Home Bisnis dan Usaha 11 Rekomendasi Usaha dengan Modal Minimal

11 Rekomendasi Usaha dengan Modal Minimal

by Lara Nifa

Kamu yang ingin mempunyai usaha sendiri, namun terkendala karena modalnya tidak banyak banyak tidak perlu merasa gundah. Karena kamu tetap bisa menjalankan bisnis walaupun modal yang kamu miliki tidak banyak.

Kami dapat merekomendasikan beberapa ide usaha yang tidak memerlukan modal besar, namun tetap bisa memberikan keuntungan besar bagi kamu. Tetapi, kamu haruslah konsisten dalam menjalankan bisnis tersebut, sebab bagaimanapun juga setiap usaha itu pasti akan menghadapi kendala.

Rekomendasi Usaha Modal Minim Bagi Pemula

Di zaman dengan teknologi yang sudah semakin berkembang ini, bukannya tidak mungkin bagimu atau siapapun yang memiliki keinginan mempunyai usaha sendiri untuk benar-benar menjalankannya. Karena sekarang, hanya dengan bermodalkan smartphone dan kuota saja, kamu dapat mempunyai bisnis kecil tetapi hasil tetap maksimal.

Berikut dibawah ini adalah 11 ide usaha yang akan kami rekomendasikan untuk kamu yang memang masih pemula, yaitu :

  • Penulis Lepas

Bisnis yang satu ini hanya mengharuskanmu mempunyai kuota, komputer, laptop atau smartphone yang sudah support aplikasi untuk mengetik, misalnya word atau WPS. Selain itu, setidaknya kamu juga harus mengerti bagaimana tata cara penulisan yang tepat sesuai dengan KBBI.

Lalu, karena bisnis ini terbilang fleksibel dari segi waktu dan lokasi pengerjaan. Kamu dapat mengerjakannya seleluasa mungkin, namun tetap harus konsisten dan tepat waktu agar klien tidak kecewa. 

  • Bisnis Jastip

Belakangan bisnis yang satu ini berkembang dengan pesat, apalagi saat masa pandemi. Karena banyak orang yang takut untuk keluar rumah. Bila kamu ingin memulai bisnis ini, kamu bisa mempromosikan diri di media sosial, jelaskan jika kamu membuka jasa titip pembelian barang. Untuk tarif, bisa kamu tambahkan 15 ribu hingga 30 ribu per item.

  • Bisnis Camilan

Bisnis yang satu ini benar-benar minim modal, karena kamu bisa membeli camilan kiloan atau jajanan tradisional yang biasa dijual di pasar tradisional. Kemudian, kamu dapat menitipkannya pada warung kelontong, warung-warung makan hingga angkringan.

  • Bisnis Franchise

Jika kamu bingung ingin berbisnis apa, mungkin bisa mulai melihat-lihat di internet usaha franchise. Karena pasti ada banyak usaha kecil yang menerapkan sistem waralaba, keuntungan dari bisnis ini salah satunya adalah tidak perlu lagi memikirkan manajemen dan mempersiapkan segalanya dari awal. Satu-satunya yang harus kamu persiapkan hanyalah modal untuk melakukan kerjasama saja.

  • Bisnis Reseller

Selanjutnya adalah menjadi reseller, jenis usaha ini sebenarnya sudah ada sejak lama dan banyak pula yang menjalankan, karena keuntungan dari bisnis ini juga terbilang lumayan besar. Karena itu bila kamu tertarik untuk menjadi reseller, pastikan produk yang akan dijual sudah dikenal oleh masyarakat luas, sehingga kamu tidak akan kesulitan untuk memasarkannya. 

  • Usaha Frozen Food

Di masa pandemi yang lalu, pengusaha frozen food meraup keuntungan yang cukup tinggi. Hall ini dikarenakan membeli makanan beku adalah hal praktis dan tidak perlu keluar rumah terlalu sering. Sehingga sekarang, kebiasaan untuk tetap membeli frozen food tetaplah ada dan bisa dipastikan akan laris manis.

  • Usaha Online

Bisnis dengan modal kecil lainnya adalah dengan menjalankan online shop memang sudah banyak, jadi kamu harus pintar dalam memilih produk dan menetapkan harga jual. Kamu bisa mendaftarkan diri pada platform e-commerce yang sesuai keinginan dan ikuti program mereka agar bisa mendapatkan konsumen banyak. 

  • Usaha Budidaya

Kamu sudah bercocok tanam atau merawat hewan? Mengapa tidak mencoba untuk membudidayakannya, baik tanaman maupun hewan. Karena pastinya jika sudah tahu marketnya, akan mudah bagimu untuk menjalankannya. Hal utama yang sangat dibutuhkan di bisnis ini adalah kesabaran dan keuletan.

  • Affiliate Marketing

Belakangan menjadi seorang affiliate marketing sedang banyak peminatnya, modalnya tidak besar karena hanya butuh smartphone dan kuota saja. Sebagai seorang affiliate kamu hanya harus memasarkan produk pada platform dimana kamu mendaftar, bila ada yang membeli melalui link yang kamu share maka kamu berhak mendapatkan komisi.

  • Cloud Kitchen

Bila kamu tertarik dengan dunia kuliner, pastinya tidak lagi asing dengan istilah cloud kitchen. Dimana bisnis ini hanya menawarkan dapur yang dapat dipakai untuk memasak dan menyajikan makanan lalu dijual. Usaha ini pastilah akan memberikan keuntungan bagimu tanpa harus mengeluarkan modal besar.

  • Kursus Online

Kursus online merupakan kegiatan kursus pada umumnya, hanya saja ini dilakukan secara daring. Jenis kursus ini sendiri pastinya bervariasi dan tergantung dengan keahlian yang kamu miliki. Kamu hanya perlu laptop atau smartphone yang support untuk melakukan panggilan video. 

Nah, itulah tadi 11 rekomendasi ide usaha bagi kamu yang tidak punya modal besar, namun tetap ingin memiliki usaha sendiri. Selain yang sudah disebutkan di atas, sebenarnya kamu juga bisa menggali potensi yang memang sudah kamu miliki dan menjadikan keahlian tersebut sebagai bisnis, loh!

Related Posts