Home Bisnis dan Usaha 12 Contoh Usaha Jasa yang Menjanjikan Cuan

12 Contoh Usaha Jasa yang Menjanjikan Cuan

by Lara Nifa
12 Contoh Usaha Jasa yang Menjanjikan Cuan

Peluang usaha merupakan sebuah kesempatan bagi Anda yang ingin membuka bisnis untuk mendapatkan keuntungan serta manfaat. Bisnis yang dimulai dengan modal kecil dapat menjadi alternatif untuk Anda menjalankan usaha.

Jika berbicara tentang peluang usaha, semua akan kembali kepada berapa modal yang harus dikeluarkan? Apakah akan cukup dengan budget 5 juta rupiah dan bisakah menghasilkan cuan. Yuk, simak beberapa ide bisnis berikut.

Peluang Usaha Untuk Bisnis Online

Jika Anda mencoba beberapa peluang bisnis berbasis online ini pesaingnya masih belum banyak dan untuk modalnya sendiri bahkan tidak sampai 5 juta rupiah.

  • Agen Asuransi Online

Akhir-akhir ini menjadi mitra atau agen asuransi semakin populer karena tidak menuntut Anda bekerja 8 jam sehari, hal tersebut disebabkan oleh kesadaran masyarakat tentang pentingnya memiliki asuransi kesehatan dan asuransi lainnya. Sudah banyak agen yang berhasil meraup keuntungan hingga puluhan juta setiap bulannya. 

  • Kursus Online

Apakah Anda memiliki keahlian khusus, seperti memasak, berbahasa asing, olahraga dan lainnya? Mengapa tidak menjadikan skill tersebut sebagai penghasilan Anda. Apalagi di masa pandemi ini pasti banyak sekali orang yang membatasi kegiatannya.

Gunakan kesempatan ini untuk membuka usaha kursus online, modal utamanya tentu saja skill yang terpercaya, misal sertifikat resmi. Lalu laptop ataupun smartphone dengan jaringan internet stabil. 

Cara untuk mencari anggota webinar tentu bisa memanfaatkan media sosial, berikan tarif yang masuk akal atau gunakan sistem paketan, misal kelas I dengan biaya 200 ribu pertemuan 3 kali seminggu dan seterusnya.

  • Penulis Lepas

Anda suka menulis, maka manfaatkan keahlian tersebut. Karena sekarang ini pekerjaan sebagai penulis lepas sedang naik daun. Untuk penghasilannya pun terbilang cukup banyak, apalagi jika Anda bisa mendapatkan klien dari sebuah perusahaan yang bagus.

  • Jasa Membuat Konten

Seperti yang Anda ketahui, sekarang ini sedang banyak sekali orang yang berlomba-lomba menjadi konten kreator baik di youtube ataupun tiktok. Bahkan lowongan pekerjaan sebagai desain grafis atau  pembuat video bisa dikatakan membludak. Jadi apabila Anda memiliki keahlian di bidang grafis, tidak ada salahnya menjual skill tersebut dan menetapkan tarif sesuai dengan kemampuan.

Peluang Usaha di Bidang Kuliner

Apabila Anda memiliki minat pada bidang kuliner atau makanan dan minuman, tentunya Anda bisa membuka bisnis pada bidang ini. Karena pada dasarnya manusia pasti membutuhkan makan serta minum, jadi usaha dibidang kuliner terbilang menjanjikan.

  • Franchise Makanan dan Minuman

Bila Anda adalah seorang pemula tidak ada salahnya untuk membuka bisnis waralaba. Usaha yang satu ini hanya memerlukan modal minimal 3 juta rupiah dan Anda sudah bisa mendapatkan lengkap dari mulai booth hingga bahan baku beserta perlengkapan pendukung lainnya. Bahkan pihak pemilik juga akan memberikan training singkat mengenai proses menjalankan usaha tersebut.

  • Gorengan

Siapa yang tidak suka dengan makanan sejuta umat ini, tempe mendoan, bakwan, molen dan lain sebagainya. Begitu banyak penjual gorengan, mulai dari pikul hingga yang menyewa satu tempat. Itu membuktikan jika makanan ini memiliki peminat yang banyak.

