Home Perencanaan 5 Produk Asuransi Mobil Terbaik, Pilih Sesuai Kebutuhan

5 Produk Asuransi Mobil Terbaik, Pilih Sesuai Kebutuhan

by Greg Pascal
asuransi mobil terbaik

Pemilik kendaraan tentunya perlu memiliki asuransi mobil terbaik untuk menjaga aset bergerak ini dari berbagai resiko yang terjadi, tentunya manfaat yang diperoleh lebih besar dibanding premi yang harus dibayarkan.

Seperti diketahui, mobil merupakan aset yang membutuhkan biaya tidak sedikit, maka sudah sewajarnya menjaga nilai aset tersebut dengan memiliki asuransi mobil pilihan terbaik.

Terdapat dua jenis asuransi yang disediakan oleh perusahaan asuransi, yaitu asuransi mobil all risk dan asuransi mobil total loss only (TLO). Keduanya memiliki perbedaan dari segi penanganannya, untuk lebih jelasnya berikut ulasannya.

Jenis Asuransi Mobil

Sebelum anda memilih asuransi mobil yang cocok dengan kebutuhan anda,  sebaiknya pahami terlebih dahulu jenis asuransi berikut ini.

1. Asuransi Mobil All Risk

Asuransi mobil all risk memungkinkan menanggung seluruh risiko kerugian tanpa mempedulikan persentase kerusakan kecil atau besar, termasuk perluasan jaminan seperti banjir dan perlindungan lainnya. Sering disebut asuransi comprehensive atau gabungan.

2. Asuransi Mobil Total Loss Only (TLO)

Asuransi mobil Total Loss Only (TLO) hanya akan menanggung kerugian apabila nilainya lebih dari 75 persen dari harga mobil, artinya apabila terjadi kerusakan ringan atau dibawah 75 persen, asuransi ini tidak akan menanggungnya.

Daftar Asuransi Mobil

Adapun daftar asuransi mobil yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan anda, berikut pilihan asuransinya.

1. Asuransi Mobil Sinarmas

Asuransi mobil Sinarmas menggunakan asuransi gabungan yang menjamin kerugian yang disebabkan oleh tindakan kriminal, kebakaran mobil, hingga kecelakaan akibat alat penyebrangan.

Keunggulan asuransi ini bisa mengajukan pembelian secara online melalui situs resmi Sinarmas, serta klaim dapat diajukan langsung ke bengkel yang bekerjasama dengan Sinarmas.

2. Asuransi Mobil Garda Oto

Asuransi Garda Oto memberikan kemudahan berupa layanan digital melalui aplikasi Garda Mobile Otocare, hal ini memungkinkan pengguna memantau kondisi kendaraan, proses klaim dan layanan darurat menjadi lebih mudah dan praktis.

Gabungan asuransi all risk dan TLO serta fitur tambahan dari pihak ketiga membuat perlindungan semakin luas, termasuk layanan antar jemput kendaraan menuju bengkel melalui aplikasi Garda Mobile Otocare.

3. Asuransi Jasaraharja Putera

Jasaraharja Putera menyediakan produk layanan JP-ASTOR (Asuransi Kendaraan Bermotor) yang dapat menjamin risiko kerusakan atau kehilangan mobil, dengan perlindungan gabungan TLO dan All Risk.

Harga premi asuransi kedua jenis perlindungan dari Jasaraharja Putera ini tergolong murah, sehingga bisa menjadi salah satu pilihan asuransi mobil terbaik di Indonesia.

4. AXA Auto Insurance

Produk asuransi ini mampu memberikan perlindungan terhadap risiko kehilangan dan kerugian total, serta akan mendapatkan pertanggungjawaban hukum dari pihak ketiga.

Produk asuransi AXA Auto Insurance bernama Smartdrive, yang memiliki layanan berupa kebebasan memilih bengkel resmi, biaya taksi, biaya derek, kecelakaan diri dan tanggung jawab hukum dari pihak ketiga.

5. Autocillin Auto Insurance

Autocillin Auto Insurance merupakan asuransi mobil yang memberikan asuransi gabungan antara TLO dan All Risk, serta memiliki sejumlah layanan yang memudahkan untuk diakses.

Fitur layanan tersebut berupa Autocillin Mobile Claim Application, memungkinkan pengguna melakukan klaim melalui aplikasi ponsel. Layanan yang diberikan berlokasi di tempat umum, dan Same Day Repair, layanan perbaikan yang cepat di hari yang sama.

asuransi mobil terbaik

Baca Artikel Selanjutnya :

Tips Memilih Asuransi Mobil

Bagaimana cara memilih asuransi mobil terbaik sesuai kebutuhan? Dari berbagai fitur dan layanan dari daftar asuransi diatas sudah berupa digital, namun perlu memilih asuransi yang tepat berdasarkan hal-hal berikut ini.

1. Kenali Kondisi Mobil

Kondisi mobil keluaran baru dan keluaran lama tentunya berbeda kebutuhannya, maka pilih asuransi sesuai dengan kondisi tersebut. Apabila harga mobil tinggi dan biaya kerusakan besar, maka pilih jenis asuransi All Risk, biasanya cocok untuk mobil rental.

2. Pilih Premi Sesuai Kemampuan

Pilih asuransi dengan premi sesuai kemampuan finansial, maka hitunglah besar biaya yang bisa dialokasikan untuk membayar premi asuransi agar bisa menikmati manfaatnya secara maksimal.

3. Kredibilitas Perusahaan Asuransi

Cek kredibilitas perusahaan asuransi, pilihlah yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK agar terjamin aman. Maka jangan ragu cari informasi melalui internet atau langsung kepada pengguna lainnya.

4. Fitur dan Layanan yang Ditawarkan

Pastikan telah mengetahui fitur dan layanan yang ditawarkan seperti layanan derek, mobil pengganti, hotline service, dan layanan tambahan lainnya tanpa perlu membayar premi lebih.

5. Layanan Bengkel Rekanan

Pastikan layanan bengkel rekanan memiliki reputasi yang baik, dan lokasinya dekat dengan tempat tinggal. Apabila terjadi sesuatu dengan mobil, maka lebih mudah dan terjangkau memperbaikinya.

Itulah tips memilih produk asuransi mobil terbaik sesuaikan dengan kebutuhan, serta pilihlah sesuai dengan kemampuan agar tetap bisa merasakan manfaatnya ketika terjadi kerusakan pada kendaraan. 

Terpenting memiliki fitur dan layanan yang lengkap serta rekanan bengkel yang baik dan terpercaya, sehingga tidak ragu dalam mempercayakan perbaikan melalui manfaat asuransi kendaraan.

Related Posts