Home Bisnis dan Usaha 11 Aplikasi Pembukuan Usaha Gratis

11 Aplikasi Pembukuan Usaha Gratis

by Lara Nifa

Di dalam menjalankan suatu usaha kamu perlu mencatat keuangan bisnis, untuk mempermudah hal ini kamu memerlukan aplikasi untuk membantu melakukan pembukuan.

Sebuah aplikasi pembukuan sangat dibutuhkan oleh pelaku usaha untuk digunakan sebagai pencatatan yang berhubungan dengan keuangan yang rinci dengan mengoptimalkan perkembangan teknologi. Sebetulnya, dalam pencatatan pembukuan kamu pun bisa saja memakai cara manual. Akan tetapi, hal ini akan membuat kamu semakin repot, mengingat begitu banyak hal yang perlu diurus oleh para pebisnis online.

Terdapat berbagai jenis aplikasi pembukuan yang ada di internet, entah itu gratis maupun berbayar.Tentunya pasti terdapat perbedaan fitur yang mencolok antara kedua aplikasi tersebut. Akan tetapi, untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal, kamu tidak perlu ragu perihal mengeluarkan uang. Kamu dapat menyesuaikan kebutuhan dengan berbagai harga yang tersedia oleh setiap aplikasi.

Berikut beberapa jenis aplikasi pembukuan usaha, antara lain:

1.       Zahir Accounting

Aplikasi akuntansi ini sudah tak asing di kalangan pebisnis. Zahir membantu para pelaku bisnis untuk membantu pencatatan keuangan bisnis dengan cepat, mudah dan akurat. Zahir accounting sudha dipakai hingga 30 ribu perusahaan mulai dari skala kecil, sedang dan besar dengan pengguna mencapai 50 ribu di Indonesia dan luar negeri.

Zahir ada dalam bahasa Inggris dan Indonesia mengingat banyak pengguna dari berbagai penjuru dunia. Zahir mempunyai berbagai fitur yang membuat pengusaha untuk bisa mengontrol usahanya secara realtime dari purchase, sales dan invoices, inventory.

2.       Moota

Moota adalah software untuk mengecek mutasi serta saldo rekening, yang mana mutasi rekening diperoleh dari iBanking kamu. Aplikasi ini sangat membantu pengusaha yang mau mengecek mutasi dana mereka tanpa perlu login dari berbagai e-banking.

Fitur-fitur yang tersedia oleh moota seperti notifikasi transferan yang masuk, cek transaksi, unlimited akun bank, eksport data-data transaksi, dan lain sebagainya. Moota pun mempunyai fitur API yang bisa menghubungkan aplikasi ini dengan sistem website supaya mengecek data transaksi jadi lebih mudah serta otomatis dan tidak membuat repot.

3.       BukuWarung

Jenis aplikasi berikutnya data kamu coba yakni BukuWarung. Dimana aplikasi tersebut dapat memudahkan pelaku bisnis mulai dari mengelola stok barang, utang piutang dan pembukuan usaha. Semua fitur yang tersedia di aplikasi ini disediakan gratis. Tentu sangat cocok untuk kamu yang saat ini sedang memulai bisnis serta belum mempunyai anggaran khusus untuk aplikasi dan tools yang ada didalamnya

4.       Teman Bisnis

Aplikasi satu ini dirancang untuk pelaku bisnis di Indonesia agar dapat membantu dalam pencatatan serta mengevaluasi alur keuangan. Aplikasi tersebut juga begitu mudah untuk digunakan meski kamu masih tergolong awam perihal pengelolaan keuangan.

Aplikasi Teman Bisnis menyediakan berbagai macam fitur menarik, seperti laporan keuangan, catatan transaksi, pengelolaan stok barang dan utang piutang.

5.       Freshbooks

Freshbooks merupakan software akuntansi yang pusatnya di Toronto, Kanada. Aplikasi dari Toronto ini dioperasikan dengan 2ndSite Inc. Dimana menyasar usaha skala kecil serta menengah.

6.       Akuntansi Keuangan

Dilihat dari namanya saja, aplikasi tersebut sudah jelas dibuat untuk pencatatan keuangan usaha. Akuntansi keuangan mencatat lewat metode pembukuan akuntansi, yang berarti tersedia fitur laporan jurnal, neraca saldo, laba-rugi, neraca, buku besar dan masih banyak lagi.

7.       Paper.Id

Paper.id adalah platform yang dapat membantu pebisnis dalam mengelola kebutuhan invoicing. Dimana kamu tidak perlu repot mengurus dokumen atau data invoice. Tidak hanya invoice saja, platform tersebut juga dapat mengelola pembayaran serta pendanaan bisnis kamu.

8.       Buku Kas

Aplikasi ini adalah aplikasi keuangan yang bisa didapatkan dengan gratis. Buku Kas sudah digunakan sampai 5 juta lebih pemilik usaha mikro, dari kecil hingga menengah di kawasan Indonesia. Aplikasi tersebut membantu pebisnis untuk mengatur dan memonitor arus kas.

Aplikasi keuangan tersebut mempunyai fitur untuk membantu kegiatan pencatatan seluruh transaksi, mencatat tagihan hutang piutang dan menyusun laporan keuangan. Kamu pun dapat terima serta kirim dana tanpa beban biaya admin.

9.       Money Lover

Selanjutnya Money Lover yang juga salah satu aplikasi keuangan. Aplikasi tersebut bisa membuat aktivitas sinkronisasikan seluruhnya di setiap perangkat kamu secara otomatis.

10.   Expense Manager

Aplikasi keuangan satu ini juga sering digunakan para pelaku usaha untuk memproses, pembayaran serta mengaudit pengeluaran. Dimana aplikasi tersebut tidak terbatas di pencatatan pengeluaran lainnya yang dilakukan pihak karyawan meliputi perjalanan dinas keluar kota, liburan dan lain sebagainya.

Jenis aplikasi tersebut bisa mengontrol semua pengeluaran bisnis kamu dari berbagai biaya lainnya yang tidak begitu penting. Dengan begitu kamu akan lebih hemat dalam mengontrol finansial perusahaan.

11.   Finansialku

Aplikasi keuangan yang terakhir dan bisa kamu dapatkan secara gratis yakni Finansialku. Dimana aplikasi keuangan ini dapat membantu kamu mengelola serta membuat rencana keuangan, sehingga kamu bisa mengontrol keuangan serta mencapai tujuan finansial kamu.

Aplikasi satu ini adalah aplikasi keuangan satu-satunya yang tuut menyediakan layanan konsultasi secara daring dengan rencana keuangan yang sudah tersertifikasi CFP.

Related Posts