Walau gorengan sering disebut jajanan tidak sehat, namun berjualan makanan ini keuntungan sangatlah menjanjikan. Anda hanya membutuhkan modal sekitar 3 juta hingga 3,5 juta rupiah, untuk lokasinya Anda bisa membuka di rumah ataupun berkeliling menggunakan gerobak.

  • Angkringan

Bagi yang berasal dari provinsi Jawa Tengah, Yogyakarta maupun Jawa Timur pasti sudah tidak asing dengan angkringan, hik atau wedangan. Tempat usaha seperti warung tenda yang berisi aneka jajanan, seperti beragam sate, nasi bungkus (nasi kucing), minuman hangat/ dingin dan masih banyak lagi.

Bila Anda tertarik berjualan angkringan, modal yang Anda butuhkan sekitar 3 juta hingga 4 juta rupiah. Ciri khas dari bisnis ini adalah gerobak. Untuk berbagai jenis makanan yang dijual Anda bisa memasak sendiri atau bekerja sama dengan orang lain.

  • Jajanan Pasar

Jangan menganggap remeh jajanan pasar, karena siapapun juga akan menyukainya. Apalagi jika Anda tinggal atau berencana membuka usaha di sekitar kampus, sekolah atau area kos-kosan. Modalnya pun juga tidak besar, bahkan 1 juta rupiah seperti sudah lebih dari cukup. Anda bisa membeli berbagai jenis jajanan di pasar tradisional atau jika memiliki kemampuan memasak yang mumpuni, Anda dapat membuatnya sendiri.

Peluang Usaha Rumahan

Pilihan terakhir adalah membuka sebuah usaha rumahan yang modalnya tentu di bawah 5 juta rupiah. Tentunya usaha ini masuk kategori bisnis offline, namun Anda tetap akan membutuhkan jaringan internet yang berfungsi untuk melakukan pemasarannya agar banyak menjaring konsumen.

  • Laundry Sepatu

Untuk membuka laundry sepatu, modal yang dibutuhkan sekitar Rp 2 juta hingga Rp 2,5 jutaan. Anda juga tidak membutuhkan mesin dan hanya memerlukan beberapa sikat, sabun atau perlengkapan lain khusus untuk sepatu.

Untuk pemasarannya bisa melalui online, seperti media sosial atau melalui mulut ke mulut. Anda juga bisa menggunakan jasa ojek online sebagai sarana antar jemput sepatu dari konsumen.

  • Warung Kopi

Bila ingin memiliki kedai kopi modern tentu saja membutuhkan modal besar, bahkan ada kemungkinan Anda harus menyewa tempat. Namun, jika anggaran Anda hanya sebesar 3 atau 4 juta rupiah, membuka warung kopi dengan menu utama indomie, telur dan juga kornet sudah pasti akan laris.

Anda tidak perlu menyewa tempat, cukup korbankan garasi atau halaman depan untuk dijadikan tempat berjualan. Pemasarannya pun mudah, undang teman-teman dan keluarga atau tetangga untuk mencoba usaha baru Anda. Jangan lupa untuk memanfaatkan media sosial pribadi Anda.

  • Membuka Butik Preloved

Saat ini bisnis pakaian atau barang preloved mulai banyak peminatnya. Anda hanya harus memberikan sebuah ruang khusus di dalam rumah untuk menyimpan barang-barang preloved tersebut dan menambahkan beberapa peralatan saja.

Barang yang dapat Anda jual juga bervariasi, misalnya seperti pakaian, sepatu, aksesoris dan masih banyak lagi. Untuk pemasarannya sendiri, bisa memanfaatkan media sosial yang Anda miliki.

  • Les Privat

Bagi Anda yang memiliki kemampuan untuk menjadi seorang pengajar, membuka les privat di rumah adalah sebuah pilihan tepat. Modal usahanya sendiri tidaklah terlalu besar, Anda cukup mengeluarkan uang sebesar 3 juta rupiah guna membeli peralatan, seperti papan tulis, penghapus, spidol, beberapa buku modul serta meja-meja belajar portable.

Sebenarnya les privat ini tidak hanya seputar mata pelajaran umum, namun juga bisa pada bidang lain, seperti bermusik, menari, memasak dan lainnya. Hal terpenting adalah anggota atau peserta les datang ke rumah Anda.

Related Posts