Home Tabungan 3 Metode Menghitung Suku Bunga Bank

3 Metode Menghitung Suku Bunga Bank

by Lara Nifa
3 Metode Menghitung Suku Bunga Bank

Mungkin dari Anda sudah tidak asing dengan bunga bank, jika Anda memiliki tabungan bank sudah pasti akan menemukan bunga bank tersebut. Terkadang, sewaktu-waktu Anda akan bertanya-tanya terkait bunga bank tempat Anda menabung itu. Tentunya penasaran mengenai besaran dan jumlah yang akan didapatkan nanti. 

Secara sederhana bunga bank adalah sejumlah nominal tertentu yang diberikan oleh pihak bank kepada para nasabah atas balas budi. Dalam artian, bunga bank itu bagian dari keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika sedang menabung. Jika Anda ingin menghitung dan mengetahui bunga didapatkan, sebenarnya ada 3 metode yang bisa Anda lakukan. 

Menghitung Suku Bunga Bank

1. Menghitung Berdasarkan Dari Saldo Terendah

Langkah pertama kali yang bisa Anda lakukan untuk menghitung saldo bank itu bisa dilakukan dan dilihat dari saldo terendah dalam kurun waktu atau periode tertentu. Maksudnya hal yang perlu Anda perhatikan dan lihat tersebut didasarkan pada saldo yang paling rendah, terutama dalam transaksi yang Anda lakukan, biasanya bisa dilihat dalam kurun waktu sebulan. 

Jika Anda mempunyai tabungan atau saldo terendah dalam bulan tersebut adalah 500 ribu rupiah, maka akan ada perhitungan didasarkan pada angka tersebut. Ada beberapa rumus yang bisa Anda lakukan untuk menghitung dan mendapatkan hasil yang jelas dari bunga bank yang Anda lihat tersebut secara menyeluruh. 

Dalam tahap ini, rumusnya adalah Bunga = ST x SB x H/ 365. ST menjelaskan mengenai saldo terendah, SB menjelaskan mengenai suku bunga tabungan /tahun, H terkait jumlah harinya dari periode bulan yang dihitung, 365 adalah hari dalam 1 tahun. Dari rumus tersebut Anda akan melihat dan mendapatkan gambaran dari suku bunga yang akan didapatkan. 

Misalnya, saldo terendah Anda dalam sebulan adalah 500 ribu rupiah. Lalu, Anda ingin mengetahui mengenai suku bunga yang akan didapatkan. Nah, perhitungannya sangat mudah untuk dilakukan. Tinggal langsung saja masukkan data berdasarkan rumus diatas, yaitu :

Bunga = 500.000 x 4% x 30/365 = Rp. 1.644 (itulah suku bunga Anda yang didapatkan). 

2. Menghitung Berdasarkan Saldo Rata-Rata

Berikutnya metode yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui suku bunga bank adalah dengan menghitung pada saldo rata-rata yang ada, setiap bulan. Dalam tahap ini saldo yang ada dalam satu periode tersebut akan ditambahkan dan diakumulasikan secara keseluruhan. Selanjutnya, tinggal dibagi berdasarkan dari hari selama periode yang berjalan tersebut. 

Melalui metode ini hasil dan angka yang akan Anda dapatkan tetap sama, asal tidak ada pemberian terkait bunga dari besarnya saldo tersebut. Terpenting bunga yang diberikan itu tetap dan tidak ada perubahan, sehingga hasilnya nani akan tetap sama dan tidak ada perbedaan hasilnya. 

Jadi, apabila bunga yang telah ditentukan oleh pihak bank sebesar 4% untuk saldo akhirnya dan tidak mempengaruhi jumlahnya, maka nilai yang akan ada tersebut tidak ada perbedaan dengan menghitung dari nilai suku bunga didasarkan pada metode harian tersebut. Oleh karena itu, pastikan Anda benar-benar bisa memahaminya dan mengetahui suku bunga bank tersebut.

Prosenya hampir sama saja, karena perhitungannya akan dilihat dari hasil setiap bulannya. Namun, apabila ada perbedaan suku bunga yang diberikan oleh pihak bank berdasarkan dari nilai tabungannya, maka akan ada perbedaan hasilnya. Dalam proses ini, tahapannya bisa Anda menggunakan rumusnya yaitu Bunga = SHR x SB x H / 365. Dalam tahap ini Anda akan mendapatkan hasilnya. SHR (Saldo harian rata-rata), SB (Suku Bunga), H (Jumlah Hari). 

3. Metode Berdasarkan Saldo Harian 

Jika Anda menggunakan metode yang satu ini, maka proses perhitungannya berdasarkan dari saldo harian Anda dan disesuaikan kebutuhannya setiap hari. Oleh karena itu, setiap transaksi yang ada akan dihitung dan disesuaikan dengan suku bunga yang ada. Tahapan ini memang sedikit membutuhkan usaha, karena Anda harus menghitungnya satu per satu. 

Namun, apabila Anda ingin untuk melakukan perhitungannya bisa Anda lakukan dengan menggunakan rumus Bunga = SH x SB x 1 / 365. Keterangannya, SH adalah Saldo Harian, SB adalah suku bunga tabungan per tahun (disesuaikan bank masing-masing), H adalah jumlah hari terkait periode yang ada. 

Mengenai perhitungannya, proses yang bisa Anda hitung bisa melihat dari saldo akhirnya saja dalam setiap transaksi harian yang ada. Jika Anda sudah mengetahuinya, maka lakukan proses tersebut secara satu per satu dan setiap akhir bulan Anda akan mendapatkan jumlah suku bunga setiap bulannya nanti. 

Dalam tahap ini, apabila Anda melihat suku bunga yang ditentukan tetap dan tidak ada perubahan. Maka, hasilnya setiap bulan Anda akan dapatkan tidak berjauhan dengan perhitungan saldo rata-rata tersebut. 

Nah, demikianlah penjelasan mengenai proses menghitung suku bunga bank yang ingin Anda ketahui tersebut. 

 

Related Posts