langkah-langkah  memulai bisnis salon kecantikan berikut ini.

1.       Menentukan Layanan

Langkah pertama dalam memulai usaha salon kecantikan yakni menentukan jenis layanan apa saja yang nantinya diberikan. Kamu dapat menentukan menyediakan layanan atau fasilitas tertentu atau memberikan body treatment secara full.

Misalnya, salon kecantikan kamu berfokus dengan perawatan rambut, maka kamu dapat mulai mengikuti kelas penataan rambut, teknik memotong rambut sampai hair spa.

Bila kamu ingin mempekerjakan para karyawan, carilah para calon karyawan yang sudah memiliki keahlian di bidang itu.

2.       Membuat Rencana Bisnis

Hal ini tak boleh kamu lupakan ketika memulai usaha salon kecantikan. Kamu perlu merencanakan seluruh detail yang diperlukan ketika membangun salon.

Hal tersebut mencakup konsep salin, lokasi usaha, segmen pelanggan, perlengkapan yang diperlukan, rencana pemasok, pembiayaan, jalur promosi, sumber daya, dan lain sebagainya. Seluruh hal yang ada di atas nantinya tentu akan saling berkaitan. Kamu bisa memulai dari merencanakan konsep, menentukan target pasar, serta lokasi yang tepat untuk menjaring target.

3.       Modal bisnis

Di dalam perencanaan usaha salon kecantikan, modal merupakan hal yang utama. Adapun biaya yang harus diperhatikan yakni biaya penyewaan tempat, biaya peralatan dan pelatihan.

Apabila modal yang kamu miliki cukup besar, kamu dapat menyediakan berbagai layanan di usaha salon kecantikan tersebut. Akan tetapi, bila kamu memulai bisnis tersebut dengan modal pas-pasan, kamu dapat memulai dengan menyediakan fasilitas sesuai dengan kebutuhan saja.

Pada kasus tersebut, kamu perlu teliti serta membuat keuangan yang sesuai. Sebaiknya ketahui secara detail pemasukan dan pengeluarannya, agar semuanya tertata dan lebih mudah untuk memonitoring arus kas bisnis kamu.

Ketika akan memulai usaha salon kecantikan, kamu harus memastikan sudah melakukan riset terkait harga peralatan serta sewa tempat supaya tidak ada pemborosan alias modal yang disiapkan bisa digunakan secara efektif.

Kamu juga harus menentukan nilai jual yang nantinya diterapkan ke para pelanggan. Pastikan sudah mempertimbangkan kesiapan modal serta rancangan usaha yang sudah kamu lakukan dan biaya operasionalnya sehari-hari, seperti air, listrik dan lain sebagainya.

4.       Menentukan Lokasi Usaha yang Tepat

Lokasi bisnis menjadi salah satu faktor utama dalam perencanaan membuka usaha salon kecantikan. Sesuaikan lokasi oleh target pelanggan, misalnya bila target kamu merupakan mahasiswa, sebisa mungkin kamu harus mencari lokasi atau tempat yang dekat universitas atau kampus, dan memastikan lokasi yang kamu pilih memiliki visibilitas serta lalu lintas untuk pejalan kaki yang tinggi supaya banyak orang mengetahui keberadaan dari salon kamu.

Apabila kamu dulunya seorang mantan pekerja di sebuah salon kemudian ingin memulai usaha sendiri, pertimbangkan dahulu untuk menjalankan salon kecantikan kamu yang berdekatan dengan salon tempat kamu bekerja sebelumnya. Hal tersebut dapat menjadi daya tarik dari pelanggan lama kamu, apalagi salon kecantikan milik kamu memiliki layanan terbaik yang sekiranya tidak ada atau berbeda dari salon kecantikan pada umumnya.

5.       Perkuat Promosi

Sesudah lokasi serta perencanaan dilakukan, berikutnya kamu memperkenalkan usaha salon kecantikan ke orang-oran. Kamu dapat melakukan upaya promosi dari jauh-jauh hari sebelum usaha salon kecantikan mulai dibuka, hal ini untuk menarik banyak antusiasme masyarakat.

Promosi bisa dilakukan lewat penggunaan akun social media atau dari mulut ke mulut, melalui teman, keluarga, saudara, komunitas dan lain sebagainya.

Apabila kamu pernah bekerja di sebuah salon besar, kamu dapat memanfaatkan hal tersebut dengan menghubungi langsung pelanggan lama serta mengabarkan usaha baru kamu.

Kamu juga dapat memanfaatkan fitur ads atau iklan yang dikelola Facebook serta Instagram untuk melakukan promosi bisnis.

6.       Berkomitmen

Agar dapat mempertahankan usaha salon tersebut secara sukses, kamu harus dapat konsisten. Dimana kesuksesan itu memerlukan kesabaran dan kerja keras.

Konsisten dan keramahan dalam kualitas adalah cara dalam berkomitmen di suatu bisnis yang sedang kamu jalankan. Apabila salon yang kamu buka sepi, sebaiknya jangan putus asa dan tetap membukanya setiap hari. Konsistensi merupakan hal paling utama dalam menjalan sebuah bisnis.

Nah, itulah beberapa langkah yang dapat kamu terapkan ketika memiliki rencana memulai bisnis salon kecantikan. Tetaplah semangat, persiapkan mental,mencari informasi sebanyak-banyaknya, dan yang paling penting adalah konsisten, karena semua oang bisa memulai usaha tapi tidak semua orang bisa mempertahankannya.

Related Posts