Home Bisnis dan Usaha 25 Ide Usaha Kreatif Menjanjikan yang Bisa Dirintis di 2021

25 Ide Usaha Kreatif Menjanjikan yang Bisa Dirintis di 2021

by Lara Nifa
25 Ide Usaha Kreatif Menjanjikan yang Bisa Dirintis di 2021

Di tengah masa pandemi seperti saat ini banyak orang membutuhkan penghasilan tambahan agar dapat memenuhi kebutuhan harian. Tentunya kebanyakan dari mereka lebih memilih untuk membuka usaha sendiri, karenanya dibutuhkan sebuah ide kreatif supaya bisa bersaing dengan yang lain.

Ide usaha sebenarnya dapat muncul kapan dan dimana saja asal Anda memang memiliki keinginan yang kuat untuk mendapatkan tambahan penghasilan diluar gaji bulanan. Anda dituntut menjadi lebih kreatif serta harus pintar melihat peluang yang ada.

Kenapa? Karena kreatifitas itulah nantinya mampu menjadikan bisnis semakin berkembang dan akan dikenal orang banyak. Dengan majunya perkembangan zaman, ide usaha makin bermunculan belum lagi dengan adanya jaringan internet yang membuat para pemilik bisnis berlomba-lomba memanfaatkannya.

25 Ide Usaha Kreatif

Sebenarnya ide untuk usaha itu banyak yang dapat Anda coba, namun Anda dituntut untuk pintar dan jeli dalam melihat peluang. Jangan terlalu terburu-buru mengambil keputusan membuka bisnis. Silahkan simak beberapa ide kreatif di bawah ini, mungkin ada yang cocok dengan keinginan Anda.

Flip Cover Untuk Tablet

Dengan mulai bermunculannya banyak gadget sekarang ini, tentunya harus diimbangi juga dengan kebutuhan aksesorisnya. Khususnya untuk tablet yang membutuhkan flip cover. Anda dapat membuat berbagai desain unik atau secara custom. Sebagai perkenalan, lebih baik memberikan harga yang murah terlebih dahulu, hitung-hitung babat alas.

Jasa Bersih-Bersih Keliling

Sekarang ini banyak sekali usaha jasa yang terbilang unik, salah satunya adalah jasa bersih-bersih keliling. Walau terkesan remeh, namun nyatanya jasa ini memang dicari. Khususnya bagi orang-orang yang tidak memiliki waktu untuk merapikan rumah mereka.

Travel Planner

Jika Anda memiliki keterampilan dalam menyusun sebuah rencana. Anda dapat membuka jasa sebagai travel planner, apalagi sekarang ini banyak orang yang ingin berlibur tetapi bingung menentukan jadwal yang pas. Disinilah peran Anda dibutuhkan, bantulah orang-orang tersebut dalam hal memesan tiket, hotel dan segala sesuatu yang diperlukan ketika berlibur.

Menjual Barang ‘Mantan’

Walaupun terkesan menyedihkan, namun menjual barang-barang dari seseorang yang tidak lagi ada didalam rencana kehidupan itu lebih baik daripada menyimpannya. Tentunya akan ada orang yang lebih membutuhkan benda tersebut. Anda bisa menjualnya melalui marketplace facebook atau e-commerce. 

Terrarium

Sebenarnya belum banyak orang yang mengerti tentang bisnis ini, namun bukan berarti tidak ada peminatnya. Terrarium merupakan sebuah wadah dari kaca yang nantinya diisi dengan media tanah dan satu jenis atau lebih tanaman. Anda dapat menjualnya dalam bentuk telah jadi, sehingga calon konsumen akan tertarik.

Desain Case Handphone

Karena sekarang ini handphone memiliki banyak sekali jenisnya, pasti aksesorisnya pun juga banyak dicari. Misalnya casing ponsel, Anda bisa menjual case dengan berbagai desain unik dan cantik. Seperti bentuk anime, hewan atau yang saat ini sedang diminati koper.

