Home Investasi 5 Contoh Investasi Jangka Panjang

5 Contoh Investasi Jangka Panjang

by Lara Nifa

Mungkin Anda sudah sering mendengar mengenai investasi jangka pendek dan jangka panjang. Kebutuhannya dari kedua investasi tersebut memang berbeda-beda, tetapi kebutuhannya pun tetap sama. Namun, investasi jangka panjang memang diperuntukkan untuk persiapan hari tua dan tabungan masa depan. 

Tidak heran banyak orang mulai memperhatikan dan mempersiapkan semuanya, sehingga nantinya meskipun tidak ada pemasukan lainnya nilai investasi tersebut terus bertambah dan mempunyai tabungan yang terus meningkat harganya. Nah, apa saja sih contoh investasi jangka panjang? Simak yuk penjelasannya secara lengkap. 

Apa Itu Investasi Jangka Panjang?

Proses menanam aset yang dilakukan dalam kurun waktu yang lebih lama, prosesnya pun memakan waktu yang lebih dari setahun. Apabila dibawah itu, maka keuntungan yang akan didapatkan pun akan kecil atau mungkin belum menghasilkan apapun itu. Sehingga dalam prosesnya banyak orang memperhatikan kondisi tersebut. 

Biasanya untuk proses investasi tersebut memakan waktu sekitar 10 tahun dan proses tersebut masih terbilang kurang. Sebab, kebutuhan investasi jangka panjang sendiri butuh kesabaran dan penantian yang panjang. Oleh karena itu, apabila Anda terjun dalam dunia investasi, perhatikan jangka pendek dan jangka panjangnya. 

Contoh Investasi Jangka Panjang

1. Saham 

Apabila Anda ingin kebutuhan investasi dalam kurun waktu yang lama, maka mungkin Anda bisa mencoba menggunakan saham. Bentuk investasi satu ini termasuk paling enak untuk dilakukan, karena tidak ada biaya pengelolaan atas dasar properti atau bisnis yang Anda jalankan tersebut secara menyeluruh. 

Dengan demikian, saham termasuk yang pas dan tepat untuk Anda pilih sebagai bagian dari investasi jangka panjang sesuai kebutuhan Anda kedepannya. Namun, meskipun menawarkan banyak keuntungan, saham termasuk investasi yang penuh resiko. Hal ini dipengaruhi oleh fluktuasi harga yang begitu tinggi dan bisa langsung turun secara drastis. 

Bagian satu ini termasuk yang paling awal untuk Anda perhatikan, karena semuanya harus Anda perhitungkan dan jangan sampai Anda salah dalam melihatnya. 

2. Reksa Dana 

Selanjutnya investasi jangka panjang yang tidak kalah menggiurkan untuk Anda pilih adalah Reksa Dana. Bentuk pilihan satu ini paling pas dan cocok untuk para pemula lakukan, karena prosesnya sendiri tidak membutuhkan perhitungan yang panjang. Sebab, semuanya telah disesuaikan dan diperhitungkan oleh pihak manajer dalam investasi tersebut. 

Untuk Anda yang ingin kebutuhan yang lama, maka reksa dana termasuk bagian yang menarik untuk Anda perhatikan. Namun, paling tepat yang bisa Anda pilih dan lakukan adalah dengan menggunakan reksa dana uang sebagai bentuk investasi jangka panjang yang menarik untuk Anda coba secara menyeluruh. 

Reksa dana termasuk yang memberikan banyak keuntungan, sehingga tahapan satu ini juga paling menarik untuk Anda coba sepenuhnya. 

3. Emas 

Untuk Anda yang masih bingung dalam memilih dan mencari untuk nilai aset investasi, mungkin Anda bisa mencoba melakukan investasi pada emas. Apalagi kebutuhannya pun sangat banyak berbagai lapisan masyarakat yang memilih untuk investasi pada emas. Oleh karena itu, jika Anda tertarik untuk jangka panjang yang menggiurkan, emas pilihan yang menguntungkan. 

Harganya memang naik secara perlahan, namun jika kebutuhannya pun untuk jangka panjang, rasanya tidak menjadi persoalan. 

Terpenting yang perlu Anda lihat kenaikannya per tahun berapa persen, jika Anda mampu memperhatikan semuanya, maka akan mendapatkan banyak keuntungan untuk jarak waktu yang lama tersebut. Menariknya lagi, emas sendiri bisa dilakukan pembelian secara online, tentu bagian itu menarik untuk Anda lakukan. 

4. Obligasi 

Memiliki surat utang perusahaan atau pemerintah tertentu menjadi nilai aset jangka panjang yang bisa Anda lirik untuk dicoba. Obligasi termasuk investasi yang memberikan nilai bunga yang cukup besar, sehingga mencari beberapa proses obligasi dapat menjadi pilihan yang menarik dan menguntungkan untuk Anda pertimbangkan. 

Jika hari ini Anda belum menemukan tempat investasi jangka panjang, mungkin sudah saatnya Anda harus mencari dan mengulik lebih dalam mengenai obligasi tersebut. Bisa jadi, pilihan ini membuat Anda tertarik dan mendapatkan banyak keuntungan kemudian harinya. Oleh karena itu, apabila masih bingung, obligasi masuk dalam daftar investasi jangka panjang Anda nanti. 

5. Rumah atau Apartemen 

Secara logika saja kedepannya penduduk dunia akan semakin bertambah, kekurangan lahan pada wilayah strategis sangat minim, sehingga lonjakan kenaikan harganya pun sangat tinggi. Untuk Anda yang ingin mempunyai nilai investasi dalam kurun yang lama, properti berupa rumah atau apartemen dapat menjadi pilihan menarik untuk Anda pertimbangkan. 

Apalagi jika Anda fokusnya pada kota-kota besar, rasanya bagian tersebut akan menjadi nilai tambah yang menarik untuk Anda perhatikan. 

Nah, bagaimana sudah menemukan tempat untuk investasi jangka panjangnya? Namun sebelum Anda melakukan investasi lebih baik untuk memahami dan mempelajari semuanya. Karena kebutuhannya pun sangat penting, jangan sampai Anda terjebak dalam proses yang salah.  

Related Posts