Home Bisnis dan Usaha 10 Tips Mencari Mitra Bisnis Supaya Usaha Berkembang

10 Tips Mencari Mitra Bisnis Supaya Usaha Berkembang

by Lara Nifa

Mempunyai mitra bisnis tentunya sangat diperlukan saat Anda ingin memulai untuk berbisnis. Kemitraan ini dapat membuka peluang untuk sebuah kesuksesan. Misalnya, tidak mempunyai modal, tidak berarti Anda tidak dapat menjalankan bisnis. Anda dapat menjadi seseorang yang menginvestasikan uang demi kemajuan bisnis Anda. 

Hal yang paling penting ketika Anda ingin mencari mitra yaitu usaha dari kedua pihak wajib disepakati bersama-sama bukan karena paksaan. Selain itu, kemitraan ini dijalin tidak hanya ketika bisnis Anda mengalami kekurangan dana saja. Untuk lebih jelasnya mari simak ulasannya berikut ini. 

Pengertian mitra usaha 

Mungkin Anda sering mendengar istilah business partner atau rekan bisnis yang mengacu pada kegiatan bisnis yang sedang dijalankan oleh lembaga atau individu dengan tujuan perluasan bisnis. Para pemilik bisnis dan juga rekan bisnis yang dipilih akan bekerja sama untuk menjalin bisnis. 

 

Sesudah bekerja sama, pihak yang terlibat harus memberikan sesuatu untuk kesuksesan bisnis dari ketentuan yang sudah ditetapkan. Sehingga, mitra usaha merupakan rekan yang bisa memberi sumbangsih atau sesuatu untuk keberlangsungan bisnis berdasarkan tujuan yang sudah ditetapkan secara bersama-sama. 

Tips mencari mitra yang tepat 

Mitra bisnis dapat dilakukan antara 2 perusahaan atau lebih. Seluruh perusahan pun pastinya tidak memiliki pencapaian dan bidang yang sama. Oleh karena itu, harus ada cara-cara yang perlu dipikirkan supaya memperoleh partner bisnis yang tepat. Berikut ini beberapa caranya: 

  • Tidak berbeda passion 

Tips pertama yang bisa Anda lakukan yaitu harus mempertimbangkan passion sebelum akhirnya menentukan perusahaan mana yang akan Anda jadikan sebagai mitra. Apabila Anda telah mengetahuinya, maka selanjutnya bisa lebih mudah Anda jalankan. 

Carilah partner bisnis yang mempunyai passion sama. Sehingga, Anda dan partner dapat meminimalisir hal buruk yang bisa terjadi ketika kerja sama tersebut sedang berlangsung. Misalnya, apabila Anda memiliki bisnis di bidang kuliner, maka partner Anda pun harus mempunyai passion di bidang tersebut. 

  • Berintegritas

Integritas ini paling dibutuhkan untuk menjalankan sebuah bisnis. Bila tidak, bisa saja bisnis Anda akan mengalami banyak konflik dan dapat berakhir dengan kebangkrutan. Integritas ini yaitu kemauan untuk tidak menyerah dan terus maju pantang mundur. 

Nilai dari integritas ini muncul saat partner bisnis satu visi dengan Anda. Jangan lupa untuk memperhatikan niat mitra bisnis Anda sebelum melakukan kerja sama. Integritas yang sangat tinggi menjadikan Anda dan partner membuka peluang keuntungan dan kesuksesan. 

  • Utamakan kejujuran 

Kejujuran merupakan modal yang sangat penting saat Anda ingin memulai bisnis. Oleh karena itu, Anda harus tahu apakah rekan bisnis yang dipilih ini jujur ketika menjalankan bisnis, mengingat memperoleh keuntungan dari kerjasama ini memerlukan waktu yang tidak sebentar. 

Oleh karena itu, carilah partner bisnis yang selalu jujur sebab hal tersebut dapat mempengaruhi jalannya bisnis Anda. Jujur di sini berarti harus terbuka dengan semua hal. Semakin terbuka Anda dan partner, maka perusahaan Anda dan partner bisa berjalan lebih baik. 

  • Kemampuan yang mumpuni 

Cara berikutnya untuk mencari mitra bisnis yaitu kapabilitas, yang berarti keterampilan dan kemampuan untuk menjalankan bidang bisnis yang akan dijalankan. Apabila Anda memilih partner yang tidak mempunyai kapabilitas, mungkin saja bisnis yang baru buka, di tengah jalan akan berhenti. 

Misalnya, ketika Anda memiliki niat untuk mencari partner bisnis di bidang kuliner, pastikan jika calon partner merupakan orang yang mempunyai pengetahuan mengenai masakan.

  • Ingin diajak bermitra 

Bekerjasama dengan partner ini pastinya hubungan akan saling mengikat. Akan terdapat kerjasama yang banyak untuk kedepannya. Dengan demikian, sudah pasti Anda wajib mencari partner yang mau diajak kerjasama dan terbuka. Menjalin hubungan bersama partner seperti roda di sebuah kendaraan. 

Apabila roda di salah satu sisinya tidak bergerak dengan lancar, maka bisa berpengaruh ke roda di sisi yang lain. Oleh karena itu, cerdaslah dalam memilih partner. 

  • Mau berbagi 

Untuk hal berbagi saat bermitra ini bisa mempengaruhi pada tindakan positif dan pembentukan identitas dari perusahaan Anda. Ketika kedua mitra telah menemukan nilai yang ada di kerjasama yang sudah terjalin, maka biasanya muncul kesamaan, etos kerja juga bisa terbangun dengan lebih baik. 

  • Saling berbagi 

Seorang partner yang tidak hanya ingin memberi, namun pula menerima dalam mempunyai sifat terbuka. Dalam hal ini dapat diartikan mau diberikan masukan demi kelancaran usaha. Apabila terlaksana, bisa saja hubungan partner bisnis dapat berjalan dengan lancar. 

Untuk mencapainya, Anda harus selalu sabar sebab prosesnya memakan waktu yang lama. Hal ini merupakan alasan beberapa orang lebih memilih teman dekat untuk dijadikan sebagai partner bisnis. 

 

Itu tadi tips mencari mitra bisnis supaya perusahaan Anda bisa berkembang. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang masih bingung mencari partner bisnis.

Related Posts