Home Bisnis dan Usaha 10 Mental Pengusaha yang Harus Diketahui

10 Mental Pengusaha yang Harus Diketahui

by Lara Nifa

Menjadi pengusaha yang sukses adalah keinginan semua orang. Namun, proses untuk bisa sampai pada titik itu membutuhkan perjalanan yang tidak mudah dan panjang. Karena ini, tidak sedikit orang akhirnya memutuskan untuk berhenti begitu saja.

Bila kamu merupakan pengusaha baru yang baru ingin terjun ke dalam dunia bisnis, terdapat beberapa sifat dan mental pengusaha yang harus kamu ketahui. Hal ini sangat penting, dan bisa menjadi modal bagi kamu yang bermimpi ingin menjadi pengusaha sukses. Mental seperti ini kerap ditemukan pada kisah inspiratif dari para pengusaha hebat baik dari dalam atau luar negeri.

Berikut beberapa sifat pengusaha yang bisa dijadikan acuan untuk menjadi pengusaha yang sukses, antara lain:

1.       Percaya Diri

Berperan sebagai pengusaha, kamu akan menjadi pemimpin dalam perusahaan sendiri. Sebagai seorang leader, kamu wajib dapat percaya akan potensimu sendiri. Bila kamu tidak percaya diri, orang yang kamu pimpin lantas harus percaya kepada siapa? Maka dari itu, kamu harus percaya diri dengan apa yang kamu punya, baik itu keahlian, pemikiran dan ide0ide brilian yang kamu miliki.

2.       Mengendalikan Ego

Bisnis yang berhasil tentu tidak pernah lepas dari yang namanya kerjasama yang bagus. Sebuah kerjasama teratur dan kompak serta efektif sulit terwujud jika masih terdapat ego yang besar. Seorang pebisnis handal adalah mereka yang dapat mengendalikan ego dalam berpikir hingga mengambil keputusan. Kamu harus menurunkan ego agar dapat memberi keputusan terbaik untuk usaha yang kamu jalankan.

3.       Bijaksana

Saat mengambil keputusan dalam keperluan bisnis, kamu harus berpikir secara bijaksana. Kamu tidak akan bisa menjadi pengusaha yang sukses jika kamu hanya fokus ke dalam satu aspek atau dua saja. Masih banyak aspek-aspek lain yang harus kamu perhitungkan. Jangan sampai hanya memikirkan dari sisi profitnya saja, namun kamu harus memikirkan juga kesejahteraan karyawan, pemasaran, kualitas produk dan masih banyak lagi.

4.       Mencari Peluang

Di dalam perjalanan menuju kesuksesan dalam membangun usaha, kamu akan banyak dihadapkan oleh pilihan, kamu harus bisa melihat berbagai peluang yang dapat kamu ambil untuk mencapai kesuksesan dalam membangun usaha. Tidak hanya jeli, kamu pun juga harus cerdas dan matang sebelum memilih peluang tertentu dalam proses pengembangan usaha. 

5.       Tidak Mudah Puas

Seorang pengusaha wajib memiliki gairah yang tidak mudah cepat puas. Pada prosesnya, kamu akan berhasil dalam mencapai target yang sudah dipatok. Mungkin kamu akan meraih target penjualan. Kamu mungkin berhasil mencapai profit tertinggi di dalam karier yang sudah kamu bangun.

Berbagai keberhasilan ini tidak sepantasnya membuat kamu menjadi cepat puas. Saat kamu cepat merasa puas, kamu akan langsung merasa nyaman dan aman. Zona aman merupakan sebuah jebakan yang bisa membuat kamu lupa bahwa kamu tidak boleh semudah itu merasa puas.

6.       Tidak Mudah Menyerah

Saat memulai sebuah usaha, dan pada perjalanan untuk membangunnya, kamu tentunya akan menghadapi berbagai macam masalah yang bermunculan. Di dalam situasi ini, kamu harus bisa memiliki mental pantang menyerah.

Semua orang tidak ada yang tahu pasti kapan usaha yang mereka jalankan menemukan keberhasilan atau kesuksesan yang besar. Maka dari itu, kamu harus tetap semangat dan konsisten untuk bangkit bila mengalami kegagalan. Kamu wajib menjadi sosok orang yang sabar dalam menunggu semua proses agar bisa membuahkan hasil seperti yang diinginkan.

7.       Memiliki Passion

Pengusaha mempunyai passionnya sendari dalam membangun bisnisnya. Seseorang yang baru terjun ke dunia bisnis umumnya memulai dari suatu hal yang memang disukai. Saat melakukan hal berdasarkan passion-nya, orang tersebut tidak mungkin malas dalam memulai membangun bisnis. 

8.       Terus Berinovasi

Menjadi seorang pebisnis, kamu tidak hanya menawarkan produk yang dapat kamu jual. Akan tetapi, ada kalanya kamu juga harus mendengarkan apa kata audiens. Mencari informasi tentang apa yang konsumen butuhkan serta berusaha untuk bisa memenuhinya. Melakukan inovasi agar bisa memenuhi kebutuhan pasar serta menyelesaikan masalah pada konsumen.

9.       Menjalin Relasi

Seorang pengusaha sukses tentunya harus bisa menjalin sebuah relasi. Kamu harus mampu untuk mengubah para competitor menjadi kawan. Supaya bisa bertahan lama di dunia bisnis, kamu jangan hanya berpikir agar bisa mengungguli para competitor, tapi juga bisa merangkul serta menjalin relasi sehat.

10.   Terbuka dengan Kritik

Semua kritik yang didapat dari orang lain wajib kamu jadikan cermin agar bisa semakin maju dan dapat dijadikan bahan untuk memperbaiki diri. Hal ini tentu menjadi amunisimu agar bisa mengembangkan usaha lebih lagi kedepannya. Maka daripada itu kamu tidak boleh menutup diri dari semua kritik yang diberikan. 

 

 

Related Posts