Home Bisnis dan Usaha 10 Cara Berwirausaha dengan Modal Kecil

10 Cara Berwirausaha dengan Modal Kecil

by Lara Nifa
bisnis kuliner modal kecil

Menjalankan bisnis menjadi impian untuk banyak orang. Salah satunya mungkin Anda? Ya, selain dapat menjalankan bisnis seperti yang Anda inginkan, Anda dapat memperoleh pendapatan lebih dari sekedar pekerja kantoran pada umumnya. 

Tapi siapa bilang menjalankan usaha itu mudah? Bahkan, Anda bisa menemui banyak sekali kendala saat memulainya, seperti harga produk mahal, stok yang kosong, dan modal yang kurang. Nah, bagi Anda yang akan memulai bisnis namun masih menganggap modal sebagai penghalang, inilah 7 cara memulai berwirausaha dengan sedikit yang dapat Anda lakukan.

1. Pilih jenis bisnis dan lakukan riset 

Anda dapat menjalankan berbagai jenis bisnis seperti makanan cepat saji, restoran, minimarket,  salon dan lainnya. Mana bisnis yang tepat untuk Anda tekuni? 

Jika Anda masih bingung maka perlu melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui jenis bisnis apa yang ingin Anda lakukan. Apalagi bila Anda memulainya dengan modal kecil. 

Bisnis modal pas-pasan biasanya akan mengarah ke bisnis sederhana. Tapi bukan berarti keuntungannya kecil, ya.  Dengan meriset lebih dulu, Anda dapat lebih memahami peluang bisnis yang diperlukan untuk Anda, mengidentifikasi pesaing, dan memperoleh referensi tentang bagaimana menjalankan bisnis Anda dengan banyak persaingan.

2. Alokasikan modal 

Penting untuk memilih jenis usaha, melakukan riset pasar, dan kemudian mendistribusikan modal usaha yang sesuai. Terdapat dua jenis modal yang wajib menjadi perhatian Anda.

Pertama, penanaman modal, yaitu modal yang dipakai untuk membeli alat-alat dan bahan baku. Misalnya, memulai usaha sablon di rumah. Penyertaan modal meliputi pendirian toko online, pembelian modem internet dan laptop, serta pembelian kaos. 

Kedua, ada pengeluaran usaha seperti telepon, listrik, sewa, dan upah karyawan. Alokasi sumber daya dengan benar bisa memudahkan Anda menjalankan bisnis secara efisien. 

3. Gunakan bahan baku murah tetapi berkualitas 

Bagi yang berjualan minuman dan makanan, tentu bahan baku menjadi andalan usaha. Apa yang akan Anda tawarkan kepada pembeli Anda jika Anda tidak memiliki bahan baku? 

Ketika memulai bisnis dengan modal pas-pasan, pastikan untuk mencari pemasok yang dapat menyediakan bahan baku dengan harga murah namun mempunyai kualitas yang bagus. Anda dapat mencari di internet atau bertanya kepada teman bisnis lainnya. Lalu, negosiasikan harga serta cobalah untuk bermitra dengan pemasok sesuai kebutuhan sehingga Anda tidak perlu bingung tentang bahan baku perusahaan Anda.

Setelah Anda menemukan pemasok yang tepat, Anda akan menerima bahan baku. Ingatlah untuk mengandalkan aplikasi manajemen persediaan bahan baku. Ini menghemat kesulitan memeriksa ketersediaan inventaris satu per satu. Apabila stok habis, Anda dapat memesan ke pemasok, bukan?

4. Gunakan peralatan yang masih layak 

Salah satu biaya yang dapat Anda hemat ketika memulai bisnis adalah dengan memakai peralatan yang masih bisa digunakan. Anda juga dapat membeli peralatan bekas yang masih bagus. 

Misalnya, membuat ban bekas menjadi lembaran atau alas meja, atau memakai kayu bekas untuk menghias toko. Sebagai perbandingan, membeli seluruh peralatan baru pasti akan meningkatkan biaya pengoperasian Anda. Ada baiknya untuk mengurangi modal Anda terlebih dahulu agar anggaran Anda dapat digunakan untuk masalah lain yang lebih mendesak.

5. Pilih lokasi yang strategis 

Faktanya, lokasi perusahaan menyumbang sebagian besar uang dalam biaya operasional. Dan semakin bagus lokasi bisnis Anda, semakin tinggi harga sewa Anda. Ini juga merupakan kendala bisnis bagi banyak pemula. 

Jika Anda memulai untuk berbisnis dengan modal yang kecil, cobalah untuk memulai nya dari bisnis rumahan? Misalnya, jika Anda suka memasak, memulai bisnis katering adalah bisnis yang bagus atau Anda Ingin menjual roti. Mengapa Anda tidak menjual roti buatan sendiri di depan rumah? 

Ingatlah untuk menjual produk yang Anda buat ke tetangga. Apabila rasanya enak, mereka kemungkinan besar akan  mempromosikan nya kepada orang lain. Awalnya hanya usaha rumahan, tapi siapa tahu nanti Anda dapat menyewakan toko Anda di lokasi yang lebih strategis dan menguntungkan?

6. Haruskan merekrut pegawai? 

Jawaban dari pertanyaan tersebut sangat tergantung pada kemampuan Anda untuk menjalankan bisnis. Dengan modal kecil untuk membuka bisnis, lebih baik mengandalkan keterampilan Anda untuk menjalankan bisnis Anda. Karena mempekerjakan karyawan berarti menghabiskan lebih banyak uang untuk membayar gaji. 

Apabila Anda bisa menjalankan bisnis Anda sendiri tanpa bantuan, mengapa tidak mencobanya? Bila Anda merasa tidak bingung, maka pertimbangkan untuk merekrut seseorang dalam bisnis Anda.Akhirnya, ketika bisnis Anda berkembang pesat nanti, Anda juga membutuhkan staf pendukung untuk membantu Anda mengatur bisnis Anda sehingga Anda dapat menikmati beberapa keuntungan.

7. Promosi menggunakan sosial media 

Jika Anda tidak mempunyai anggaran yang lebih besar untuk mengiklan Anda di papan reklame, spanduk dan lainnya. Anda cara mudah yaitu dengan menggunakan media sosial. Media sosial adalah salah satu media paling ampuh dalam pemasaran produk. Gunakan media sosial membuat iklan. Contohnya, mengunggah foto produk yang dijual, foto barista, toko, pesan promosi, dan lainnya. 

Related Posts