Home Bisnis dan Usaha 10 Ide Usaha Rumahan yang Pas Untuk Ibu Rumah Tangga

10 Ide Usaha Rumahan yang Pas Untuk Ibu Rumah Tangga

by Greg Pascal
ide usaha rumahan

Jika keuangan suami sedang krisis. Anda pasti mencari-cari ide usaha rumahan yang pas untuk Anda. Khususnya sebagai partner bagi pasangannya. 

Seorang wanita memang diharuskan memenuhi berbagai kewajiban. Salah satunya adalah kewajiban menjadi seorang istri dan ibu hingga partner kerja.

Kenapa usaha rumahan sangat pas untuk ibu rumah tangga? 

  1. Tidak perlu ijazah S1 untuk mulai bisnis rumahan
  2. Cocok bagi wanita yang ingin mencari tambahan uang tanpa mengganggu kewajibannya
  3. Tidak membutuhkan modal yang fantastis untuk memulai bisnis rumahan

5 Ide Usaha Rumahan Yang Pas Untuk Ibu Rumah Tangga

Semoga ide usaha rumahan ini bisa bermanfaat dan bisa membantu keuangan keluarga Anda:

1. Bisnis Kue

Urusan dapur dikenal sebagai urusan ibu rumah tangga. Ibu-ibu di rumah dituntut untuk pandai berbagai macam makanan. Termasuk membuat kue. 

Tapi, sayangnya tidak semua bisa membuat kue karena keterbatasan waktu dan modal. Kue rumahan ini bisa dijadikan bisnis Anda di samping mengurus rumah. 

Bisnis kue rumahan ini bisa dimulai dengan modal 5-8 juta. Modal tersebut bisa Anda gunakan untuk membeli alat-alat masak dan bahan-bahan pembuatan kue. 

Kue-kue yang bisa Anda jual yaitu: kue klepon, onde-onde, lapis legit,wingko babat, putri ayu, pancake, roti bolu, kue kering, sponge cake, kue coklat, brownies dan berbagai macam kue enak lainnya. 

2. Toko Sembako Rumahan

Ide bisnis yang satu ini pas banget untuk daerah yang jarang sekali ada toko sembako. Jika di lingkungan rumah Anda jumlah toko sembako masih sedikit, maka Anda bisa mencoba untuk memulai usaha ini 

Untuk memulai usaha ini modal yang dikeluarkan sekitar 5 juta. Anda bisa membeli bahan-bahan sembako di tempat grosir. Untuk tempat jualan, Anda bisa membuka toko sembako di tempat yang strategis, seperti di pinggir jalan, dekat kos-kosan atau perumahan. 

Pastikan toko sembako yang Anda buka memiliki banyak produk yang dibutuhkan tetangga Anda tetapi tidak dijual di toko sembako yang lain.

ide usaha rumahan

Baca Artikel Selanjutnya :

3. Jualan Makanan Untuk Sarapan

Menjual sarapan sepertinya lebih sederhana jika dibanding menjual sembako. Karena toko sembako harus buka hampir 12 jam. Bahkan ada yang membuka toko dari jam 6 pagi hingga jam 9 malam. 

Nah, jualan sarapan ini lebih mudah dan modalnya pun tidak terlalu besar. Cukup 300 ribu per hari dan mau rajin bangun pagi untuk memasak dan menyiapkan menu sarapan. 

Cobalah tengok apakah di sekitar rumah Anda ada banyak pekerja kantoran? Karyawan pabrik? Mahasiswa? Atau anak-anak sekolah? Wah, itu adalah tempat yang paling strategis untuk usaha menjual sarapan. 

Anda bisa menjual nasi uduk, nasi rames, nasi kuning, lontong sayur, bubur ayam atau bubur kacang hijau. Banyak kok menu sarapan yang kekinian. Anda bisa cari menunya di internet. Pasti Anda akan menemukan berbagai macam menu sarapan. 

4. Usaha Katering Rumahan

Peluang usaha rumahan yang satu ini cocok sekali untuk Anda yang memiliki hobi masak. Untuk modalnya pun tidak terlalu muluk-muluk, Anda bisa memulainya dari modal 3-6 juta tergantung permintaan pasar. 

Salah satu kunci sukses dalam bisnis ibu rumah tangga yang satu ini adalah enak dan murah. Promosinya pun cukup mudah, apalagi jika masakan Anda digandrungi oleh anggota keluarga, para tetangga, dan rekan kerja, wah pasti banyak yang pesan. 

Kalau masakan Anda sudah digemari oleh banyak orang, biasanya mereka akan mempromosikan catering Anda kepada orang lain. Ini sering disebut strategi marketing mouth to mouth, iya betul sekali yaitu strategi dari mulut ke mulut. 

Jika catering Anda sudah dikenali oleh banyak orang, maka bisa jadi Anda akan mendapatkan tawaran untuk menyediakan catering di acara ulang tahun, pernikahan, dan acara-acara lainnya. 

Menu-menu catering pun bervariasi, yaitu nasi tumpeng, nasi box, snack, prasmanan, minuman segar, berbagai olahan sayur, berbagai jenis kue dan masih banyak lagi. 

5. Jadilah seorang blogger

Menjadi blogger salah satu syaratnya adalah tidak perlu memiliki titel S1 untuk memulai usaha ini. Apalagi jika tulisan Anda berkualitas dan Anda memiliki sifat teliti. Wah, mungkin Anda cocok dengan aktivitas nge-blog ini 

Untuk mendapatkan penghasilan dari blog caranya mudah kok. Yaitu harus rajin posting tulisan Anda di blog. Tulisan-tulisan yang bisa Anda buat yaitu tentang tutorial, tips dan trik, review kosmetik atau produk lainnya, hobi, keahlian dan lainnya. 

Walaupun terlihat sangat mudah, memproduksi artikel yang berkualitas membutuhkan jam terbang dan waktu yang cukup lama. 

Untuk modal nge-blog cukup murah kok, Anda bisa menyiapkan domain dengan membelinya di website penyedia domain. Harga sewanya pun relatif murah, dimulai dari ratusan ribu hingga jutaan. 

Nah itu dia ide usaha rumahan untuk ibu rumah tangga. Kira-kira dari lima poin di atas, mana yang paling pas untuk Anda? 

Selamat berbisnis walau di rumah aja. 

Related Posts