Home Tips 4 Penyebab Mesin Mobil Mengalami Panas Berlebih (Overheat)

4 Penyebab Mesin Mobil Mengalami Panas Berlebih (Overheat)

by Lara Nifa
4 Penyebab Mesin Mobil Mengalami Panas Berlebih (Overheat)

Memiliki mobil memang memberikan banyak kemudahan, terutama untuk Anda yang membutuhkan untuk bekerja atau pergi ke luar kota. Tetapi, kebanyakan para pemilik kendaraan roda empat tersebut sering lalai dan tidak memperhatikan kondisi kesehatan terhadap mobil yang dimilikinya tersebut. 

Tidak heran, sering kasus terjadi mesin mobil mengalami panas berlebih (overheat), karena tidak perhatian sama sekali. Nah, jika tidak ingin penyebab tersebut terjadi dan mobilitas akan terus lancar, maka penting untuk memperhatikannya. Nah, apa saja sih penyebab mesin mobil mengalami panas berlebih? Simak selengkapnya. 

Penyebab Mesin Mobil Panas

Sebenarnya ada beberapa penyebab yang mengakibatkan mesin mobil Anda mengalami panas berlebih, sehingga perlu diperhatikan dan diantisipasi dengan jelas. Dalam tahap ini, kami akan memberikan beberapa ulasan terkait terhadap penyebabnya tersebut, mari kita bahas bersama-sama. 

1. Sirkulasi Terhadap Radiator

Dampak yang paling umum terjadi yang menyebabkan mesin mobil mengalami panas yang sangat berlebih adalah sirkulasi pada air radiator mengalami penyumbatan. Ada banyak penyebab yang mengakibatkan sirkulasi tersebut tersumbat. Mulai dari karat pada mesin dan terdapat banyak kotoran yang menumpuk, terutama pada bagian kisi-kisi radiator. 

Bahkan, adanya karat pada pipa sirkulasi juga dipengaruhi oleh water pumpnya, karena beberapa penyebab yang terjadi sering menggunakan water coolant yang tidak sesuai. Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan produk yang sesuai spesifikasi mesin dan tidak sembarangan dalam memutuskan untuk ganti produk berbeda dengan alasan lebih murah. 

Mungkin juga beberapa penyebab dari overheat juga bisa dipengaruhi oleh fan belt yang putus, sehingga sirkulasi udara pada radiator tidak bekerja dan membuat kendaraan Anda akan cepat panas. Penting untuk memperhatikan dan melakukan pengecekan berkala terhadap kendaraan Anda tersebut, jangan sampai hanya menggunakannya saja tanpa ada perawatan berarti. 

2. Menghindari Mengganti Cairan Radiator Sembarangan 

Sekarang ini beberapa mobil telah menggunakan cairan coolant khusus yang disesuaikan dengan spesifikasi dan kebutuhan kendaraan tersebut. Hindari untuk sembarangan dalam mengganti dan memberi cairan coolant. Karena dampaknya akan panjang, salah satunya sering terjadi pada fuel pump mengalami karat dan menyebabkan penyumbatan. 

Tugas utama dari adanya radiator adalah untuk mendinginkan suhu mesin dari silinder mesin yang terjadi akibat proses pembakaran. Dengan begitu, cairan pendingin tersebut berfungsi untuk meredamnya dan memberikan ketahanan khususnya pada suhu yang sangat tinggi. Oleh karena itu, penting sekali untuk melihat dan memperhatikan nya secara menyeluruh. 

Ada tiga jenis cairan coolant yang bisa Anda gunakan untuk kendaraan mobil Anda tersebut, diantaranya ada Organic Acid Technology, Hybrid Organic Acid Technology, dan Inorganic Additive Technology.  Dari beberapa jenis yang ada tersebut mempunyai fungsi yang berbeda-beda, sehingga harus disesuaikan dengan tipe kendaraan Anda. 

3. Terjadinya Masalah Pada Selang Radiator

Jika penyebab overheat itu dipengaruhi oleh cairan radiator dan sirkulasi kurang baik. Penyebab selanjutnya juga terjadi akibat selang pada radiator mengalami permasalahan. Apabila selang tersebut tidak berfungsi dengan semestinya, maka berdampak pada performa yang ada dan mempengaruhi performa mesin. 

Apabila kondisi selang tidak Anda perhatikan, membuat aliran cairan coolant tidak maksimal. Sehingga berdampak pada kondisi mesin dan mengakibatkan panas yang berlebihan. Mungkin juga kondisi selang yang sudah rusak, tentunya Anda harus memperhatikannya dan langsung menggantinya dengan selang baru yang memberikan hasil optimal. 

Sebelum membeli, pastikan Anda mengganti dengan pipa selang yang bagus dan tidak sembarangan dalam menggunakannya. Karena apabila Anda mengganti dengan selang yang sembarangan, berpengaruh pada kualitas yang ada. Beberapa selang yang ada dipasaran sekarang bisa Anda dapatkan dari harga 200 ribu sampai 400 ribu rupiah. 

4. Permasalahan Kipas Radiator 

Kipas radiator memiliki peranan yang penting untuk memberikan kondisi mesin agar tetap prima dan tidak mengalami panas berlebihan. Kipas bergerak berdasarkan dari drive belt yang ada, sehingga apabila mengalami permasalahan akibat penghubung putus menjadikannya mobil akan merasakan panas yang berlebihan atau overheat. 

Kondisi belt yang ada pada mesin Anda tersebut memang harus benar-benar diperhatikan, apalagi mempunyai masa pakai yang harus dilihat. Karena karet yang terkena oli secara terus menerus akan berdampak pada kegunaannya dan mengalami kerusakan. Jika Anda lalai berakibat pada putusnya belt tersebut. 

Jika belt untuk kipas radiator mengalami permasalahan dan putus, maka pompa untuk power steering berhenti dan ditambah alternator juga. Selain itu juga, sensor pendingin pada mobil akan mengalami rusak, karena Electronic Control Unit (ECU) tidak bisa membaca sinyal dengan baik, sehingga mesin cepat panas dan mempengaruhi bagian lainnya. 

Oleh karena itu, apabila Anda memiliki mobil di rumah untuk rajin dalam merawat dan memperhatikannya. Hal ini berguna untuk merawat mesin mobil tetap dalam performanya dan tidak mengalami permasalahan, salah satunya terjadi overheat. 

Related Posts