Home Bisnis dan Usaha 13 Ide Usaha Makanan Serba 1.000, Bisa Untung Banyak

13 Ide Usaha Makanan Serba 1.000, Bisa Untung Banyak

by Lara Nifa

Usaha kuliner merupakan salah satu bidang industri yang terus berinovasi dan cepat berkembang. Bagaimana tidak ? Siapa pun pasti akan membutuhkan makanan setiap harinya. Belum lagi selera tiap orang pun bervariasi dan terkadang bisa berubah mengikuti tren yang ada.

Berbisnis kuliner memang selalu menjadi peluang usaha yang menarik untuk dicoba bahkan mudah dilakukan. Karena kamu tak perlu menyiapkan modal besar, namun tetap bisa mendapatkan keuntungan yang cukup menjanjikan. Bahkan kamu bisa mulai dari usaha kecil-kecilan, contohnya menjual makanan serba 1000 ! 

Apa saja ide usaha makanan yang bisa dijual serba 1000 ? Nah, langsung saja simak artikel di bawah ini yuk !

Berikut Ide Usaha Makanan Serba 1000 

Ada beberapa contoh usaha makanan serba 1000 yang bisa kamu coba jalankan untuk menambah penghasilan. Dan berikut 13 daftar ide usahanya.

  • Puding atau Agar-agar

Bahan dasar untuk membuat puding itu sangat terjangkau, rata-rata hanya berkisar Rp 2.000 – Rp 5.000 per bungkus puding instan. Dan satu bungkusnya bisa dibuat menjadi 10 hingga 20 cup kecil. Puding buatanmu bisa kamu titipkan ke warung-warung, jajanan pasar atau tawarkan  melalui media sosial. Kamu bisa menjual puding dengan berbagai aneka rasa yang dicampur sehingga menghasilkan warna serta rasa yang menarik.

  • Aneka Gorengan

Hampir semua orang Indonesia sangat menyukai gorengan. Kudapan ini sering dijadikan menjadi menu wajib di acara-acara tertentu seperti rapat kantor, arisan, menjamu tamu atau hanya sekedar untuk tambahan lauk makan. Ada beberapa gorengan yang bisa kamu jual dengan harga 1000 yakni tempe mendoan, gembus, bakwan, tahu isi, dan masih banyak lagi. 

  • Telur Gulung

Jajanan yang sudah ada sejak jaman dahulu ini ternyata sampai sekarang masih eksis. Selain murah, bahan utamanya juga mudah ditemukan. Kamu hanya perlu menyiapkan telur ayam, garam dan minyak goreng saja. Saus sambal juga bisa kamu sediakan untuk menambah rasa pedas. Biasanya makanan ini dijual di sekolah-sekolah, pasar malam, dan tempat ramai lainnya. 

  • Aneka Sosis dan Tempura

Ide usaha makanan serba 1000 berikutnya yaitu jualan aneka sosis dan tempura. Usaha ini termasuk mudah dan simpel untuk dilakukan karena kamu tidak perlu mengolahnya sendiri. Berbagai macam sosis dan tempura bisa kamu dapatkan dari agen frozen food, pasar, maupun supermarket. Kemudian kamu hanya tinggal menggorengnya. Agar semakin menarik, sediakan aneka saus untuk menambah cita rasa seperti saus tomat, sambal, black pepper, dan lain-lain.

  • Leker

Camilan yang satu ini berbahan dasar tepung, telur dan gula yang dibentuk seperti kulit martabak manis namun jauh lebih tipis. Kamu bisa menjual leker dengan menambahkan aneka topping seperti meses, pisang, dan keju. 

  • Makanan Ringan

Mayoritas anak-anak bahkan orang dewasa pun pasti suka dengan makanan ringan seperti ciki-cikian. Nah, kamu bisa mencoba peluang usaha ini karena modalnya murah. Ambilah produk yang ingin kamu jual dari agen, distributor atau pasar sehingga bisa mendapatkan harga murah.

  • Cakwe 

Makanan yang berasal dari Tionghoa ini memiliki rasa yang asin dan gurih. Cakwe berbentuk panjang dan berbahan dasar tepung, bahan yang mudah ditemui di mana saja. Jajanan ini umumnya dijual dengan harga satuan Rp 800 hingga Rp 2.000. 

  • Kue Pukis

Kue pukis adalah kudapan manis yang sering dikonsumsi di pagi hari. Bahan dasarnya pun murah dan mudah ditemukan. Kamu bisa menjual kue pukis dengan menambahkan berbagai macam topping seperti keju, mesis, dan kacang. 

  • Cireng

Cireng atau “aci digoreng” merupakan jajanan khas yang berasal dari Jawa Barat. Kamu bisa menjualnya dengan harga Rp 1000 karena jajanan ini terbuat dari bahan-bahan yang sederhana. Untuk menarik konsumen, kamu bisa tambahkan isian ke dalam cireng. 

  • Keripik Singkong

Untuk membuat keripik singkong tidaklah sulit. Kamu cukup mengiris tipis singkong yang sudah dikupas lalu tinggal digoreng. Setelah itu, bisa ditambahkan garam atau aneka bubuk perasa. Kemaslah dalam bungkus plastik kecil dan kamu bisa menitipkannya ke warung, angkringan atau rumah makan. 

  • Dimsum Mini

Dimsum adalah salah satu camilan yang disukai oleh banyak orang. Makanan yang dikukus ini memiliki cita rasa dan tekstur yang unik. Nah, kamu bisa menjual dimsum berukuran mini dengan harga seribuan. Jangan lupa untuk memberikan isian ke dalam dimsum dan juga saosnya sebagai pendamping. 

  • Pisang Aroma

Pisang aroma berbahan dasar kulit lumpia yang diberi isian pisang, coklat dan gula pasir. Makanan ini sangat mudah dibuat sehingga kamu tak perlu repot saat menjualnya. Kamu bisa menjualnya dengan menggunakan gerobak atau menitipkan di jajanan pasar. 

  • Sosis Bakar

Ide usaha makanan yang bisa dijual dengan harga 1000 yaitu sosis bakar. Makanan ini bisa dijual dengan harga murah, jika kamu mengambilnya dari agen frozen food. Untuk menarik konsumen, tambahkan berbagai macam bumbu seperti blackpepper, teriyaki, barbeque, dan lainnya.

Menarik, bukan ? Semoga beberapa ide usaha yang kami berikan di atas bisa membuatmu terinspirasi. 

 

Related Posts