Home Bisnis dan Usaha 5 Kunci Penting Berbisnis Bakso Goreng

5 Kunci Penting Berbisnis Bakso Goreng

by Lara Nifa

Walaupun zaman sudah semakin canggih, segala inovasi kuliner sudah banyak jenisnya, namun masih tetap banyak yang menikmati jajanan khas Indonesia yaitu bakso goreng atau biasanya disingkat basreng. Pernahkah sedikit saja terpikirkan ingin membuka usaha bisnis di bidang kuliner dan menjual bakso goreng? 

 

Bakso goreng yang diberi bumbu pedas selalu membuat ketagihan ingin terus menerus memakannya. Jajanan yang satu ini masih menjadi salah satu jajajan yang masih sangat dinikmati berbagai umur dan dari berbagai kalangan, tua dan muda semua suka bakso goreng. Bahkan jajanan yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan “teman” berkumpul baik dengan teman maupun dengan keluarga. Jajanan yang satu ini begitu menggiurkan terutama bagi pecinta pedas. 

 

Berdasarkan pengalaman para pengusaha di bidang kuliner khususnya bagi para pebisnis basreng, peluang bisnis yang satu ini cukup menjanjikan, asalkan tahu target pasar dan pandai-pandai dalam melakukan pemasarannya. 

 

Tips Penting: Bisnis Menjual Bakso Goreng

 

Di bawah ini merupakan sedikit ulasan tentang bagaimana tips penting yang harus diperhatikan dalam menjalankan usaha bisnis menjual bakso goreng atau basreng. Ada apa saja, yuk intip!

 

Keunikan Produk

 

Setelah mendapatkan modal, tentunya hal penting yang selanjutnya adalah keunikan sebuah produk. Anda dapat menentukan keunikan dari desain kemasan atau dari slogan yang tertera dengan merk produk basreng Anda. Serta harus ditentukan matang-matang mengenai apa saja keunikan dari kualitas rasa, atau inovasi apa yang ingin Anda tuangkan dalam produk basreng yang akan Anda jual.

 

Salah satu caranya, ikuti pola pikir target, misalnya Anda rencananya akan memasarkan produk ke seluruh Indonesia, maka pikirkan pola pikir serta psikologi orang Indonesia secara umum jika dihubungkan dengan makanan, misalnya, suka bumbu yang banyak, orang Indonesia juga menyukai bareng yang 

murah tapi isinya banyak, suka makanan yang pedas serta produk yang dihasilkan harus bersih dan higienis. 

Pemasaran

 

Poin kedua yaitu pemasaran. Sebelum memasarkan produk, Anda harus sudah tahu mengenai target pasar Anda siapa saja. 

 

Jika target pasar seluruh orang Indonesia maka PR Anda yaitu memasarkan produk dengan memanfaatkan media sosial dan harus dipromosikan dengan menarik dan tentunya dapat diterima oleh berbagai usia dan berbagai kalangan. 

Sering Melakukan Riset Pasar

Nah, dalam dunia bisnis apalagi bisnis kuliner, sifatnya yaitu mengikuti permintaan pasar. Jika bisnis kuliner basreng Anda hari ini laku keras belum tentu besok laku juga, ada kalanya konsumen akan bosan dengan produk yang hanya sama begitu saja. 

 

Maka dari itu jangan pernah malas melakukan riset pasar. Seperti yang Anda sudah ketahui, bahwa orang yang menjual bakso goreng tidaknya sedikit. Anda juga tidak boleh berhenti belajar, misalnya hasil riset pasar Anda menyatakan banyak pebisnis basreng yang bangkrut maka pelajari alasannya mengapa bisnis mereka bisa bangkrut, jadi agar Anda belajar untuk menjadi lebih baik daripada pengusaha basreng yang lainnya. 

Memanfaatkan Media Sosial

 

Membicarakan media sosial tidak akan ada habisnya. Banyak keuntungan dan kerugian yang ada di dalam media sosial. 

 

Namun, Anda dapat memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produk. Sekarang ini, media sosial yang sedang banyak peminat dan pengguna aktif kebanyakan di Tiktok dan Instagram. 

 

Maka Anda buat akun menggunakan merk dagangan yang Anda miliki lalu lakukanlah pemotretan dan video promosi sederhana namun kreatif yang menarik perhatian agar produk Anda banjir pesanan. 

 

Anda juga dapat memanfaatkan tren yang sedang naik di media sosial. Bagaimana pintarnya Anda saja dalam memasarkan produk. Serta jangan lupa tuliskan alamat dan kontak info bisnis Anda dengan jelas agar para konsumen dapat cengan cepat menghubungi Anda. 

Mencatat Pemasukan dan Pengeluaran

 

Nah, poin yang satu ini adalah poin yang harus Anda ingat juga, proses pembukuan dari pemasukan dan pengeluaran sangat penting demi keberlangsungan bisnis Anda. Jangan pernah malas mencatat, serta jangan pernah meremehkan pencatatan atas dasar Anda mengingatnya atau Anda menggampangkan hal tersebut. 

 

Anda harus selalu mencatat segala pemasukan dan pengeluaran dengan rapih setiap saat. Kemudian, Anda harus dapat memisahkan uang jualan dengan uang pribadi. Karena mencatat itu semua merupakan salah satu kunci penting.  

 

Nah, demikian mengenai 5 kunci penting yang harus diperhatikan dalam melakukan bisnis penjualan bakso goreng. Perlu diingat, karena mayoritas masyarakat Indonesia memiliki pola makan yang lebih menyukai jajan karena bisa menemani waktu kumpul dengan keluarga, menemani waktu berkumpul dengan teman-teman, atau menikmati waktu sendirian. Dengan ciri khas yang kriuk dan dengan rasa yang pedas, siapa yang mau menolak basreng. Asalkan Anda memahami target pasar dan selalu memperhatikan keunikan produk, tidak ada salahnya juga membuat inovasi, misalnya dengan rasa keju pedas atau semacamnya, agak calon pembeli tidak bosan dengan rasa yang itu saja. Namun, jangan sampai menghilangkan rasa original yang otentik, karena alasan konsumen membeli produk Anda justru karena rasa yang original tersebut. Nah! Semoga bermanfaat! Semoga bisnisnya berjalan lancar!

 

Related Posts