Home Bisnis dan Usaha 5 Tips Penting Ini Bakal Berguna buat Mahasiswa yang Mau Sukses Berbisnis

5 Tips Penting Ini Bakal Berguna buat Mahasiswa yang Mau Sukses Berbisnis

by Lara Nifa

Apakah Kamu mahasiswa yang sedang merencanakan bisnis saat masih kuliah? Jika sudah menentukan bisnis apa yang akan Kamu lakukan selama masih belajar di bangku perkuliahan, maka Kamu juga harus memiliki perencanaan penting. 

 

Perencanaan yang penting tidak ada artinya jika hanya mengandalkan keinginan saja tanpa memikirkan segala keputusan dengan matang. Sebaiknya ikuti langkah-langkah yang akan diulas di bawah ini. Simak yuk!

 

Menulis Ide dalam Proposal

 

Isi proposal bisnis yang sempurna dapat menjadi awal mula keberuntungan bisnis yang akan Anda jalankan. Maka dari itu, menuliskan segala ide ke dalam proposal dengan sebaik dan harus masuk akal. 

 

Rencana serta ide kreatif yang sudah Kamu susun dan tulis di dalam proposal tentunya dapat menjadikan harapan dan potensi untuk bisnis yang akan dijalankan, juga bisa membantu Kamu dalam memiliki sponsor yang tentunya sesuai kebutuhan yang menunjang bisnismu dari berbagai pihak di luar sana.

 

Memiliki Mentor

 

Tingkat suksesnya sebuah perjalanan bisnis yang dijalankan oleh seorang mahasiswa selama kuliah, tidak terlepas dari seorang dukungan mentor. 

 

Jika Kamu orang yang tidak memiliki wawasan bisnis, Kamu harus memiliki seorang mentor berpengalaman yang bersedia memberikan bimbingan dan saran terbaik demi kelancaran rencana bisnis yang kamu jalankan. Ketambah lagi, jika kali ini merupakan bisnis yang pertama kali akan Kamu jalankan sendirian. 

 

Mengikuti Kelas Bisnis

 

Apakah program studi yang Kamu pilih tidak ada hubungannya sama sekali dengan dunia bisnis? Lebih baik Kamu ikuti segala seminar dan kelas bisnis, terutama jika di kampusmu terdapat kelas bisnisnya. 

 

Atau jika Kamu mengambil program studi tentang bisnis pun juga tidak akan menjadi masalah mengikuti kelas tambahan bisnis. Belajar dapat dilakukan kapanpun dan di mana pun serta dengan siapapun. Dengan ikut kelas bisnis, Kamu pun dapat ilmu tambahan, Kamu juga bisa mengikuti kelas bisnis baik secara langsung tatap muka maupun kelas bisnis secara online. 

 

Dengan ilmu dan wawasan yang luas tentang bisnis, Kamu tidak akan kesulitan dalam menghadapi masalah yang ada di dalam dunia bisnis, karena permasalahan yang ada harus segera Kamu hadapi. Karena jika seseorang akan memulai terjun ke dunia bisnis, maka Ia sebaiknya memiliki wawasan yang luas terlebih dahulu. Akan menunjang potensi kesuksesan bisnis. 

usaha sukses

Menghitung Modal di Awal

 

Kamu juga wajib menghitung seberapa banyak modal awal sebuah bisnis. Kemudian, pikirkan baik-baik apabila Kamu menggunakan dana dari tabungan sendiri dan bandingkan apabila Kamu mengeluarkan dana yang Kamu dapat dari orang lain. Lakukan perbandingan-perbandingan itu dengan cermat. 

 

Hal tersebut menunjukkan bahwa Kamu wajib menghitung segalanya dengan cermat dan akurat,  kamu juga harus memperhitungkan bagaimana potensi keuntungan serta bagaimana potensi kerugian yang kemungkinan sudah Kamu dapatkan dari dua hal di atas. 

 

Segala kebijakan yang berpotensi akan segera dibutuhkan, supaya modal yang sudah digunakan juga dapat berkembang semaksimal mungkin serta dapat memberikan keuntungan.

Memanfaatkan Media Sosial untuk Pemasaran Bisnis

Zaman sekarang siapa yang tidak memiliki akun media sosial. Manfaakanlah segala yang ada di media sosial demi mensukseskan bisnis Kamu. Media sosial dapat digunakan sebagai pemasaran bisnis yang akan Kamu jalankan. 

 

Selain itu, lakukan segala postingan yang menarik dan kreatif agar calon konsumen tertarik dan mau mengikuti akun media sosial bisnis Kamu. Manfaakanlah media sosial semaksimal mungkin tentunya dapat menambah potensi kesuksesan perjalanan awal bisnis Kamu sebagai mahasiswa yang sedang merintis usaha. 

 

Belajar dari Kegagalan

Terdapat 2 pilihan yang akan menentukan jalan sukses Anda, yakni memilih maju atau malah memilih diam saja. Jika Anda memang orang yang ingin maju, maka Anda harus bersiap diri agar mampu menghadapi yang namanya gagal dalam bisnis. Seperti yang Anda tahu, tidak semua hal di dunia ini akan berjalan sesuai dengan rencana dan keinginan Anda. Suatu kegagalan sudah seharusnya terjadi agar dapat memberi pelajaran berharga serta agar dapat menyiapkan Anda supaya menjadi seseorang yang sukses di masa depan. Karena, saat sedang gagal, jangan sampai Anda berputus asa atau melakukan tindakan yang ekstrim. Maka jangan pernah menyerah dan terus coba dan belajar dari segala pengalaman yang pernah terjadi. Pelajari kira-kira di titik mana kesalahan Anda, maka segera perbaikinya, misalnya bisnis kuliner masakan Anda dinilai kurang asin maka perbaiki resep masakannya. Orang yang berpikir maju akan berani mengambil risiko serta berani bertindak karena dirinya sudah menyiapkan mental baja jika suatu hari nanti gagal dalam usaha bisnisnya. Jadi, apakah Anda sudah menyiapkan batin jika suatu hari mendapati kegagalan, namun apabila Anda hanya berdiam diri, maka Anda tidak akan merasakan nikmatnya kesuksesan.

 

Related Posts