Home Bisnis dan Usaha 11 Ide Usaha di Bidang Jasa Yang Bisa Dicoba

11 Ide Usaha di Bidang Jasa Yang Bisa Dicoba

by Lara Nifa

Apabila kamu saat ini sedang berpikir untuk memulai sebuah bisnis dan bingung akan membuka usaha apa, mengapa tidak mencoba untuk terjun dibidang jasa? Pada sektor ada banyak hal yang dapat kamu lakukan, termasuk bila salah satunya merupakan bakat atau keahlian sendiri.

Untuk peluang bisnisnya sendiri, sudah pasti besar dan tidak kalah dengan bisnis di bidang lainnya. Bahkan kamu bisa menjalankannya cukup dari rumah dan secara online. Selain itu, pada sektor jasa kamu tidak perlu stok barang, karena yang jual adalah keahlian.

Rekomendasi Usaha Jasa yang Dapat Dicoba Oleh Pemula

Kebanyakan usaha yang bergerak dibidang jasa ini juga tidak membutuhkan modal yang terlalu besar, bahkan beberapa diantara hanya memerlukan perangkat tertentu yang ada di rumah. Nah, berikut dibawah ini adalah 11 usaha jasa rekomendasi kami untuk kalian, yaitu :

  • Penulisan Artikel

Sekarang ini menulis artikel sedang naik daun dan cocok untuk kamu yang memang memiliki hobi menulis. Pergunakanlah hobi kamu menjadi ladang uang, kamu dapat mendaftarkan diri pada perusahaan yang sedang membutuhkan jasa penulis artikel untuk kebutuhan promosinya. Tarif penulisan tentu akan menyesuaikan dengan seberapa baik kamu membuatnya.

  • Desain

Kamu anak desain yang baru lulus dan bingung harus melakukan apa? Mengapa tidak membuka jasa desain saja, sesuaikan dengan keahlianmu. Misalnya desain rumah, pakaian atau lainnya.Tarifnya tentu bisa dibicarakan dengan klien, namun kamu bisa menetapkan harga pasar dan sebaiknya jangan terlalu rendah atau terlalu tinggi.

  • Home Cleaning

Berbeda dengan ART, jasa membersihkan rumah ini biasanya dibutuhkan oleh mereka yang memang sangat sibuk sehingga tidak mempunyai waktu untuk bersih-bersih dan tinggal sendiri. Apabila kamu bisa melakukannya, penghasilan yang diperoleh tergolong besar untuk satu kali datang.

  • Les Privat

Profesi sebagai guru les juga bukan hal yang buruk, bahkan semenjak pandemi banyak orang tua yang membutuhkan jasa guru les privat untuk anak-anaknya agar mereka tidak tertinggal pelajaran.

Jadi, bila kamu termasuk seseorang yang pintar pada mata pelajaran tertentu atau memang menekuni bidang belajar mengajar. Bukalah bisnis jasa ini, kamu dapat melakukannya secara online maupun datang langsung ke rumah murid.

  • Membuat Website

Sekarang ini, karena teknologi di dunia digital semakin berkembang. Banyak perusahaan atau start up yang membutuhkan situs/ website khusus yang memperkenalkannya. Karenanya jasa pembuatan situs banyak dicari.

Bila kamu memahami bidang ini dan bisa melakukannya, maka manfaatkan peluang tersebut dan perkenalkanlah keahlianmu kepada mereka yang memang membutuhkan website tapi tidak tahu caranya. Modal utama yang perlu kamu miliki adalah laptop atau komputer.

  • Jasa Titip

Kamu punya hobi shopping, namun tidak selalu memiliki dana untuk melakukannya? Kenapa tidak membuka bisnis jasa titip saja? Dimana kamu membantu orang-orang yang ingin membeli satu barang/ produk, namun mereka kesulitan menentukan waktu karena terlalu sibuk. 

Kamu dapat menetapkan tarif sesuai dengan sulit atau tidaknya mendapatkan barang pesanan yang klien maksud. Semakin langka produknya, maka semakin besar biaya jasanya. Keuntungan lainnya, kamu bisa memuaskan hobi shopping dan jalan-jalanmu.

  • Penerjemah

Kamu memiliki kelebihan atau keahlian dalam bidang bahasa asing? Mengapa tidak dimanfaatkan untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Jasa ini hampir sama dengan penulis artikel, hanya saja mengharuskan pelakunya pandai berbahasa asing, misal Inggris, Korea, Jepang dan lain sebagainya. Hasil dari usaha ini juga tidak bisa diremehkan, karena dapat mencapai jutaan rupiah.

  • Pindahan

Untuk jasa yang satu ini, tentunya mengharuskanmu memiliki mobil pick up atau ukuran medium terlebih dulu. Karena jika harus membeli, modalnya sangat besar. Jasa pindahan saat ini tergolong banyak dibutuhkan dan sudah pasti bisa mendapatkan keuntungan besar.

  • Cuci Kendaraan

Membuka usaha cuci kendaraan juga bisa kamu lakukan di rumah atau menerapkan sistem panggilan. Tentunya ketika dipanggil kerumah kamu hanya perlu membawa peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan saja. Karena air, selang atau lainnya sudah pasti ada di rumah penyewa jasa. Tarif dapat disesuaikan dengan jarak lokasi pelanggan.

  • Laundry

Berikutnya adalah membuka jasa laundry, apabila di rumah sudah mempunyai mesin cuci dan setrikaan. Ini sudah bisa dianggap sebagai modal awal, jadi kamu tinggal melaksanakan niatmu membuka laundry-an. 

Tarifnya bisa disesuaikan dengan berat pakaian yang akan dicuci, untuk lebih menekan budget ada baiknya kamu menggunakan sabun dan pewangi khusus laundry. Kamu dapat membelinya melalui marketplace.

  • Pembuatan video dan fotografi

Usaha terakhir adalah video dan fotografi. Apabila kamu merupakan penghobi pada bidang ini tentunya memiliki peralatan pendukung berupa kamera dan juga sudah mempunyai keahlian dasarnya. Gunakan kebiasaan kamu tersebut untuk mencari uang dengan cara membuka jasa pembuatan foto dan videografi. 

Nah, itulah 11 usaha dibidang jasa yang dapat kamu coba geluti. Pilih saja yang memang menjadi kebiasaan kamu dan tidak terlalu membuatmu terbebani. Karena bila kamu merasa terpaksa menjalankannya, bisa-bisa berhenti ditengah jalan karena kamu tidak nyaman

Related Posts