by Lara Nifa
Daftar Produk BCA Insurance yang Bisa Dijadikan Pilihan

BCA Insurance merupakan salah satu jenis perusahaan asuransi yang ada di Indonesia, telah berdiri sejak 33 tahun lalu tepatnya tahun 1988. Perusahaan ini mayoritas sahamnya dimiliki oleh PT Bank Central Asia, produk asuransi yang ditawarkan berupa komersial dan personal.

Produk BCA Insurance berupa asuransi untuk kendaraan bermotor, properti, kecelakaan hingga perjalanan. Simak ulasan mengenai produk asuransinya berikut.

Sejarah BCA Insurance

BCA Insurance telah berdiri sejak tahun 1988, tepatnya pada tanggal 1 Desember di Kota Bandung. Sebelumnya menggunakan nama PT Asuransi Ganesha Ciptadanamas. Lalu berganti menjadi PT Transpacific General Insurance di tahun 2006, namun nama ini hanya mereka gunakan selama empat tahun.

Karena di tahun 2010, perusahaan tersebut diakuisisi oleh BCA Finance dan Dana Pensiun BCA yang kembali berganti menjadi PT Central Sejahtera Insurance. Kemudian di tahun 2014, diubah dengan nama BCA Insurance atau PT Asuransi Umum BCA, hal ini dikarenakan hampir keseluruhan sahamnya dimiliki oleh PT BCA Finance dan PT Bank Central Asia.

Perusahaan milik PT Bank Central Asia Tbk ini bergerak pada bidang asuransi umum dan pastinya akan cocok untuk digunakan oleh perorangan maupun korporasi, misalnya asuransi kecelakaan, properti dan kendaraan.

Pilihan asuransi BCA Insurance

BCA Insurance mempunyai produk yang dapat digunakan secara korporasi dan personal. Pilihannya adalah asuransi kecelakaan, properti, kendaraan hingga perjalanan. Tidak hanya itu, mereka memiliki pula asuransi umum yang mempertanggungjawabkan alat berat yang dimiliki oleh perusahaan.

Asuransi kendaraan BCA Insurance

Asuransi pertama ini merupakan produk yang paling diminati oleh para nasabah. Karena dapat memberikan pertanggungan untuk segala kerusakan dari kendaraan, seperti bila terjadi tindak kejahatan dan tabrakan.

Tidak hanya itu asuransi ini juga akan memberikan pertanggungan atau perlindungan pada kendaraan dari kemungkinan terjadinya kecelakaan di atas kapal laut walau dalam pengawasan Kemenhub (Kementerian Perhubungan).

Asuransi properti BCA Insurance

Selanjutnya, BCA Insurance juga memiliki asuransi properti. Produk ini memiliki tiga jenis, yaitu :

  • Asuransi kebakaran akan memberikan atau menjamin kerugian pada kerusakan harta/benda berharga yang disebabkan oleh kebakaran, ledakan, sambaran petir, kejatuhan pesawat serta asap.
  • Asuransi gempa bumi akan memberikan atau menjamin kerugian pada kerusakan harta/benda berharga yang disebabkan oleh bencana alam, seperti letusan gunung, tsunami, banjir dan gempa bumi.
  • Asuransi all risk akan memberikan atau menjamin kerugian pada kerusakan harta/benda berharga yang disebabkan oleh segala resiko.

Asuransi perjalanan

Travel Insurance merupakan jenis asuransi yang memberikan perlindungan untuk pesertanya dari segala macam kemungkinan yang mungkin terjadi selama perjalanan. Jenis asuransi ini dapat digunakan secara pribadi dan keluarga.

Resiko yang akan dijamin oleh BCA Insurance, yaitu :

  • Kecelakaan diri hingga menyebabkan kematian dan cacat.
  • Biaya pengobatan.
  • Santunan tunai.
  • Penundaan dan pembatalan perjalanan.
  • Keterlambatan dalam perjalanan.
  • Kerusakan dan kehilangan bagasi.

Asuransi kecelakaan

Asuransi kecelakaan milik BCA Insurance dapat memberikan kepada Anda jaminan dari resiko kematian, cacat permanen maupun sebagian yang diakibatkan oleh kecelakaan. Jaminan tersebut berupa penggantian biaya pengobatan, perawatan serta santunan.

Asuransi umum komersial

Selain dari keempat produksi sebelumnya, BCA Insurance memiliki jenis Asuransi Umum Komersial dan produk ini khusus untuk korporasi.

Asuransi tersebut dapat memberikan perlindungan untuk alat-alat berat yang dimiliki oleh perusahaan. Berikut adalah pilihannya :

  • Asuransi pengangkutan akan mengganti rugi apabila terjadi kerusakan pada barang korporasi saat proses pengangkutan.
  • Asuransi terorisme dan sabotase akan mengganti rugi atas kerugian yang terjadi apabila properti rusak akibat sabotase dan terorisme.
  • Asuransi contractor all risk akan mengganti rugi apabila terjadi kerugian pada aset dalam proyek konstruksi mengalami kejadian tidak terduga.
  • Asuransi erection all risk akan mengganti rugi apabila terjadi kerusakan pada mesin ketika dalam proses pemasangan.
  • Asuransi alat berat akan mengganti kerugian yang terjadi dikarenakan kerusakan pada alat berat karena kecelakaan.
  • Asuransi machinery breakdown akan mengganti rugi dan memberikan jaminan pengeluaran biaya yang tidak terduga, terkait perbaikan serta pergantian mesin rusak.

Apabila Anda telah memutuskan untuk menjadi anggota atau nasabah dari BCA Insurance ini, Anda langsung membuka website resmi mereka https://www.bcainsurance.co.id, berikut langkah-langkahnya :

  1. Silahkan masuk ke website resmi BCA Insurance.
  2. Kemudian bukalah menu “produk”
  3. Anda dapat memilih produk sesuai dengan kebutuhan, personal maupun komersial.
  4. Kemudian Anda diharuskan untuk memilih polis sesuai keinginan, misal asuransi kecelakan.
  5. Kemudian pilih pada menu “permintaan produk” dan isi formulir data diri.
  6. Kemudian nanti Anda akan dihubungi oleh petugas BCA Insurance untuk melakukan proses pengenalan serta pembelian.

Kemudian untuk melakukan klaim, Anda bisa menghubungi hotline HaloBCA 1500888 dan setelahnya petugas akan mensurvei serta meminta Anda untuk melengkapi form beserta dengan dokumen sesuai persyaratannya.

Related Posts