Home Bisnis dan Usaha 4 Ide Jualan Makanan Kekinian dan Cara Membuatnya

4 Ide Jualan Makanan Kekinian dan Cara Membuatnya

by Lara Nifa
makanan kekinian

Bisnis kuliner memang tidak ada matinya, bahkan menjadi salah satu sentra usaha yang tetap bertahan karena selalu dibutuhkan masyarakat.  Nah, kalau ada ide jualan makanan kekinian tentu bisa jadi peluang alternatif untuk tetap berpenghasilan di tengah pandemi. Metode penjualannya pun mudah, bisa offline atau online yang dapat menjangkau pasar lebih luas.

Ingin memulai bisnis jualan makanan kekinian yang mudah dan praktis? Jangan ragu, karena kini Anda bisa memperoleh ide usaha sekaligus cara membuatnya. Tak perlu keluar banyak modal kok, karena bisa menggunakan bahan-bahan sederhana yang sering dijumpai di pasar.

  1.     Bola Ubi Warna Warni

Ternyata makanan tradisional masyarakat Indonesia ini bisa diolah menjadi makanan kekinian yang banyak diminati. Seperti bola ubi warna warni yang terlihat lezat di mata. Cara membuatnya pun mudah, Anda hanya perlu menyiapkan ubi rebus kemudian lumat sampai halus. Bentuk menjadi bulat dan tambahkan isian seperti selai, keju mozarella, coklat dan sebagainya. Anda dapat menambahkan pewarna makanan untuk membuat tampilan bola ubi lebih menarik.

Setelah itu, panaskan minyak goreng dalam wajan dan masukan bola-bola ubi yang telah dibaluri dengan tepung panir. Goreng sampai warnanya berwarna keemasan. Anda dapat menjual makanan ini dengan berbagai pilihan topping yang menggugah selera. Pasti mampu memikat banyak pembeli dengan tampilannya yang menarik.  

  1.     Donat Bomboloni

Mungkin donat berbentuk bulat cincin terlihat biasa-biasa saja atau bahkan membosankan bagi sebagian orang. Nah, Anda dapat memanfaatkan celah tersebut untuk menjual bomboloni, donat asal Italia yang memiliki bentuk berbeda dari biasanya.

Bomboloni memiliki isian beragam, mulai dari vla vanila, selai kacang, selai srikaya, pasta coklat krim keju, dan masih banyak lagi dengan bagian luar yang biasanya ditaburi gula halus. Rasanya pun lezat dan mudah dibuat. Anda butuh menyiapkan bahan-bahan seperti tepung terigu, gula pasir, susu cair, air dingin, telur, susu bubuk, dan ragi.

Campurkan semua bahan kering hingga rata. Gilas adonan dan cetak bulat-bulat di atas loyang, jangan lupa tambahkan isi selai bomboloni yang diinginkan. Goreng dalam minyak panas sampai matang dan tambahkan gula halus maka bomboloni siap dinikmati. Bagi pecinta kuliner, terutama dari jajaran makanan ringan berupa kue-kue manis mungkin akan menyukai cita rasa dari donat satu ini.

  1.     Pasta

Kreasi pasta memiliki pangsa tersendiri walau bukan makanan khas Indonesia, menjadi salah satu menu andalan yang cita rasanya lezat. Proses pembuatannya tak terlalu rumit, bahan-bahannya juga mudah ditemukan. Anda bisa membidik kreasi pasta seperti fettuccine aglio e olio yang gurih, spaghetti saus carbonara dengan rasa creamy, hingga penne carbonara yang menggugah selera dengan saus pesto.

Beberapa waktu lalu sempat populer menu brulee yang semakin diminati masyarakat, yaitu spaghetti bolognese dengan tambahan krim keju di atasnya. Kreasi pasta bisa dijadikan peluang bisnis makanan kekinian karena tak pernah sepi peminat.

Untuk membuat penne carbonara, silahkan siapkan bahan-bahan seperti penne, sosis, keju cheddar, susu full cream, bawang putih dan bombay, garam, mentega, lada bubuk, oregano, dan kaldu jamur. Rebus pene dengan garam dan sedikit minyak goreng sampai matang. Tumis bawang sampai harum dan  tambahkan susu full cream bersama sosis. Masukan pene dan keju, tambahkan kaldu jamur, lada bubuk, garam, dan aduk hingga rata. Anda dapat menambahkan oregano di atasnya maka penne carbonara siap dijual.

  1.     Bitterballen

Pernah mencicipi hidangan satu ini?  Bagi yang belum tahu, bitterballen merupakan kudapan berbahan dasar kentang dan daging yang menjadi salah satu ide jualanan makanan kekinian. Rasanya kerap disamakan dengan kroket, namun lebih nikmat karena dilumuri dengan saus mustard.

Hidangan ini memiliki pasar pembeli yang cukup luas karena harganya yang terjangkau. Selain dijual dalam bentuk siap saji, bitterballen juga dapat dijual seperti makanan beku. Jadi para pembeli yang ingin menikmatinya dapat menggoreng sendiri di rumah.

Tertarik ingin menjualnya? Siapkan alat dan bahan seperti mentega, terigu, bawang bombay, air kaldu sapi, daging sapi giling, seledri, pala bubuk, merica, tepung panir, telur, dan garam secukupnya. Anda dapat melelehkan mentega terlebih dahulu sambil membuat ragout, lalu tambahkan terigu yang diaduk sampai kental.

Kemudian tuangkan air kaldu dan aduk hingga rata sampai tak ada gumpalan. Tambahkan daging, seledri, bombay, pala, merica dan garam sesuai selera. Masukan ragout ke kulkas sampai mengeras, kemudian buat adonannya menjadi bulat. Celup ke terigu dan telur, lalu gulingkan ke tepung roti. Goreng dengan minyak panas dan tisikan. Sajikan bitterballen bersama saus mustard.

Itulah beberapa ide jualan makanan kekinian serta cara membuatnya yang bisa dicoba di rumah. Semoga menjadi referensi untuk Anda yang ingin membuka usaha. Sebelum benar-benar menjual, pastikan telah melakukan riset pasar dan berhasil membuat hidangan yang cocok di lidah orang-orang.

Related Posts