Bisa juga dengan menerima pesanan khusus, sesuai request pelanggan. Anda hanya perlu memiliki banyak stok case polos untuk berbagai jenis ponsel, alat cetak, atau cairan akrilik. Anda dapat belajar membuatnya melalui tutorial di youtube.

Produk Daur Ulang

Seperti yang Anda ketahui jika masalah sampah masih menjadi perhatian dari para tokoh lingkungan. Namun, jika mau Anda dapat melakukan sesuatu untuk ambil bagian dalam hal tersebut. Daur ulang, pilihlah barang-barang yang sekiranya bisa menjadi sesuatu.

Misalnya seperti bungkus deterjen, botol plastik, kardus dan lainnya. Anda dapat merubah barang-barang tersebut menjadi tas, hiasan dinding serta masih banyak lagi. Berkreasilah sebebas mungkin. Bahkan belum lama ini juga ada seseorang yang bisa menjadikan limbah plastik menjadi miniatur dinosaurus.

Jual Barang Antik

Siapa sangka bisnis menjual barang-barang antik ternyata termasuk menguntungkan di zaman yang serba modern ini. Anda dapat memulai dengan mencari benda antik di pasar yang khusus menjual benda-benda seperti itu, lalu foto barang tersebut dan post di media sosial.

Bisnis Game Truck

Usaha yang satu ini tidak membutuhkan tempat permanen dalam menjalankannya. Hal utama dari bisnis ini adalah Anda harus memiliki truk, di awal Anda dapat menyewanya terlebih dahulu. Desainlah bagian dalamnya semenarik mungkin agar nyaman bagi para pelanggan yang memainkan game.

Kelebihan game truck ini tentu saja unik, kemudian tidak perlu menyewa tempat, Anda bisa berkeliling dan menyewakan atau menawarkan di banyak lokasi. Modal awalnya memang cukup besar, namun penghasilan yang Anda dapat tentunya sepadan.

Bisnis Thrift Shop

Thrift shop atau toko pakaian bekas. Usaha ini sebenarnya sudah ada sejak dulu, namun karena kebanyakan hanya menggelar lapak di pinggir jalan, membuat orang yang sebenarnya berminat untuk membeli menjadi ragu.

Nah, Anda dapat mencoba untuk membuka bisnis thrift shop ini di rumah. Cukup memanfaatkan satu ruangan dan tatalah serapi mungkin. Jualah barang-barang tersebut dengan harga yang masuk akal, jangan terlalu murah atau mahal, sesuaikan dengan keadaan produknya.

Kompor Berbahan Bakar Non Minyak Bumi

Ide usaha berikut ini berfokus di bidang ilmiah, namun jangan salah, peminatnya cukup banyak. Bila biasanya kompor menggunakan minyak bumi. Kompor yang satu ini memanfaatkan minyak nabati atau berasal dari tumbuhan. Selain bisa meraup keuntungan, Anda juga membantu menjaga lingkungan.

Jasa Membuat Caption Instagram

Percaya atau tidak, sebenarnya bisnis membuat caption untuk instagram atau facebook cukup menjanjikan. Bayangkan saja hanya bermodalkan keahlian Anda merangkai kata, bisa mendapatkan uang sekitar Rp 50.000 hingga ratusan ribu rupiah hanya untuk 6 paragraf saja.

Produk Kecantikan Ramah Lingkungan

Sekarang ini sudah banyak sekali orang-orang yang sadar dengan lingkungan, karena itu saat ini mulai bermunculan produk-produk kecantikan berbasis organik. Bahkan brand besar pun juga sudah membuat produknya menggunakan bahan alami baik untuk bungkusnya maupun kosmetiknya.

Gelang Couple

Berbisnis aksesoris sebenarnya tidak pernah ketinggalan zaman, karena akan selalu ada orang yang menyukainya. Belakangan ini yang sedang booming adalah gelang couple, bahan bakunya pun bervariasi.

