Home Tips 10 Cara Menghemat Energi

10 Cara Menghemat Energi

by Lara Nifa
cara menghemat listrik

Tagihan listrik yang tinggi bisa membuat orang merasa khawatir. Anda mungkin sudah merasa melakukan penghematan pada pemakaian listrik, tapi ketika waktunya tiba, tagihan pemakaian listrik Anda tetap tinggi, sehingga uang bulanan Anda berkurang. Maka kala ini kita akan membahas 10 cara menghemat energi listrik.

Sebenarnya Anda tidak perlu menggunakan berbagai alat penghemat daya atau juga alat semacamnya. Karena Anda sebenarnya dapat menghemat pemakaian listrik melalui cara yang sangat sederhana dan mudah.

Trik Mudah Hemat Energi, Hemat Biaya Listrik

Sebenarnya ada banyak tips dan trik untuk menghemat tagihan atau energi listrik sehingga dapat mengurangi tagihan listrik yang perlu Anda ketahui. Cara ini cukup baik untuk masyarakat yang masih menggunakan jenis meteran listrik konvensional, tidak menggunakan pulsa. Silahkan simak beberapa cara berikut untuk menghemat energi listrik:

cara menghemat listrik di rumah

  • Menyalakan Perangkat Elektronik Seperlunya

Ini cocok untuk orang yang sering menyalakan peralatan listrik meski sedang tidak digunakan. Misalnya, saat melakukan aktivitas lain seperti mengobrol dan melakukan panggilan telepon, akan tetapi TV masih dihidupkan.

Jika Anda tidak menyadarinya, maka TV yang terus dihidupkan akan menyebabkan konsumsi daya Anda menjadi cukup tinggi. Solusinya adalah dengan mematikan alat yang mengandalkan listrik saat sedang tidak digunakan atau ingin melakukan aktivitas lain.

  • Mencabut Kabel Saat Perangkat Elektronik Tidak Digunakan

Apakah Anda terbiasa mencolokkan pengisi daya ke colokan atau terminal saat tidak digunakan? Jadi, tahukah Anda bahwa meskipun perangkat dimatikan, arus akan tetap mengalir ke perangkat yang masih terhubung ke terminal. Akibatnya, daya akan terbuang percuma. Kami menganjurkan agar Anda mencabut kabel perangkat dari terminal saat tidak digunakan.

  • Mematikan Lampu Pada Waktu-waktu Tertentu

Kebiasaan menyalakan lampu di siang hari memang boros. Karena pada siang Anda bisa memanfaatkan sinar matahari menjadi sumber penerangan. Maka dari itu, lebih baik hanya menyalakan lampu saat malam hari.

Apabila rumah Anda tidak terlalu terang saat siang hari, cobalah untuk membuka jendela atau tirai. Anda juga bisa mencoba untuk ikut program mematikan dua lampu pada jam 17:00 – 22.00. karena program ini dapat menghemat konsumsi listrik dan membuat tagihan bulanan Anda tidak membengkak.

  • Menggunakan AC Sesuai dengan Kebutuhan

Air Conditioner (AC) merupakan perangkat elektronik yang mempengaruhi besaran tagihan listrik di rumah Anda. Apabila apa menggunakan AC secara efektif pasti dapat menghemat penggunaan energi listrik. Apabila hanya ada 1-3 orang di dalam ruangan, makan lebih baik turunkan suhu AC.

Jangan sampai menyetel AC ke suhu paling rendah, karena ini akan membengkakkan tagihan listrik Anda. Harap matikan AC jika sudah tidak digunakan dan Anda bisa menggunakan timer untuk mematikan AC secara otomatis saat suhu ruangan cukup dingin.

  • Menggunakan Pengaturan Otomatis Pada Setrika

Setrika adalah perangkat elektronik rumah tangga yang sangat kecil akan tetapi walau bentuknya kecil, setrika semacam itu membutuhkan banyak listrik, bahkan lebih boros dibandingkan dengan TV dan perangkat listrik yang lain.

Cara lain untuk menghemat energi listrik yaitu dengan mengatur panas otomatis pada setrika. Saat panas cukup tinggi, setrika jenis ini akan mati juga secara otomatis. Selanjutnya, sesuaikan panas dengan jenis kain yang akan disetrika.

  • Memilih Mesin Cuci yang Sesuai dengan Kebutuhan

Jangan memakai mesin cuci dengan kapasitas besar, tentunya semakin besar kapasitas mesin cuci maka semakin besar listrik yang terpakai. Anda dapat menyesuaikan kapasitas mesin cuci dengan kebutuhan baju Anda setiap harinya.

Selain itu, hindari juga penggunaan mesin yang melebihi kapasitas yang disarankan. Karenanya beban pada mesin cuci akan bertambah, dan otomatis daya listrik yang digunakan akan semakin tinggi.

  • Penggunaan Kulkas yang Efektif

Kulkas adalah alat elektronik yang bekerja secara terus menerus. Namun, jika Anda sedang dalam perjalanan atau tidak menyimpan makanan atau minuman, maka lebih baik matikan kulkas untuk menghindari konsumsi energi listrik yang banyak.

  • Mematikan Perangkat Elektronik Saat Malam Hari

Beberapa orang terbiasa menyalakan TV saat tertidur. Ini adalah pemborosan dan akan menambah tagihan listrik bulanan Anda. Karena itu biasakan mematikan semua alat elektronik sebelum tidur.

  • Menggunakan Lampu LED

Tahukah Anda bahwa ada teknologi pencahayaan LED yang pasti lebih efektif dalam penggunaan listrik. Lampu LED seterang lampu watt biasa. Hanya saja harga beli lampu LED ini bisa jadi dua kali lipat daripada harga lampu pada umumnya.

Selain hemat energi daya listrik, lampu LED juga lebih tahan lama pemakaiannya. Oleh karena itu, lebih baik  membeli bohlam dengan harga lebih tinggi, asalkan lebih hemat daya dan Anda tidak perlu sering-sering mengganti bohlam.

  • Jangan Menyalakan Penanak Nasi Terus Menerus

Tips terakhir dalam 10 cara menghemat energi listrik adalah dengan tidak menyalakan Magic Com terus menerus. Anda bisa mematikan Magic com ketika sudah tidak dipakai dan menanak nasi seperlunya saja.

Related Posts