Home Investasi 5 Jenis Produk Investasi

5 Jenis Produk Investasi

by Lara Nifa
mengenal bursa saham

Ada banyak orang mulai mempertimbangkan untuk melakukan investasi. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan yang semakin tinggi dan tidak bisa hanya mengandalkan satu sumber pemasukan saja. Faktor inilah yang membuat orang terbuka dan tertarik untuk mempelajari dunia investasi secara lebih mendalam. 

Apalagi tujuan utama dari melakukan investasi sendiri diperuntukkan untuk menambah kekayaan dan mengubah pola gaya hidup yang lebih hemat. Namun, tahukah Anda kalau investasi itu mempunyai berbagai pilihan atau jenisnya. Nah, pada artikel kali ini kami akan membahas beberapa jenis-jenis investasi, simak penjelasan lengkapnya. 

Jenis-Jenis Investasi

1. Reksa Dana 

Melalui prosesnya reksa dana mengumpulkan berbagai investor yang terkumpul dalam satu bagian, selanjutnya semuanya langsung dilakukan tahapan investasi ke berbagai instrumen-instrumen yang berada di pasar modal. Umumnya, reksadana sendiri terdiri dari 5 jenis, diantaranya ada reksadana campuran, uang, tetap, saham, dan index. 

Setiap kebutuhannya, reksadana yang ada memiliki berbagai keuntungan dan kekurangan masing-masing. Karena berdasarkan pada faktor resiko dan potensi kerugian yang besar, sehingga harus memperhatikannya. Apabila Anda ingin resiko yang ringan, mungkin reksadana uang bisa menjadi pilihan. 

Tetapi, apabila Anda tertarik untuk mencoba dan berharap mendapatkan keuntungan yang besar, bisa mencoba reksadana saham. Namun, pastikan Anda sudah memahami dan memperhatikan beberapa resiko yang terjadi. 

2. Saham 

Jenis investasi satu ini sedang naik daun, karena banyak lapisan masyarakat yang tertarik dan penasaran untuk mencobanya. Hal ini didasari oleh berbagai histori yang menggambarkan penghasilan yang didapatkan dari bermain saham. Pada dasarnya, investasi pada saham memang memberikan return yang tinggi, tetapi resiko yang dihadapi sangat besar. 

Prosesnya pun sangat mudah dalam memperhatikan perhitungan saham tersebut, hal ini dapat Anda lihat melalui proses kuantiti, apabila jumlah yang Anda miliki besar, maka nilai aset saham yang Anda punya semakin tinggi. Dengan demikian, persentase keuntungan dan kerugiannya pun akan semakin besar, sehingga harus benar-benar memahaminya. 

Untuk Anda yang baru memulai, tidak ada salahnya untuk mencoba. Terpenting terukur dalam melakukannya dan melihat terlebih dahulu perkembangannya. Hal ini dilakukan untuk melihat semuanya yang ada tersebut dapat Anda perhatikan secara menyeluruh. Karena, apabila Anda hanya fokus keuntungan, itu bagian salah, karena saham termasuk investasi penuh resiko. 

3. Deposito 

Pada dasarnya deposito sendiri hampir sama dengan tabungan yang Anda miliki umumnya. Proses investasi satu ini termasuk yang paling banyak dipilih oleh masyarakat, karena resiko yang didapatkan tidak terlalu tinggi dan perhitungan keuntungannya pun juga jelas. Untuk itulah, banyak orang banyak menyimpan asetnya pada deposito tersebut. 

Melihat perhitungan keuntungannya, maka deposito itu menghitung dari proses bunga yang akan didapatkan per tahun. Untuk suku bunganya sendiri bervariasi, tergantung dari penawaran yang diberikan oleh pihak bank. Namun, pada umumnya suku bunga yang akan didapatkan itu antara 5-6 persen setiap tahunnya. 

Oleh karena itu, apabila Anda ingin mempunyai jenis investasi, rasanya deposito bisa menjadi pilihan yang menarik. Terutama dari segi resiko yang minim dan prosesnya pun untuk kebutuhan jangka panjang. 

4. Emas 

Salah satu bentuk investasi yang tidak pernah mati dan sepi digemari oleh masyarakat adalah emas. Hal ini terjalin dari beberapa keturunan yang mewariskannya, sebab hampir setiap orang tua dirumah untuk selalu menyarankan investasi pada emas. Secara tidak langsung, masyarakat pasti akan memilih emas sebagai bagian investasinya. 

Dalam tahap ini, apabila Anda tertarik untuk melakukan investasi pada emas, maka perhatikan bentuk emasnya. Rekomendasi yang paling baik dan bisa Anda lakukan dengan memilih emas batangan dibandingkan emas perhiasan. Hal ini dipengaruhi apabila emas batangan sendiri mempunyai takaran ukur dari beratnya. 

Untuk proses pembeliannya sendiri, sekarang sangat mudah dilakukan. Karena ada beberapa aplikasi resmi OJK menawarkan emas secara online dan membuat semuanya lebih mudah. Tetapi, apabila Anda ingin membelinya langsung dari toko, sebenarnya tidak menjadi permasalahan yang berarti, tujuannya Anda mempunyai investasi emas. 

5. Properti 

Selanjutnya yang terakhir paling banyak dicari oleh masyarakat adalah investasi pada jenis properti. Mengenai nilainya memang kedepannya akan selalu mengalami peningkatan, apalagi untuk wilayah perkotaan yang semakin padat. Memiliki aset properti termasuk yang paling tepat dan menguntungkan, karena resikonya pun tidak terlalu besar. 

Bentuk investasi properti sendiri sebenarnya ada banyak pilihannya, salah satunya Anda bisa membeli tanah dan bagian dari investasi. Mungkin juga Anda tertarik untuk investasi pada rumah yang bisa Anda sewakan, maka termasuk investasi properti yang menjanjikan. Oleh karena itu, properti menarik untuk Anda pilih sebagai bagian dari investasi. 

 

Itulah beberapa jenis produk investasi yang bisa Anda pilih, pastikan Anda mampu menentukan yang terbaik dan menguntungkan untuk dicoba. 

Related Posts