Anda bisa menggunakan tali khusus untuk gelang dengan ditambah manik-manik, berbahan dasar dari monel ataupun rantai. Anda bisa berkreasi sesuka hati, buatlah seunik mungkin agar bisa mendapatkan banyak pembeli.

Jasa Titip

Suka berbelanja, namun keuangan tidak mendukung. Mengapa tidak mencoba untuk membuka jasa titip? Walau Anda tidak berbelanja untuk diri sendiri, setidaknya keinginan untuk bisa membeli berbagai macam barang bisa terpenuhi. Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui.

Jasa Dekorasi Pernikahan Minimalis

Untuk acara pernikahan tidaklah harus mewah, karena nyatanya banyak orang yang menyukai konsep minimalis. Bila Anda merupakan seseorang dengan bakat dan minat dibidang dekorasi, ide usaha yang satu ini bisa menjadi peluang usaha menjanjikan.

Katering Sehat

Makin hari makin banyak orang yang mulai menyadari jika menjalani hidup yang sehat merupakan hal yang penting. Biasanya ketika memutuskan untuk menjadi lebih sehat, mereka akan memulai dari pola makan. Karena itu Ambilah peluang tersebut dengan membuka katering khusus makanan sehat.

Makeup Artis

Banyak sekali momen berharga yang membutuhkan jasa seorang MUA (makeup artist) agar membuat penampilan seseorang menjadi berbeda, seperti acara wisuda, pre-wedding, pernikahan atau lainnya. Untuk dapat memasarkan bisnis ini, Anda bisa menggunakan media sosial atau bekerja sama dengan wedding organizer.

Voice Over

Jika Anda memiliki suara khas dan banyak dipuji oleh orang lain karena karakter suara Anda yang terbilang unik. Manfaatkan lah hal tersebut untuk menjadikannya ladang uang, menjadi seorang voice over.

Desain Mahar dan Hadiah Unik

Ide bisnis kreatif yang satu ini masih memiliki hubungan dengan desain, yaitu mendesain mahar untuk seserahan. Seperti halnya bouquet uang yang akhir-akhir ini sedang tren, Anda bisa mencobanya. Keuntungan yang dihasilkan juga tidak main-main, bisa ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Case Ponsel

Membuka usaha casing handphone juga menarik dan tentunya akan menjadi peluang. Anda dapat memilih desain yang kreatif juga unik atau dapat juga menerima pesanan sesuai dengan keinginan konsumen.

Buket Bunga Kering

Bila Anda memiliki minat pada bidang florist, Anda dapat mencoba membuka usaha jasa membuat buket bunga. Namun, buket ini spesial karena tidak menggunakan bunga segar, melainkan dry flowers. Walaupun hanya berwarna monoton, yaitu coklat. Namun, nyatanya banyak orang yang menyukai buket bunga kering.

Studio Foto yang Instagramable

Punya sebuah ruang yang tidak terpakai di rumah? Dari pada hanya menjadi gudang, bagaimana jika difungsikan sebagai studio foto? Namun, studio ini bukan untuk foto prewedding atau wisuda. Melainkan di setting dengan konsep yang instagramable. Anda hanya memerlukan screen dengan berbagai warna dan juga perlengkapan seperti kursi serta dekorasi dengan kesan eastetik.

Frozen Food Khusus Makanan Khas Daerah

Hemat dan praktis menjadi keunggulan dari frozen food. Apalagi sekarang banyak sekali orang lebih menyukai menyimpan makanan jenis ini agar tidak terlalu sering keluar dari rumah. Karena itu tidak salah bila membuka bisnis makanan beku semakin diminati.

Anda dapat membuat variasi baru pada bisnis ini, misalnya seperti membuka frozen food khusus makanan khas berbagai daerah dari seluruh Indonesia. Apalagi bila Anda tinggal di kota besar yang pasti banyak perantau, usaha ini pasti akan membuat mereka dapat melepas rindu.

Related Posts