Home Bisnis dan Usaha 5 Bisnis Rumahan yang Bisa Dibuka hanya dengan Bermodal Komputer

5 Bisnis Rumahan yang Bisa Dibuka hanya dengan Bermodal Komputer

by Lara Nifa

Usaha rumahan adalah bisnis yang saat ini sedang gencar di tekuni sejak beberapa waktu lalu. Berbagai jenis usaha dapat dipilih dan dikelola, misalnya usaha rumahan berbasis komputer. Usaha rumahan seperti ini sangat cocok untuk masa pandemi karena bisa dilakukan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi, misalnya komputer dan jaringan internet.

Membuka toko online

Usaha pertama dan yang paling banyak dilakukan adalah membuka toko online atau lebih dikenal dengan olshop. Modal utama dari bisnis ini hanyalah komputer yang tersambung ke jaringan internet. Lalu selanjutnya bagaimana?

Selanjutnya, Anda hanya perlu menentukan akan menjual atau menawarkan produk/ jasa apa? Ada begitu banyak hal yang bisa Anda lakukan dan kerjakan, contohnya membuka olshop yang menawarkan produk kecantikan, pakaian, aksesoris korea dan lain sebagainya.

Anda bisa mempromosikan semua produk jualan tersebut, melalui media sosial yang memiliki banyak pengguna. Misalnya seperti TikTok, Instagram, Twitter hingga Facebook. Bisa juga dengan menawarkannya menggunakan website atau media online lainnya.

Perbaikan komputer

Apabila Anda mempunyai keahlian dan memahami tentang mekanisme serta sistem komputer hingga memperbaiki masalah pada perangkat tersebut. Maka tidak ada salahnya untuk menjalankan sebuah bisnis service komputer, laptop atau tablet.

Apabila ingin menjalankan usaha ini hanya dari rumah, maka klien pastinya akan mendatangi Anda untuk meminta pertolongan terkait komputer/ perangkat yang mereka miliki supaya diperbaiki. Untuk mempromosikan bisnis ini, dapat melalui media sosial pribadi.

Penerbitan desktop

Apabila Anda mempunyai keterampilan mengenai komputer dan softwarenya. Mengapa tidak mencoba saja membuka usaha yang berhubungan dengan desktop. Misalnya dengan penerbitan desktop, walau bisnis ini terbilang banyak saingannya karena banyak aplikasi atau platform penyedia gratis. Namun, masih banyak perusahaan yang membutuhkan jasa ini.

Karena pada umumnya, pekerjaan sebagai seorang penerbit desktop juga banyak jenisnya, seperti membuat konten, memproduksi buku, membuat majalah, koran, brosur hingga logo. Jadi, jangan khawatir akan kehabisan pekerjaan, sebab ide bisnis ini memberikan peluang cukup besar.

Menjadi penulis freelancer

Untuk Anda yang memiliki hobi menulis, maka silahkan untuk menyalurkan minat Anda tersebut dan dijadikan penghasil rupiah. Pekerjaan sebagai seorang penulis ini adalah salah satu ide bisnis pada bidang IT yang paling mudah, walaupun tetap membutuhkan kreativitas tinggi agar tulisan yang dibuat enak dibaca dan tidak membosankan.

Juga, jika Anda mengerti tentang masalah SEO, tentunya akan membuat nilai artikel buatan Anda akan lebih dihargai. Anda dapat menawarkan keterampilan menulis tersebut di forum atau bisa dengan bergabung di perusahaan penulisan konten.

Bisnis Desain Grafis

Jasa membuat desain grafis merupakan salah satu bisnis pada bidang IT yang memiliki peluang  besar. Karena memang tidak banyak orang dapat membuat desain, meskipun mereka sudah memiliki aplikasinya. Nilai jual dari sebuah desain terbilang cukup tinggi tergantung keahlian sang desainer. 

Tips supaya sering mendapatkan pelanggan, yaitu Anda harus mempunyai portofolio yang luas, tujuannya agar calon klien mengetahui dan melihat hasil desain yang Anda miliki serta lebih mudah untuk menawarkan tarif kepada konsumen. Anda dapat menemukan klien pada beberapa situs web terkenal yang menawarkan layanan yang berkaitan dengan perusahaan teknologi.

Keuntungan menjalankan bisnis dari rumah

Walau dunia teknologi semakin berkembang, bukan berarti tidak akan ada keraguan dalam hati setiap orang. Seperti yang Anda ketahui, jika di Indonesia masih belum semua daerah tersentuh dengan teknologi sehingga banyak juga yang menjalankan bisnis secara manual. 

Namun, bagaimanapun juga Anda tetap harus mengetahui bila dirumah saja pun bisa tetap menghasilkan selama memiliki komputer dan ada jaringan internet. Sebab ada banyak keuntungan yang dapat dirasakan, seperti :

Banyak pilihan

Dengan semakin berkembangnya teknologi yang mana diprediksi tidak hanya sampai disini saja, ini berarti akan semakin banyak inovasi terkait digital yang nantinya bisa dihasilkan dan dimanfaatkan oleh banyak orang. Jadi, Anda mempunyai banyak pilihan ingin menciptakan bisnis seperti apa. 

Adanya kenyamanan tersendiri bagi pelanggan

Seperti yang diketahui bersama, jika di zaman sekarang ini semakin canggih dan berkembangnya peradaban manusia. Semakin sibuk pula kegiatan yang dilakukan, sehingga membuat mereka lebih nyaman mengerjakan segala sesuatunya melalui online. 

Berkesempatan mendapatkan penghasilan besar

Hal yang paling penting dari berbisnis dari rumah dan memanfaatkan komputer beserta jaringan internet adalah Anda akan mempunyai kesempatan yang besar untuk bisa memperoleh penghasilan dengan omset berlipat ganda. Karena pada umumnya, usaha yang berbasis internet tidak membutuhkan banyak modal.

Demikianlah tadi beberapa rekomendasi bagi Anda yang ingin menjalankan sebuah bisnis rumahan dan bermodalkan komputer. Anda hanya perlu bersabar dan meningkatkan promosi supaya bisnis tersebut bisa diketahui oleh banyak orang, memanfaatkan semua media sosial yang ada untuk berpromosi.

Related Posts